Kenali Ciri-Ciri Perut Buncit Dan Hamil Agar Tak Salah Duga


  • Kenali Ciri-Ciri Perut Buncit Dan Hamil Agar Tak Salah Duga
    (Kenali Ciri-Ciri Perut Buncit Dan Hamil Agar Tak Salah Duga. Foto:Dok.NataliaDeriabina/istockphoto)

    Perut yang membesar merupakan ciri dari perut buncit dan juga perut hamil. Meskipun dari penglihatan perut buncit dan perut hamil ini sulit untuk dibedakan, namun kamu sebagai wanita yang aktif secara seksual dan juga dalam usia yang produktif ini harus mampu mengetahui perbedaannya bukan?


    (Baca juga: Cara Menaikkan Berat Badan Dengan Cepat)




    Sering kali orang-orang salah menduga perut buncit dan akhirnya tidak terdeteksi kehamilannya, lalu begitu juga sebaliknya, salah menduga hamil dan ternyata hanya perut buncit akibat lemak yang menumpuk di perut. Jangan dianggap sepele loh, hal ini bisa berbahaya dan juga bisa mengecewakan orang-orang di sekitarmu.

    Sesungguhnya untuk mengetahui kehamilan itu gampang saja, kamu bisa langsung tes dengan alat test pack ataupun langsung mengunjungi dokter kandungan untuk hasil yang lebih akurat. Namun, masih banyak wanita yang masih belum siap untuk melakukan tes tersebut dan mengabaikannya.


    Maka dari itu, mungkin sebelum kamu melakukan tes tersebut dan sebelum kamu salah menduga, kamu bisa melihat perbedaannya melalui ciri-ciri pada perut buncit dan juga perut hamil berikut.


    Ciri-Ciri Perut Buncit

    ciri-ciri perut hamil dan perut buncit

    (ciri perut buncit.Foto:Dok.KittisakJirasittichai/istockphoto)

    - Perut besar dan bergelambir

    Perut yang buncit karena gemuk ini akan menunjukkan lipatan dan juga gelambir saat duduk akibat penumpukkan lemak pada perut. Perut buncit akan sangat mudah dicubit karena lebih elastis. Hal ini juga terjadi akibat jarangnya melakukan aktivitas olahraga untuk membakar lemak yang menumpuk tersebut.


    (Baca juga: Ini Dia Penyebab Penyakit Kolestrol Tinggi Yang Membahayakan)


    - Saat berdiri dan duduk perut terasa empuk dan bergelambir

    Saat kamu berdiri dan kemudian duduk, perut kamu akan terasa empuk dan bergelambir sehingga mudah terlihat lipatannya saat kamu dalam posisi duduk.


    - Setelah dan sebelum makan perut akan menjadi lebih membesar

    Perut yang buncit juga bisa terasa keras, hal ini karena perut kembung akibat gas yang menumpuk pada perut saat makan ataupun minum. Gas juga bisa didapatkan pada makanan seperti kol yang mengandung gas tinggi. Maka dari itu perut buncit juga dapat membesar dalam waktu singkat setelah makan.


    - Payudara tidak membesar dan sensitif

    Perut buncit tidak akan bereaksi merubah bentuk payudaramu ataupun membuat payudaramu terasa sensitif. Hal ini karena perut buncit hanya berdampak pada perubahan bentuk perut ataupun berat badanmu.


    - Mengalami menstruasi

    Perut yang buncit tidak akan mempengaruhi siklus menstruasimu. Namun jika kamu mengalami stres, ataupun ketidakseimbangan hormon, maka kamu bisa saja mengalami yang Namanya terlambat menstruasi hingga kondisi tubuhmu membaik.


    - Mengonsumsi alkohol

    Perut buncit sering kali disebabkan oleh pengonsumsian alkohol, maka dari itu sering kali kita dengar sebutan untuk para peminum yang memiliki perut buncit ini dengan sebutan beer belly. Konsumsi alcohol akan tingkatkan kadar glukosa dalam tubuh sehingga lemakpun menumpuk pada perut dan menyebabkan buncit.


    Ciri-Ciri Perut Hamil

    ciri-ciri perut hamil dan perut buncit

    (ciri perut hamil.Foto:Dok.Ziga Plahutar/istockphoto)

    - Perut hamil kencang, keras, dan sulit dicubit

    Pada perut besar karena hamil ini, ketika kamu menyentuhnya, perut akan terasa kencang keras dan sangat sulit dicubit. Karena dalam perut ada janin yang tengah bertumbuh.


    (Baca juga: Ciri-ciri Hamil Muda Yang Harus Kamu Tahu)


    - Saat duduk dan berdiri perut terasa kencang

    Perut hamil ini bisa dirasakan jika saat kamu hendak duduk ataupun hendak berdiri, kamu akan merasakan sensasi tarikan pada perut akibat perutmu yang kencang. Dengan merasakan hal itu tandanya kamu sedang hamil.


    - Setelah dan sebelum makan ukuran perut tidak berubah

    Di dalam perut ibu hamil ada janin yang terus bertumbuh dari hari ke hari, sehingga perut bisa semakin besar seiring dengan pertumbuhan sang janin. Namun hal ini tidak terjadi dalam waktu singkat, jadi saat sebelum dan sesudah makan, perut tidak akan berubah ukurannya dan tetap pada ukuran yang stabil.


    - Payudara membesar dan sensitif

    Pada perut hamil, kamu akan merasakan payudaramu menjadi lebih besar dan menjadi lebih sensitif dari biasanya. Selain payudara puting kmau juga akan mengalami perubahan bentuk seperti menjadi lebih besar dan area sekitar putting ataupun disebut sebagai areolanya menjadi lebih gelap warnanya. Hal ini terjadi karena tubuh mempersiapkan diri untuk memproduksi ASI untuk menyusui anak yang sedang kamu kandung dalam perutmu.


    - Menstruasi terlambat

    Saat hamil, kamu tidak akan mengalami menstruasi selama 9 bulan lamanya. Sehingga adanya keterlambatan menstruasi hingga kelahiran anak terjadi. Hal ini karena tubuh kamu sedang mengalami pembuahan dan menghasilkan hormon yang menghentikan ovulasi dan pelepasan lapisan Rahim.


    - Mual-mual dan muntah

    Mual dan muntah sudah menjadi ciri khusus yang utama untuk mengidentifikasikan kehamilan. Kamu akan mengalami perubahan hormon pada masa awal kehamilan. Kamu akan merasa mual dan bahkan muntah, hal inilah yang sering disebut sebagai morning sickness.


    (Baca juga: Setelah Menikah, Begini Cara Mudah Agar Cepat Hamil)


    Itulah deretan ciri-ciri dari perut buncit dan perut hamil yang bisa membantumu untuk mengenali perbedaan antar keduanya, agar tidak salah menduga. Dengan begitu, kamu bisa menangani perutmu dengan baik sesuai dengan kebutuhannya.


    (Penulis: Ellys Natalia)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below