Rekomendasi Makanan Korea Halal, Patut Dicoba!


  • Rekomendasi Makanan Korea Halal, Patut Dicoba!
    Makanan Korea Halal. (Foto: Dok. Jcomp/Freepik)

    Sebagai seorang K-drama lovers, tentunya kamu juga ingin jika suatu saat nanti datang ke negeri ginseng tersebut, bukan? Ada banyak hal menarik yang bisa dijumpai di Korea, apalagi wisata dan makanannya juga terlihat lezat saat kita melihatnya di dalam drama. Negara ini juga mempunyai daftar makanan Korea halal yang bisa disantap oleh penganut agama Islam.




    Keinginan untuk berlibur ke Korea membuatmu harus bisa menyiapkan banyak hal sejak dini. Bukan hanya keperluan terkait akomodasi dan sebagainya, tapi kamu juga harus mencari tahu tentang destinasi wisata hingga makanan yang disajikan di negara tersebut. Kamu tentunya membutuhkan referensi makanan Korea halal agar tidak salah memesan menu saat ke tempat makan.


    Beberapa dari makanan yang ada di Korea mengandung bahan tertentu yang tidak boleh dikonsumsi oleh seorang Muslim, oleh karena itu tak ada salahnya jika kamu berhati-hati. Lalu, apa saja daftar makanan halal yang dimaksud di sini? Yuk, simak uraiannya sebagai berikut.


    (Baca Juga: Makanan Korea Yang Mudah Dibuat Dengan Bahan di Rumah)


    1. Doenjang-jjigae

    Makanan Korea Halal

    (Makanan asal Korea doenjang-jjigae . Foto: Dok. Minochoi/iStockphoto)

    Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang nama dari makanan lezat khas Korea yang satu ini. Doenjang-jjigae termasuk dalam makanan tradisional khas dari Korea yang halal untuk kamu makan. Pasalnya, bahan dari pembuatan Doenjang-jjigae ini juga aman, karena hanya sebatas sayuran, tahu, dan juga pasta kacang hasil fermentasi.

    Rasa dari campuran bahan-bahan tersebut membuat Doenjang-jjigae dianggap unik, dan pastinya menjadi favorit sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Korea. Jika kamu salah satu penggemar berat makanan berkuah, maka Doenjang-jjigae mungkin harus masuk ke dalam daftar yang wajib kamu coba.


    2. Kimbap

    Makanan Korea Halal

    (Makanan asal Korea kimbap. Foto: Dok. Filippo Faruffini/Unsplash)


    Kimbap mungkin menjadi makanan yang tak asing terdengar di telingamu, karena kuliner yang satu ini memang sudah tersedia di mana-mana, bahkan di Indonesia sendiri. Adapun bahan pembuatan Kimbap sendiri adalah nasi putih, yang kemudian diberi tambahan ikan, telur, daging, hingga sayuran.

    Bahan-bahan tersebut nantinya akan digulung bersama dengan lapisan luarnya yaitu rumput laut. Kimbap kerap kali dipotong kecil-kecil dengan tujuan bisa dimakan hanya dalam sekali suap. Berbagai macam sayuran yang bisa digunakan untuk membuat makanan Korea satu ini tak lain seperti wortel, bayam, timun hingga lobak pun juga bisa.


    (Baca Juga: Kumpulan Season Baru Drama Korea Juni 2021)


    3. Sup Rumput Laut

    Makanan Korea Halal

    (Makanan asal Korea sup rumput laut. Foto: Dok. ma-no/iStockphoto)

    Sup Rumput Laut tak terlalu familiar di telinga sebagian besar masyarakat, tapi kuliner satu ini juga wajib masuk ke dalam daftar makanan Korea halal yang harus kamu coba. Rasanya tentu saja sangat unik, karena Sup Rumput Laut dibuat dari air kaldu sapi atau ikan yang ditambahkan dengan kecap, garam, bawang putih serta minyak wijen.

    Sup ini sering kali ditemui saat acara ulang tahun, dan pastinya sangat aman untuk dikonsumsi karena halal. Bahkan sup satu ini juga aman apabila dikonsumsi oleh para ibu hamil serta menyusui. Dalam tradisi di Korea konon Sup Rumput Laut bahkan dipercaya membawa keberuntungan bagi sebagian besar masyarakatnya.


    4. Kimchi

    Makanan Korea Halal

    (Makanan asal Korea kimchi. Foto: Dok. Portuguese Gravity/Unsplash)

    Nah, Kimchi seringkali kita temui di berbagai drama Korea yang tengah ditonton karena makanan ini memang khasnya negara tersebut. Ia terbuat dari sayuran fermentasi yang dicampur dengan aneka bumbu rempah di mana rasanya menjadi pedas dan juga asam. Kimchi juga dibuat dengan menggunakan saus yang terbuat dari bawang putih, jahe, bawang bombay, cabe, saus ikan dan juga pasta udang.

    Untuk sayuran sendiri yang sering dipakai adalah mentimun, lobak hingga biasanya sawi. Kimchi juga seringnya dibuat dalam jumlah yang sangat banyak, sebab memang bisa dimakan dengan makanan lain. Namun, apabila tidak habis maka Kimchi juga bisa disimpan di lemari pendingin dan tetap tak akan kehilangan cita rasanya yang unik.


    5. Tteokbokki

    Makanan Korea Halal

    (Makanan asal Korea tteokbokki. Foto: Dok. Jcom/Freepik)

    Sebagai penyuka hal-hal berbau Korea, kamu juga wajib mencoba makanan halal khas Korea yang satu ini jika berkunjung langsung ke negara tersebut. Tteokbokki bahkan sangat terkenal karena sering muncul dalam drama dan di Indonesia ada juga yang mencoba untuk menjual kuliner satu ini.

    Bahan pembuatannya berasal dari tepung beras yang kemudian dibentuk silinder memanjang, ada juga yang dibuat dalam bentuk pendek. Tteokbokki kerap disajikan bersama dengan Gochujang yang mempunyai cita rasa pedas sekaligus manis. Kamu akan menemukan banyak sekali penjual Tteokbokki di pinggir jalan saat bertandang ke negara tersebut.


    Dari sekian banyak makanan Korea halal di atas, manakah yang paling menarik perhatianmu dan ingin sekali mencobanya? Semua makanan di atas terlihat sangat lezat dan tentu saja menggugah selera.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below