Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Asam Lambung


  • Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Asam Lambung
    Inilah makanan yang cocok untuk penderita asam lambung. (Foto: Dok. unsplash)

    Dilansir dari Healthline, penyakit asam lambung bukanlah penyakit biasa. Asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan gangguan kesehatan dengan sensasi panas di bagian dada hingga tenggorokan hingga parah dan kronis. Hal ini terjadi karena timbulnya nyeri pada ulu hati (heartburn). Biasanya penyakit ini muncul setelah beranjak dewasa.




    Berbagai makanan juga dapat memengaruhi jumlah asam yang diproduksi oleh perut. Bagi kamu memiliki riwayat asam lambung, kamu perlu memilih makanan yang dapat mencegah sakitnya lambung. Memilih makanan yang tepat adalah kunci untuk terhindar dari asam lambung. Berikut berbagai makanan untuk penderita asam lambung.


    Sayuran

    Secara alami, sayuran mengandung rendah lemak dan gula yang dapat membantu mengurangi asam lambung di perutmu. Beberapa pilihan yang cocok untuk kamu konsumsi yakni kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran hijau, kentang dan mentimun.


    (Baca Juga: 8 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan yang Patut Diketahui)


    Jahe

    Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami yang dapat dijadikan obat untuk menghilangkan masalah pencernaan. Kamu dapat mengonsumsinya dengan irisan jahe atau teh jahe untuk menu minuman di keseharianmu.


    Oatmeal

    Oatmeal merupakan sarapan yang paling diminati. Makanan ini mengandung biji-bijian utuh dan sumber serat yang sangat baik. Namun, diet tinggi serat telah dikaitkan oleh risiko penurunan asam lambung yang lebih rendah. Kamu bisa menambahkan topping buah-buahan seperti stroberi, pisang, dan lain sebagainya.


    (Baca Juga: Hari Gizi Nasional 2021: Makanan Terbaik Untuk Diet)


    Pisang

    Buah pisang dapat kamu konsumsi untuk mencegah sakit lambung. Hal ini dikarenakan bahwa pisang tidak memiliki kandungan asam di dalamnya. Maka, kamu bisa menyantapnya dengan di jus atau secara langsung.


    Apel

    Apel cocok untuk dikonsumsi oleh kamu yang diterjang asam lambung. Selain mengenyangkan, buah ini juga dapat mengurangi rasa sakit atau nyeri. Apel juga tidak mengandung keasaman di dalamnya sehingga baik untuk kamu konsumsi setiap hari.


    Putih Telur

    Untuk mengonsumsi telur, kamu harus merebusnya agar lebih sehat. Lalu, jangan lupa untuk memisahkan kuning telurnya karena kuning telur tidak dianjurkan untuk dimakan karena memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Maka, kamu hanya boleh mengonsumsi putih telur saja.


    Itulah makanan yang cocok untuk penderita asam lambung. Jika berbagai makanan di atas belum membantu untuk mengurangi sakit pada lambung. Maka kamu harus segera hubungi dokter.


    (Penulis: Sania Zelikha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below