Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan, Ternyata Ada Banyak!


  • Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan, Ternyata Ada Banyak!
    Ini dia manfaat temulawak bagi kesehatan. (Foto: Dok. Karolina Grabowska/pexels)

    Sebagai salah satu rempah-rempah yang paling banyak digunakan di Indonesia, tentu saja temulawak juga mempunyai segudang manfaat yang berguna bagi banyak aspek dalam kehidupan kita. Misalnya seperti untuk kesehatan, kecantikan, bahkan penambah nutrisi atau gizi dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari.


    Cara mengolah temulawak yang beragam membuat nutrisi dan gizi yang terkandung di dalamnya pun dapat dibagi-bagi sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengonsumsinya. Berikut ini Her World mengulas lima di antara banyaknya manfaat temulawak bagi tubuh kita.




    1. Memelihara Fungsi Hati

    Seperti yang telah secara umum diketahui, hati memiliki banyak fungsi. Salah satunya adalah memiliki cairan yang membantu tubuh manusia untuk mensekresi kotoran. Dengan mengonsumsi temulawak dengan porsi yang cukup dan teratur, hati juga akan bekerja dengan lebih baik.

    Sekresi kotoran yang teratur dan berjalan dengan baik akan membantu tubuh beroperasi dengan lebih sehat dan terjauhkan dari banyak penyakit organ dalam. Kanker hati dan penyakit-penyakit hati lainnya adalah contoh penyakit yang dapat dicegah dengan mengonsumsi temulawak secara teratur. Tentu temulawak juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan agar tidak memberatkan organ hati.


    2. Melancarkan Pencernaan

    Dengan kandungan vitamin yang ada dalam temulawak, pencernaan juga dapat dibantu dalam membuang kotoran. Proses pencernaan seperti yang dilakukan oleh asam lambung diperlancar oleh temulawak dengan menstabilkan kadar asam lambung sehingga tidak terjadi penyakit GERD.

    Pencernaan yang lancar juga berkesinambungan dengan metabolism tubuh, lancar atau tidaknya diet sehat, dan sekresi kotoran melalui buang air kecil maupun buang air besar. Oleh karena itu konsumsi temulawak dengan teratur juga membantu menjaga tubuh agar tetap sehat. Tidak lancarnya pencernaan atau pembuangan kotoran tubuh akan menyebabkan sejumlah penyakit serius seperti GERD dan maag.


    (Baca Juga: Jamu Empon-Empon: Manfaat Dan Cara Membuat)


    3. Meredakan Asma

    Selain membantu memperlancar pencernaan, temulawak juga membantu memperlancar pernapasan. Khusus pada para penderita asma, temulawak membantu memberikan dorongan pada saluran pernapasan sehingga tidak mudah menyempit sekalipun terkena stimulus seperti debu atau udara dingin.

    Dengan mengonsumsi temulawak secara teratur, penderita asma dapat dengan perlahan-lahan lepas dari obat atau pendukung seperti inhaler dan nebulizer. Dengan demikian, konsumsi temulawak dapat menjadi ganti obat-obat ini sehingga kapasitas paru-paru para penderita asma pun dapat ditingkatkan.


    4. Melancarkan Haid

    Tak hanya pencernaan dan pernapasan, temulawak juga sangat membantu dalam memperlancar regulasi hormone di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi temulawak, lonjakan hormon dapat distabilkan sehingga haid menjadi teratur. Haid biasanya tidak teratur akibat hormon yang tidak stabil karena makanan. 

    Temulawak bisa membuat haid akan lebih teratur dan siklusnya tidak akan menjadi terlalu panjang atau terlalu pendek. Dua kali haid atau lebih dalam sebulan dapat dihindari dan sel telur yang dihasilkan pun akan menjadi lebih sehat.


    (Baca Juga: 13 Jamu Kekinian Yang Jadi Tren Minuman Saat Ini)


    5. Mencegah Insomnia

    Pada umumnya, insomnia disebabkan karena hormon yang tidak stabil dan kinerja otak yang terlalu melebihi kapasitasnya. Temulawak membantu tubuh lebih mudah bersantai sehingga dapat mengidentifikasi waktu istirahat dengan lebih baik. Walaupun tidak bekerja seperti obat tidur yang khasiatnya langsung dapat dirasakan setelah dikonsumsi, temulawak dapat terasa khasiatnya apabila diminum secara teratur dengan jumlah yang secukupnya.


    Ternyata manfaat temulawak yang didapat banyak sekali, bukan? Tidak hanya lima manfaat diatas, temulawak juga terbukti dapat membantu tubuh kita mencegah penyakit kornis seperti asam urat, kolesterol, darah tinggi, bahkan sejumlah jenis kanker. Sungguh sebuah berkah bagi kita yang telah diberikan negeri yang kaya akan rempah-rempah seperti Indonesia.


    (Penulis: Gabrielle Garnetta Candra Putri)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below