5 Manfaat Teh Madu Yang Harus Kamu Ketahui


  • 5 Manfaat Teh Madu Yang Harus Kamu Ketahui
    Manfaat teh madu untuk kesehatan. (Foto: Dok. Valeria Boltneva/Pexels)

    Banyak orang yang menginginkan tubuh yang sehat apalagi pada saat pandemi Covid-19 ini kesehatan menjadi hal penting untuk dijaga. Salah satu solusi untuk menjaga kesehatan tubuh, tidak jarang orang minum teh tradisional bahkan mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan manfaat dalam menjaga kesehatannya. Teh dipercaya dapat memberikan rasa rileks pada tubuh dan minuman teh ini terus dijaga hingga sekarang karena memiliki banyak khasiat bagi banyak orang. Salah satu teh yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh adalah teh madu karena kandungan madu sudah dikenal untuk meredakan beberapa penyakit.

    (Baca juga: 5 Manfaat Teh Bagi Kesehatan)




    Berikut manfaat dari teh madu yang harus kamu ketahui:

    1. Membantu meredakan batuk

    Manfaat teh madu: untuk kesehatan

    (Meredakan batuk. Foto: Dok. Cotton bro/Pexels)

    Penyakit batuk merupakan penyakit dari saluran pernapasan yang sering kita temukan sehari-hari, penyakit ini biasanya dikarenakan makanan, minuman, alergi, hingga asap. Penyakit batuk ini tentu sering mengganggu manusia dalam melakukan aktivitasnya. Madu menjadi solusi utama untuk meredakan sakit tenggorokan, madu juga dianggap lebih efektif daripada obat yang mengandung dekstrometorfan yang bermanfaat untuk meredakan batuk. Cara konsumsinya cukup mudah, yaitu hanya dengan menambahkan satu hingga dua sendok madu ke the hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa banget lho konsumsi teh madu sebelum tidur di malam hari.

    2. Membantu meringankan nyeri menstruasi

    Manfaat teh madu: untuk kesehatan

    (Meringankan nyeri menstruasi. Foto: Dok. Sora Shimazaki/Pexels)

    Bagi perempuan yang mengalami nyeri menstruasi tentu merasa terganggu karena nyeri kram yang sering terjadi di bagian perut. Berdasarkan jurnal dari Archives Gynecology Obstetrics, madu dapat meringankan nyeri menstruasi yang tidak menimbulkan efek samping. Tidak hanya itu berdasarkan penelitian dari Penny Wise Budoff dalam artikelnya No More Menstrual Cramps and Other Good News, teh hangat yang dicampur dengan madu dipercaya dapat melancarkan aliran darah dan meredakan keram pada perut.

    3. Membantu meredakan asam lambung

    Siapa di sini yang pernah merasakan penyakit lambung? Penyakit yang membuat penderita mual, begah dan gejala rasa panas tentu membuat kita tidak nyaman. Madu dapat meredakan gejala penyakit asam lambung karena kandungan vitamin, asam amino, enzim, dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. Melansir penelitian dari British Medical Journal, bagi penderita asam lambung disarankan untuk minum madu yang kental sebelum makan dan sebelum tidur.

    4. Mengobati laringitis

    Penyakit laringitis atau peradangan pada laring yaitu bagian saluran pernapasan pada kotak suara. Laringits memiliki gejala seperti sakit tenggorokan, demam bahkan kehilangan suara. Penyakit ini juga dapat diredakan oleh teh madu yang mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat memperkuat sistem tubuh. Teh madu dapat melembapkan pita suara sehingga dapat mengurangi produksi lendir pada pernapasan, mempercepat penyembuhan dari infeksi pada kotak suara.


    5. Meningkatkan konsentrasi

    Manfaat teh madu: untuk kesehatan

    (Meningkatkan konsentrasi. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

    Dalam melakukan aktivitas terutama belajar tentu harus memiliki tingkat konsentrasi yang penuh. Konsentrasi yang penuh tidak mudah untuk didapatkan jika kita berada dalam lingkungan yang tidak mendukung seperti suara berisik yang dapat mengganggu konsentrasi. Tapi kamu tidak perlu khawatir, manfaat teh madu selain meredakan penyakit juga bisa meningkatkan konsentrasi lho! Teh yang dicampur dengan madu mampu menjaga mood dengan bagus dan membuat otak menjadi lebih fokus. Teh dikenal memiliki kafein yang tidak memberikan efek samping seperti kopi, kandungan kafein tersebut membuat orang yang menikmatinya merasa lebih tenang dan berkonsentrasi saat sedang beraktivitas.


    Lima manfaat teh madu tersebut juga didukung oleh penelitian dari jurnal The American College of Nutrition berjudul Honey for Nutrition and Health. Madu merupakan pemanis alami yang penting bagi manusia. Penggunaan madu sebagai tujuan medis dan nutrisi sudah digunakan sejak lama hingga saat ini. Berbagai manfaat kandungan madu seperti karbohidrat, asam organik, protein, asam amino, mineral, vitamin dan masih banyak yang lainnya memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Tidak hanya itu, teh madu juga merupakan perpaduan minuman alami yang mudah untuk temukan dan diseduh. 

    Wah, ternyata Teh Madu memiliki banyak manfaat bukan? Apa kamu tertarik untuk minum Teh Madu dengan rutin? 

    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below