Tetap Sehat di Masa Pandemi? Yuk Santap Menu Sarapan Sehat!


  • Tetap Sehat di Masa Pandemi? Yuk Santap Menu Sarapan Sehat!
    (Tetap Sehat di Masa Pandemi? Yuk Santap Menu Sarapan Sehat!Foto:Ana Tis/Pexels)

    Mengonsumsi makanan yang memiliki asupan cukup bagi tubuh adalah sebuah keharusan di masa pandemi. Dengan nutrisi dan vitamin yang cukup dari makanan, maka sistem imunitas tubuh pun lebih terjaga. Terutama di pagi hari saat kamu memulai kegiatan di luar rumah.

    Asupan yang wajib didapatkan tidak hanya karbohidrat, tapi juga protein, zinc dan vitamin lainnya. Alasannya tentu untuk menambah kebugaran serta meningkatkan perlindungan dari dalam. Oleh sebabnya, penting memilih menu sarapan sehat dan rendah lemak, agar tubuh mudah mengolahnya secara maksimal ke dalam bentuk energi.

    Agar tidak bingung, berikut adalah sejumlah menu sarapan sehat yang dapat dikonsumsi dalam waktu singkat di pagi hari.




    (Baca Juga: Dampak Kekurangan Vitamin D)


    1. Sereal

    Menjadi menu wajib hampir semua orang, sereal adalah salah satu menu makanan sehat yang menjadi pilihan pertama untuk disantap di pagi hari. Dengan banyak varian yang beredar di pasar, sereal dapat dikonsumsi dengan mudah bersama susu rendah lemak. Selain penyajiannya yang mudah dan membutuhkan waktu singkat, sereal juga memiliki zat protein dan vitamin yang tinggi sebab biasanya terbuat dari gula yang telah diolah.

    Sereal juga tak jarang disajikan dalam campuan madu maupun buah-buahan, sesuai dengan selera yang dipilih oleh orang yang mengonsumsinya. Pencampuran dengan madu biasanya dilakukan kepala sereal berbentuk Oatmeal yang terasa hambar apabila tidak diberikan perasa manis. Demikian halnya dengan campuran dengan buah-buahan.


    2. Pancake

    Berbahan dasar susu dan krim, pancake adalah menu yang sangat tepat untuk sarapan sehat di pagi hari. Apabila menelisik dari budaya Barat, pancake banyak disajikan bersama dengan selai buah atau madu. Beberapa pilihan menu juga menyajikan pancake yang disajikan menggunakan es krim, lelehan cokelat, atau gula.

    Penyajian pancake juga tergolong mudah, baik menggunakan paket instan maupun membuat adonan sendiri. Pancake cukup dibuat adonannya kemudian digoreng menggunakan Teflon. Setelah warna pancake agak menguning dan mengeras, pancake yang terasa kenyal serta mengembang dapat diangkat kemudian disajikan sesuai dengan selera. Biasanya, terdapat satu hingga tiga pancake dalam satu porsi.


    (Baca juga: Menu Sarapan yang Sehat? Ini Kata Ahli Nutrisi)


    3. Smoothies

    Pembuatan smoothies juga tidak kalah mudahnya untuk dipersiapkan di pagi hari, pun tak menyita waktu. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat smoothies hanyalah sayur dan/atau buah yang hendak disantap dan yogurt yang rasanya dapat dipilih sesuai dengan selera. Buah-buahan atau sayur-sayuran ini nanti diblender bersamaan dengan yogurt sehingga hasil yang didapatkan serupa dengan jus pada umumnya, namun lebih kental dan memiliki rasa lebih manis serta asam sebab dicampurkan dengan yogurt.

    Smoothies juga mudah dibawa ke lokasi kerja sebab dapat diletakkan di dalam gelas plastik, botol, atau wadah lainnya.


    4. Salad Buah dan Sayur

    Menu sarapan sehat
    (Menu sarapan sehat adalah salah.Foto:Dok.Polina/Pexels)

    Mendengar kata salad, tentu saja penyajiannya tidak memerlukan banyak waktu. Bahan yang akan dibuat menjadi salad bisa dipotong terlebih dahulu pada malam sebelumnya. Buah-buahan yang biasa dibuat menjadi salad diantaranya adalah apel, pir, anggur, nanas, pisang, strawberry, blueberry, dan masih banyak lagi. Sedangkan sayuran yang mudah diolah menjadi salad adalah parutan wortel, tomat, selada, dan timun.

    Potongan buah dan sayur yang telah dipersiapkan, hanya perlu diletakkan di dalam sebuah wadah kemudian diberikan mayonnaise dengan merk sesuai selera.


    (Baca juga: 5 Ide Sarapan Sehat yang Mudah dan Tidak Repot)


    5. Yogurt

    Menu sarapan dengan yogurt biasanya tidak memerlukan proses pembuatan sebab yogurt lebih awam untuk dibeli. Kandungan buah dan vitamin yang telah diolah bersama dengan gula buatan dalam yogurt menyajikan cita rasa yang manis bercampur asam. Ada banyak jenis rasa yang disediakan dalam varian yogurt. Rasa-rasa yang paling awam dibeli adalah plain, strawberry, blueberry, mangga, dan masih banyak lagi. Sarapan dengan yogurt tidak hanya praktis, namun juga cepat membuat perut terasa kenyang.


    6. Waffle

    Berbahan dasar terigu, baking powder, mentega, gula, garam, susu, dan telur, waffle sesungguhnya tidak sulit dibuat sebab menggunakan alat. Namun, apabila tidak mempunyai alatnya pun, terdapat banyak restoran 24 jam yang menyediakan menu waffle sebagai sarapan pagi. Pada umumnya, waffle disajikan dengan toping layaknya pancake. Cokelat, strawberry, dan es krim telah menjadi pilihan yang awam untuk disajikan dalam porsi waffle. Satu porsi biasanya terdiri atas satu hingga dua waffle.


    (Baca juga: 5 Menu Makanan Untuk Sarapan Bagi Penderita Penyakit Maag)


    7. Scrambled Eggs

    Berbeda dengan telur ceplok biasa, penyajian scrambled eggs dapat ditambahkan dengan berbagai jenis sayuran. Contohnya potongan seledri dan bakung. Dengan begitu, telur yang dihasilkan pun lebih bergizi dan kaya akan nutrisi. Scrambled eggs juga dibuat tidak semata-mata dengan memecahkan telur diatas teflon, namun telur yang akan dimasak diaduk dahulu hingga kuning dan putihnya menyatu. Mengaduknya pun membutuhkan waktu, hingga adonan sedikit mengental agar kelak scrambled eggs yang dihasilkan pun kenyal dan mengembang.



    (Penulis: Gabrielle Garnetta Candra Putri)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below