Jamu Empon-Empon: Manfaat Dan Cara Membuat


  • Jamu Empon-Empon: Manfaat Dan Cara Membuat
    Jamu Empon-Empon, Manfaat Dan Cara Membuat. (Foto: Dok. Freepik)

    Ditengah mewabahnya Covid-19, selain melakukan physical distancing, kamu juga perlu untuk mengimbanginya dengan menjaga daya tahan tubuh, seperti rutin berolahraga, menjalani pola hidup sehat dan minum jamu tradisional. Salah satu jamu yang dipercaya baik untuk kesehatan tubuh yaitu jamu empon-empon. Lantas apa manfaat jamu empon-empon dan bagaimana cara membuatnya?


    Manfaat Jamu Empon-Empon




    Belakangan ini, jamu empon-empon mulai dikenal masyarakat setelah beredar berita bahwa Presiden Joko Widodo sering mengonsumsinya. Pada dasarnya, empon-empon merupakan sebutan masyarakat Jawa untuk kelompok tanaman rimpang atau akar tinggal yang biasa dimanfaatkan sebagai jamu, seperti jahe, kunyit, kencur dan temulawak. 


    Jahe


    Sudah sejak dulu, jahe dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat. Ini diakibatkan karena jahe mampu menangkal dan mencegah pertumbuhan bakteri jahat di dalam tubuh. Secara spesifik, jahe merah atau jahe sunti dinilai memiliki lebih banyak khasiat dibandingkan dengan jahe lainnya. Jahe merah dipercaya mampu meningkatkan dan menjaga imunitas tubuh. Meskipun demikian, kamu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi jahe dalam jumlah yang banyak, karena dapat mengganggu sistem pencernaan tubuh. 


    (Baca juga : Jenis-Jenis Jamu dan Manfaatnya)


    Kunyit


    Kunyit mengandung senyawa yang disebut dengan kurkumin, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain kurkumin, kunyit juga mengandung antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas yang berbahaya. Kunyit dapat membantu mengobati peradangan, meringankan nyeri haid, mengurangi risiko penyakit jantung, bahkan dapat membantu (atau menyembuhkan) penyakit kanker.


    Temulawak


    Temulawak merupakan tanaman yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza. Tidak kalah dengan tanaman sebelumnya, temulawak juga dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, seperti membuat tubuh lebih fit, mampu mengatasi masalah sistem pencernaan dalam tubuh, hingga mengobati penyakit kanker. Ini semua berkat kandungan kurkumin, magnesium, kalium, dan zat besi yang dimiliki temulawak.


    Kencur


    Kencur merupakan tanaman yang biasa dijadikan obat maupun jamu-jamuan. Kencur mempunyai nama latin yaitu Kaempferia Galanga L, yang bermanfaat untuk mengobati batuk, melegakan tenggorokan dan pernapasan, serta dapat menghilangkan dahak akibat batuk.


    (Baca juga : Manfaat Jamu Macan Kerah yang Diminum Ussy Sulistiawaty)


    Cara Membuat Jamu Empon-Empon


    Cara membuat jamu empon-empon sangat mudah dan praktis. Berikut ini cara membuat jamu empon-empon: 

    Pertama, siapkan keempat bahan untuk dibuat jamu empon-empon antara lain jahe, kunyit, temulawak, dan kencur. Kupas dan bersihkan semua bahan-bahan, lalu iris dengan ukuran sesuai selera.

    Kedua, geprek keempat bahan tersebut hingga berbentuk pipih. Kemudian rebus hingga mendidih. Untuk menambah aroma, kamu bisa menambahkan kayu manis atau gula aren. 

    Ketiga, setelah mendidih, saring jamu empon-empon ke dalam gelas, lalu sajikan.

    Keempat, jamu empon-empon siap diminum


    Bagaimana, mudah untuk dibuat, bukan? Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below