Mengenal Manfaat Mugwort Bagi Kesehatan Kulit


  • Mengenal Manfaat Mugwort Bagi Kesehatan Kulit
    Manfaat Mugwort. (Foto: Dok. Ketut Subiyanto/Pexels)

    Mulai dari kandungan centella asiatica atau dikenal dengan cica hingga perkenalan lebih jauh tentang kandungan hyaluronic acid yang digunakan untuk menjaga kelembapan kulit dan membuat wajah tampak halus, tren dunia kecantikan terus berkembang melalui berbagai produk dan bahan-bahan yang diperkenalkan oleh masyarakat Korea Selatan kepada dunia.




    Mugwort atau wormwood adalah salah satu tanaman dari Korea Selatan yang diperkenalkan kepada para skincare enthusiast oleh berbagai brand baik internasional maupun lokal. Tanaman ini pun telah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat Korea Selatan selama ratusan tahun sebagai bahan untuk pengobatan tradisional, perawatan kulit, dan kuliner setempat. Bahkan, legenda setempat mengungkapkan kalau mugwort menjadi alasan berdirinya dinasti pertama di Korea.


    Dalam dunia pengobatan tradisional Korea, mugwort menjadi bahan penghangat tubuh yang bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah, meredakan nyeri otot, dan melancarkan sirkulasi haid. Kini, mugwort dimanfaatkan sebagai bahan herbal di pemandian air panas di Korea untuk memberikan efek relaksasi pada tubuh.


    Industri kecantikan Korea hingga dunia, termasuk Indonesia mulai terpana dengan kekayaan kandungan Artemisia princeps, istilah ilmiah dari mugwort yang memiliki hubungan dengan Dewi Artemis, dewi Yunani pelindung perempuan dan anak perempuan. Tanaman ini memiliki kandungan antibakteri dan antijamur yang memberikan perlindungan serta manfaat bagi kesehatan kulit.


    (Baca Juga: 5 Inspirasi Rambut Poni Korea)


    Penasaran apa saja manfaat dari tanaman satu ini? Berikut beberapa manfaat yang dapat kamu temukan di dalam mugwort bagi kesehatan kulitmu.


    1. Menenangkan wajah

    Mugwort dapat meredakan peradangan secara maksimal berkat kandungan anti peradangan dan mampu menenangkan kulit sehingga cocok bagi kamu yang memiliki kulit sensitif atau kemerahan. Selain itu, mugwort juga dapat merawat kondisi kulit seperti eksim atau dermatitis atopik, serta psoriasis.

    Manfaat Mugwort bagi Kesehatan Kulit

    (Clay mask. Foto: Dok. Polina Kovaleva/Pexels)

    2. Mengurangi jerawat

    Jika kamu gemar mengaplikasikan tea tree oil untuk meredakan jerawatmu, tanaman satu ini dapat menjadi pilihan alternatif. Mugwort juga memiliki kandungan antibakteri yang sama dengan tea tree oil sehingga mampu melawan bakteri dan radikal bebas secara efektif. Meski mampu mengurangi jerawat, mugwort tidak akan membuat wajahmu kering setelah pemakaian.


    3. Mengurangi iritasi pada kulit

    Kandungan antibakteri pada mugwort tidak hanya dapat mengurangi jerawat pada wajahmu, tetapi juga menenangkan kulit yang iritasi akibat berbagai faktor seperti gigitan serangga, alergi, atau peradangan akibat paparan sinar matahari.


    4. Melembapkan wajah

    Hal yang membuat mugwort istimewa adalah kadar vitamin E yang juga tinggi di tengah kandungan antibakteri yang efektif mengatasi berbagai masalah kulit. Dengan demikian, mugwort, secara efektif, dapat menutrisi dan melembapkan kulit yang kering maupun dehidrasi.

    Manfaat Mugwort bagi Kesehatan Kulit

    (Wajah berkilau dan sehat. Foto: Dok. Fleur Kaan/Unsplash)

    5. Tampilan wajah yang berkilau dan lembap

    Selain membersihkan, mugwort juga memiliki fungsi melembapkan. Dengan pemakaian secara rutin, kulit akan perlahan semakin terlihat lebih halus dan menampilkan kilau alami, ditambahkan dengan skin barrier yang semakin kuat dan terhindar dari radikal bebas penyebab jerawat.


    (Baca Juga: 5 Daftar Makanan Penyebab Perut Buncit)


    Bagi kamu yang memiliki kulit kering atau memiliki masalah dengan jerawat, mugwort dapat menjadi kandungan yang kamu cari ketika ingin membeli produk perawatan wajah baru.


    Beberapa produk dengan kandungan mugwort yang dapat kamu coba antara lain Mugwort Essence dari I’m From, Your Skin Bae Panthenol 5%+Mugwort+Cica dari Avoskin, Mugwort Pore Clarifying Mask dari Whitelab, lalu ada Mugwortella Charcoal Deep Pore Cleansing dari Somethinc, dan Herbitus Skin Tonic dari Studio Tropik. Kira-kira kamu tertarik untuk mencoba mugwort dalam perawatan wajahmu?





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below