Ciri-ciri Hamil Muda Yang Harus Kamu Tahu


  • Ciri-ciri Hamil Muda Yang Harus Kamu Tahu
    Tak hanya mual, ciri-ciri hamil muda lainnya juga perlu diketahui. (Foto: Dok. Pexels)

    Kehamilan dapat dikatakan menjadi saat yang paling dinantikan oleh wanita. Namun, sering kali terjadi kesalahpahaman terhadap ciri-ciri kehamilan yang membuat seorang wanita tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengandung. Maka dari itu, herworld sudah merangkum ciri-ciri hamil muda yang perlu kamu ketahui supaya lebih memahami tanda-tandanya.


    (Baca Juga: Ingin Cepat Hamil? Konsumsi 18 Makanan Berikut)



    Areola menjadi lebih gelap


    Areola, istilah untuk area di sekitar puting payudara, memiliki warna kulit lebih gelap dibandingkan jika tidak hamil. Area tersebut juga akan membesar sebagai bentuk respons tubuh dalam mempersiapkan produksi ASI. Selain itu juga terdapat benjolan kecil pada areola yang merupakan kelenjar yang akan melumasi puting ketika ibu menyusui.



    Kram perut


    Ciri satu ini perlu lebih diperhatikan karena biasanya hanya dianggap kram perut yang sama seperti hendak menstruasi. Kram perut yang menjadi ciri kehamilan ini terjadi secara singkat dan tidak terlalu sakit jika dibandingkan dengan yang dialami saat menstruasi. Untuk membedakannya, kram perut ini biasanya terpusat pada perut salah satu bagian perut saja karena sebagai tanda dimana embrio dibuahi. Sementara kram yang dirasakan saat gejala menstruasi dapat berlangsung berhari-hari.



    Mudah lelah


    Kelelahan menjadi salah satu tanda kehamilan yang biasanya dialami dalam minggu-minggu pertama kehamilan. Hal ini disebabkan terjadinya perubahan hormon sehingga seorang wanita akan merasa lelah dan tidak bertenaga.



    Lebih sensitif terhadap bau


    Peningkatan hormon estrogen menyebabkan indra penciuman wanita hamil menjadi lebih peka. Tak sedikit wanita yang sedang hamil merasa pusing, mual, dan muntah setelah mencium bau. Hal ini menjadi salah satu faktor mengapa wanita sering ngidam, yakni selera makan yang hilang setelah mencium bau makanan tertentu.



    Meningkatnya suhu tubuh di pagi hari


    Suhu tubuh yang meningkat pada pagi hari terjadi pada wanita hamil karena peningkatan hormon progesteron. Biasanya, suhu tubuh meningkat saat terjadi ovulasi dan membuat tubuh cenderung merasa gerah.



    Bercak darah


    Jika bercak darah keluar sebelum waktunya menstruasi, bisa jadi ini merupakan tanda kehamilan. Bercak darah ini keluar pada trimester pertama yang muncul selama seminggu setelah sel telur dibuahi.



    Lebih sering buang air kecil


    Pada wanita yang hamil satu bulan akan terjadi tekanan di bagian kandung kemih akibat pertumbuhan janin di rahim. Oleh karena itu, sebaiknya kebutuhan akan cairan tubuh dipenuhi setidaknya delapan gelas sehari.


    (Baca Juga: Ciri-ciri Hamil Bayi Laki-laki)

    Itulah ciri-ciri hamil muda yang perlu kamu ketahui supaya dapat menyadari dan menjaga si kecil sejak dini.


    (Penulis: Aurelia Gracia)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below