Kesehatan Ususmu Penting Bagi Kesehatan Seluruh Tubuh


  • Kesehatan Ususmu Penting Bagi Kesehatan Seluruh Tubuh
    (inilah cara menjaga kesehatan usus.Foto:Dok/pexels)

    Banyak yang membahas tentang pentingnya menjaga kesehatan usus secara optimal. Namun, seberapa pentingkah usus yang sehat bagi kelangsung hidup sehari-hari? Dilansir dari situs Her World Singapura, usus merupakan bagian dari gastrointestinal yang berfungsi untuk mencerna makanan yang dikonsumsi dan kemudian menyalurkan nutrisi dalam makanan tersebut ke bagian tubuh lainnya melalui pembuluh darah untuk menjaga kondisi tubuh kita dalam keadaan sehat. Makanan yang masuk melalui mulut ke perut kita, kemudian diubah menjadi nutrisi dan energi dan terakhir dikeluarkan oleh tubuh kita dalam berbagai bentuk.

    Selama hampir dua dekade, banyak pakar yang menemukan bahwa hal-hal yang terjadi pada usus kita tidak hanya memengaruhi bagaimana makanan dicerna dan kemudian dibuang. Nyatanya, kondisi usus kita memiliki dampak yang lebih besar, seperti kekebalan tubuh yang memengaruhi berkembangnya penyakit kronis, lalu kualitas tidur serta kondisi mental kita.

    Mikrobiom adalah usus menjadi elemen penting yang bekerja kerja untuk menjaga kondisi fisik dan mental kita dalam keadaan sehat. Seperti banyak hal dalam hidup, bakteri pun dapat berdampak baik atau buruk. Tentu bakteri baik perlu bertambah untuk meredam bakteri jahat sehingga usus kita memerlukan keseimbangan jumlah bakteri untuk bekerja secara optimal.



    (Baca Juga: Rekomendasi Makanan Korea Halal, Patut Dicoba!)

    Inilah beberapa cara usus kita memengaruhi tubuh dan kesehatan kita secara keseluruhan.

    1. Kekebalan tubuh

    Setidaknya 70 persen dari sistem kekebalan tubuh kita berada di usus. Sistem kekebalan tubuh yang lemah membuat kita lebih rentan terhadap demam dan alergi, serta dapat terpapar penyakit autoimun seperti lupus dan sklerosis ganda. Untuk itu, penting untuk menjaga fungsi usus tetap optimal.

    2. Perut

    Kesehatan Usus

    (Perut sembelit akibat kondisi usus kurang baik. Foto: Dok.Sora Shimazaki/Pexels)

    Jika kamu merasa perutmu kembung, sembelit atau diare. Mungkin kamu kerap merasa banyak udara dalam perutmu tanpa tahu penyebab kondisi tersebut. Hal ini dapat terjadi akibat kondisi kesehatan ususmu yang kurang baik.

    Usus kita tidak akan mengalami kesulitan dalam mencerna makanan dan membuang zat-zat sisa ketika memiliki campuran bakteri baik dan bakteri jahat dalam jumlah yang seimbang sehingga kita tidak akan merasakan gejala kurang nyaman pada perut. Mungkin hal ini merupakan hasil dari intoleransi pada jenis makanan tertentu, tetapi ketika kesehatan usus membaik dan mulai kembali mencerna makanan lebih baik maka kamu pun dapat menikmati berbagai jenis makanan tanpa menyakit perut.

    (Baca Juga: 5 Manfaat Teh Madu Yang Harus Kamu Ketahui)

    3. Kualitas tidur dan mood

    Usus kita juga menghasilkan cadangan hormon serotonin yang berperan penting pada mood dan kualitas tidur kita. Itulah alasannya kondisi kesehatan usus yang buruk dapat mengakibatkan tidur menjadi tidak nyenyak atau bahkan insomnia. Tentu, ketika kita kurang tidur akan membuat kita merasa jauh lebih lelah dan kemudian mengganggu mood di hari-hari berikutnya.

    4. Kulit

    (Kondisi kulit berjerawat dapat dipengaruhi oleh kondisi usus. Foto: Dok.Anna Nekrashevich/Pexels)

    Kulit kita merupakan organ tubuh balik besar sehingga secara alami kesehatannya pun dipengaruhi oleh kondisi usus. Ketika usus mengalami peradangan, tubuh kita akan mengalami stres dan kulit pun akan memproduksi lebih sedikit zat-zat yang dibutuhkan untuk menjaga kondisinya. Dengan perlindungan yang rendah, kulit kita akan lebih rentan terhadap jerawat atau eksem.

    Jenis makanan, obat-obatan, dan alkohol dapat menjadi faktor penyebab peradangan pada usus sehingga kamu harus lebih memerhatikan apa yang kamu masukkan ke dalam tubuhmu. Alergi ataupun intoleransi makanan pun juga perlu diperhatikan.

    (Baca Juga: Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan, Ternyata Ada Banyak!)

    5. Kesehatan mental

    Terdapat koneksi kuat antara usus dan otak kita, berarti apapun yang terjadi pada satu bagian tubuh kita akan memengaruhi bagian tubuh lainnya. Ketika kita stres, marah atau khawatir, muncul gejala-gejala yang terjadi pada usus kita seperti sakit perut atau gangguan pada pergerakan usus besar.

    Sebaliknya, kesehatan usus kita akan memengaruhi kesehatan mental. Ketidakseimbangan jumlah bakteri dalam usus akan memengaruhi otak kita dan caranya memroses informasi. Hal ini berdampak pada kondisi mental kita. Gangguan mental seperti depresi, kekhawatiran, gangguan bipolar, dan skizofrenia dapat muncul sebagai akibat dari kondisi usus yang tidak sehat.

    Untuk itu penting bagi kamu untuk memerhatikan kesehatan ususmu dengan mengaplikasikan kebiasaan-kebiasaan yang lebih sehat dalam hidup sehari-hari. Mulai dari mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi seperi sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan, minum air putih setidaknya dua liter dalam satu hari serta mengonsumsi makanan yang kaya probiotik seperti yoghurt dan sayuran fermentasi seperti kimchi. Kamu juga perlu mengonsumsi makanan kaya prebiotik yang ditemukan dalam pisang, asparagus, gandum, bawang putih, dan kacang kedelai.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below