Cara Menaikkan Berat Badan Dengan Cepat


  • Cara Menaikkan Berat Badan Dengan Cepat
    Inilah cara untuk menaikkan berat badan dengan cepat (Foto:Dok.andre/pexels)

    Lemak memiliki reputasi buruk sebagai penyebab orang kelebihan berat badan dan obesitas. Padahal, tidak semua lemak itu buruk. Memecah dan menyimpan energi (kalori) sebagai lemak itu baik. Hal tersebut adalah salah satu dari banyak cara tubuh menggunakan makanan untuk berfungsi, menyembuhkan, dan juga tumbuh berkembang.


    Energi yang tersimpan dari lemak membantu kamu melewati pekerjaan atau latihan yang berat. Hal ini memainkan peran kunci dalam perkembangan otak dan juga dalam mencegah peradangan (pembengkakan) dan pembekuan darah. Selain itu, lemak juga berkontribusi pada kesehatan rambut dan kulit.




    Kamu dapat menentukan apakah kamu kekurangan berat badan dengan menggunakan kalkulator Indeks Massa Tubuh (BMI). Alat online ini mempertimbangkan berat badan, tinggi badan, usia, dan jenis kelamin kamu untuk menghitung skor. Jika BMI kamu kurang dari 18,5, maka kamu kekurangan berat badan. Selain itu, kamu juga dapat pergi ke dokter untuk membantu menentukan apakah kamu kekurangan berat badan berdasarkan tinggi badan, berat badan, makanan yang kamu konsumsi, dan tingkat aktivitas kamu.


    Mungkin kamu sering dengar bahwa makanan junk food dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Memang benar, tetapi junk food tidak akan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh kamu. Meskipun lemak, gula, dan garam dalam junk food tidak menghasilkan berat badan berlebih, namun itu tetap dapat membahayakan tubuh kamu. Bukan hanya junk food, tetapi minuman soda dan donat juga dapat merusak kesehatan kamu. 


    Hindari diet yang penuh dengan makanan yang banyak mengandung gula dan lemak jenuh. Diet seperti ini dapat meningkatkan lemak tubuh dan kolesterol. Mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi. Jika kamu ingin menambah berat badan, sangat penting untuk melakukannya dengan cara yang benar. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menaikkan berat badan dengan cepat. 


    (Baca juga: 6 Tips Sehat Untuk Rayakan World Digestive Health Day)


    Mengkonsumsi kalori yang lebih banyak 

    Cara untuk menggemukan badan dengan cepat adalah dengan menciptakan surplus kalori, artinya kamu mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan oleh tubuh kamu. Kamu dapat menggunakan kalkulator kalori untuk menentukan kebutuhan kalori. Jika kamu ingin menambah berat badan secara perlahan dan mantap, targetkan 300–500 kalori lebih banyak daripada yang kamu bakar setiap hari menurut kalkulator. Tetapi jika kamu ingin menambah berat badan dengan lebih cepat lagi, targetkan sekitar 700–1.000 kalori di atas tingkat  pemeliharaan kamu. Ingatlah bahwa kalkulator kalori hanya memberikan perkiraan. Kebutuhan kamu dapat bervariasi jumlahnya. 


    Protein


    (Foto:Dok.adam/pexels)

    Makan lebih banyak makanan adalah kunci untuk menambah berat badan, tetapi jumlah protein yang kamu makan juga penting. Mengingat protein adalah blok bangunan untuk sebagian besar tubuh kamu. Asupan protein tinggi juga dapat mendukung lebih sedikit penambahan lemak selama surplus kalori, menjadikannya penting dalam jumlah besar. Dilansir dari Trifecta, sebuah studi selama sebulan mengamati 1.000 kalori berlebih dengan 20% kalori berasal dari protein, dibandingkan dengan 10 hingga 14% kalori dari protein, menghasilkan kira-kira setengah jumlah penambahan lemak dengan asupan protein yang lebih tinggi. Kamu juga bisa menambahkan bubuk protein ke makanan kamu seperti oatmeal, kentang tumbuk, makanan yang dipanggang, pancake, atau segelas susu. Tukar sour cream dengan yogurt yunani dan beralih ke pasta gandum atau protein.


    (Baca juga: 6 Rekomendasi Restoran Sehat di Jakarta)


    Gunakan topping, saus, atau tambahan lainnya

    Topping dan bahan tambahan dapat membantu kamu menaikkan berat badan dan banyak peluang untuk menambah kalori ekstra. Taburi makanan kamu dengan keju, biji-bijian, kacang-kacangan, dan alpukat. Gunakan maple syrup, saus berbasis krim, dan mayo pada sandwich kamu. 


    Konsisten 

    Tidak ada yang namanya kemajuan, pertumbuhan, atau perubahan tanpa konsistensi. Hasil tidak akan terjadi dalam semalam. Mendapatkan berat badan yang sehat bukanlah sesuatu yang dapat kamu lakukan dalam beberapa minggu dan mengharapkan hasil yang bertahan lama. Tetap konsisten adalah bagian yang paling penting dan sekaligus tersulit untuk tetap berpegang pada rencana nutrisi apa pun. Tidak mengherankan bahwa penelitian terus menunjukkan bahwa konsistensi adalah salah satu faktor terpenting untuk sukses. Bangun pondasi kamu, teruslah berolahraga secara teratur, dan fokus untuk memperbaiki pola makan kamu. 


    Itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menaikkan berat badan kamu. Jangan lupa untuk selalu konsisten ya. Semoga berhasil!



    (Penulis: Putri Raiza)







  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below