Wajib Tahu, Inilah 6 Manfaat Temulawak Untuk Lambung


  • Wajib Tahu, Inilah 6 Manfaat Temulawak Untuk Lambung
    6 Manfaat Temulawak Untuk Lambung. (Foto: Dok. Karolina Grabowska/Pexels)

    Temulawak menjadi salah satu bahan yang seringkali digunakan untuk pembuatan ramuan tradisional. Biasanya temulawak dipakai sebagai bahan untuk membuat jamu atau ramuan tertentu yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Nyatanya, ada banyak manfaat temulawak untuk lambung yang bisa didapatkan jika kamu memiliki masalah dengan organ tersebut.




    (Baca juga: Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan, Ternyata Ada Banyak!)


    manfaat temulawak untuk lambung

    (Temulawak. Foto: Dok. Ollo/iStock)

    Selain manfaat temulawak untuk lambung, ada banyak lagi manfaat temulawak lainnya yang jarang sekali diketahui oleh masyarakat. Mengetahui manfaat bahan tradisional satu ini sangatlah penting agar kamu bisa membuat ramuan yang mungkin bisa menyembuhkan keluhan yang sedang kamu alami. Lalu, apa saja manfaat yang ada pada bahan tersebut?

    1. Bantu Tingkatkan Nafsu Makan

    Kamu tentu pernah mendengar iklan tentang temulawak yang bisa dijadikan sebagai penambah nafsu makan untuk anak-anak, bukan? Yap, fakta tersebut memang benar adanya, tapi tentunya bukan berarti kamu harus menyodorkan temulawak langsung ke anak bersangkutan.

    Namun, harus diolah dulu dengan sedemikian rupa supaya anak-anak bisa suka. Bahan tradisional yang satu ini dipercaya mampu mengosongkan perut atau pencernaan dengan cara yang alami. Hal ini pastinya membuat nafsu makan kembali lagi setelah perut kosong.

    2. Bantu Atasi Perut Kembung

    Perut kembung ini memang sering terjadi, bahkan tak hanya kepada anak-anak saja, orang dewasa pun sering kali mengalaminya. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab dari perut kembung ini.

    Perut yang kembung dikarenakan gas berlebih tentu membuat hari-harimu sama sekali tidak nyaman. Oleh karenanya, kamu bisa mencoba menggunakan bahan alami temulawak sebagai obat mengatasi masalah kembung agar tidak lagi mengganggu aktivitas.


    (Baca juga: Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Asam Lambung)


    manfaat temulawak untuk lambung

    (Temulawak untuk kesehatan lambung. Foto: Dok. iStock)

    3. Mengatasi Maag

    Maag juga termasuk masalah lambung yang umum sekali terjadi di kalangan masyarakat. Biasanya ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, salah satunya dari segi makanan yang dikonsumsi.

    Selain itu, bisa juga dari segi pola makan yang sama sekali tidak teratur. Kondisi ini terjadi karena kadar asam pada lambung yang meningkat, kemudian akhirnya membuat lambung mengalami yang namanya peradangan.

    Gejala pada penyakit ini ialah mual, nyeri pada perut, nafsu makan semakin berkurang, kembung dan sebagainya. Untuk mengatasi maag, kamu bisa mencoba memanfaatkan temulawak dan mencari berbagai resep olahannya demi mengobati penyakit ini.

    4. Bantu Redakan Tukak Lambung

    Mukosa lambung yang rusak dan diikuti oleh inflamasi dapat menyebabkan tukak lambung. Adapun penyebabnya sendiri juga begitu beragam, mulai dari infeksi helicobacter pylori, sampai karena penggunaan obat-obatan anti inflamasi non steroid alias NSAID.

    Dalam salah satu penelitian disebutkan jika ekstrak temulawak mampu mengatasi atau meredakan kondisi tukak lambung. Di mana disebabkan oleh efek samping dari pemakaian indometasin, yakni merupakan salah satu jenis obat golongan NSAID.

    5. Cegah Kerusakan Pada Mukosa Lambung

    Bahan alami bernama temulawak ini masih memiliki banyak sekali manfaat, dan salah satunya juga bisa menjadi pencegah kerusakan mukosa pada lambung. Adapun mukosa ini mempunyai peran yang amat sangat penting bagi tubuh.

    Pertahanan mukosa yang terganggu akan membuat pepsin dilepas dengan jumlah yang amat besar, sehingga kondisi ini akan membuat pendarahan pada dinding lambung. Temulawak juga mengandung antioksidan yang berperan dalam melindungi mukosa lambung supaya tidak rusak.

    Antioksidan yang dimaksud dalam temulawak di sini ialah flavonoid, kurkumin dan juga fenol. Jadi, tak heran jika bahan alami ini cukup banyak dicari di pasaran karena manfaatnya yang tak main-main.

    6. Melancarkan Kembali Sistem Pencernaan

    Sistem pencernaan yang bermasalah akan mengganggu rutinitas sehari-hari dan membuat kamu merasa tidak nyaman. Itulah mengapa sangat penting untuk mengatasi kondisi semacam ini supaya tidak terjadi.

    Untuk mengatasinya, mungkin kamu bisa mencoba dengan menggunakan bahan alami seperti temulawak ini. Karena temulawak memang dipercaya mampu untuk atasi sistem pencernaan yang bermasalah dan membantu melancarkannya kembali.


    Jadi, itulah sekian banyak manfaat temulawak untuk lambung yang bisa kamu temukan. Jika kamu suka jamu atau ramuan temulawak, tentunya kondisi badanmu akan menjadi lebih sehat dan kuat. Pastinya mengonsumsi bahan alami ini pun tidak boleh berlebihan dan sewajarnya saja. Meskipun kerap dianggap sepele, faktanya ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan dari obat herbal satu ini.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below