Setelah Menikah, Begini Cara Mudah Agar Cepat Hamil


  • Setelah Menikah, Begini Cara Mudah Agar Cepat Hamil
    Begini cara mudah agar cepat hamil setelah menikah (Foto:Dok/Freepik)


    Sebelum menikah, berbagai pertanyaan mengenai kapan kamu akan mengakhiri masa lajangmu pasti telah menghujanimu. Sampai akhirnya semua itu terjawab setelah kamu dan pasanganmu resmi menikah.

    Tak usai sampai di situ, bahkan setelah menikah kamu dan pasangan akan kembali diserbu oleh pertanyaan tentang kapan memiliki anak dan berapa jumlah yang kalian inginkan. Pernah mengalaminya?

    Meskipun hal ini wajar dialami oleh pasangan baru, namun kamu dan pasangan mungkin akan semakin menanti-nanti kapan sang buah hati tiba. Kamu mungkin jadi harap-harap cemas setiap bulannya menunggu kehamilan.

    Patut diketahui bahwa setiap pasangan memiliki waktu yang berbeda untuk memiliki buah hati. Namun kamu dan pasangan bisa berusaha untuk mendapatkannya. Dirangkum dari Web MD, berikut cara mudah agar cepat hamil setelah menikah.


    (Baca Juga: Ingin Cepat Hamil? Konsumsi 18 Makanan Berikut)


    1. Lakukan pemeriksaan prakonsepsi.

    Sebelum kamu dan pasangan berencana memiliki momongan, cobalah mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan prakonsepsi. Langkah ini penting dilakukan agar kamu dan pasangan mengetahui secara keseluruhan kondisi tubuh dan vitamin yang dibutuhkan agar cepat mendapatkan anak.

    "Lakukan siklus ini sebelum kamu mulai mencoba," kata Paula Hillard seorang profesor kebidanan dan ginekologi di Universitas Stanford kepada Web MD. "Jika kamu memiliki masalah medis yang mendasarinya, mereka perlu dikendalikan sebelum kamu bisa hamil dengan aman."


    2. Kenali siklus menstruasi

    Jika dulu saat kamu masih melajang, kamu mungkin tak terlalu memusingkan jadwal menstruasimu selama berbulan-bulan. Namun setelah menikah, hal ini justru patut kamu ketahui secara detail, terutama saat kamu dan pasangan berencana untuk memiliki anak.

    Hal ini merupakan dasar yang bisa membantumu tahu kapan masa suburmu. Ovulasi adalah waktu terbaik untuk hamil. "Ini adalah waktu untuk fokus pada berhubungan seks," kata Hillard.


    (Baca Juga: Manfaat Bercinta Bagi Ibu Hamil)


    3. Posisi berhubungan seks

    Mungkin saat ingin berhubungan seks, kamu dan pasangan akan mulai mencari fakta-fakta mengenai posisi yang bisa membawa kehamilan dengan cepat. Masih melansir laman yang sama, hal ini tak bisa dipercayai sepenuhnya, sehingga ada baiknya tidak perlu dirisaukan.

    Seorang direktur layanan infertilitas di Klinik Cleveland, James Goldfarb mengatakan bahwa,"Sangat jarang, leher rahim seorang wanita berada dalam posisi yang tidak biasa di mana posisi tertentu dapat membuat perbedaan." 


    4. Tetap di tempat tidur setelah berhubungan.

    Kamu mungkin juga pernah mendengar salah satu yang bisa meningkatkan kehamilan adalah dengan mengangkat kakimu ke atas setelah berhubungan seksual. Namun nyatanya hal ini tidak sepenuhnya berhasil.

    "Nasihat yang baik adalah dengan berbaring di tempat tidur selama 10 sampai 15 menit setelah hubungan intim, tetapi kamu tidak perlu mengangkat kakimu," kata Goldfarb. "Panggulmu tidak bergerak saat kamu mengangkat kaki."

    Cara yang patut dicoba adalah jangan pergi ke kamar mandi selama 10-15 menit setelah berhubungan seksual. Sperma yang akan masuk ke serviks akan berada di serviks selama waktu tersebut.


    5. Jangan berlebihan

    Sering berhubungan seks belum tentu bisa meningkatkan peluang untuk kehamilan. Begitu juga saat waktu ovulasi tiba. Yang bisa kamu lakukan adalah memaksimalkan masa suburmu untuk melakukannya, namun jangan sampai berlebihan.

    Sperma bisa hidup hingga 5 hari di dalam tubuhmu. Saran terbaik adalah berhubungan seks secara teratur, yakni saat sedang berovulasi, dan saat tidak. Hindari juga menggunakan pakaian ketat, terlalu banyak main gadget dan lainnya. Hal ini bisa memicu kelemahan sperma dan proses pembuahan. 


    (Baca Juga: 4 Skill Yang Wajib Dimiliki Sebelum Menikah Dengan Pasangan)


    6. Hindari stres

    Setelah menikah, biasanya pertanyaan-pertanyaan yang kerap kali muncul adalah "Sudah hamil belum?" atau "Kapan hamil?" dan lainnya. Meskipun mungkin sesekali hal ini akan kamu anggap biasa, namun lama kelamaan pertanyaan semacam ini bisa membuatmu stres. Dan bahayanya, stres akan mempengaruhi ovulasi sehingga kehamilan bisa terlambat.

    Goldfarb juga menyarankan untuk mencoba akupuntur untuk mengurangi stres, dan bisa juga meningkatkan peluang untuk hamil. Atau kamu pun bisa mencoba meditasi agar pikiran tenang dan rileks.

    Dan bagaimanapun penting untuk membicarakan apa yang kamu rasakan kepada pasangan. Jangan biarkan perasaan dan pikiranmu mengganggu. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari luar, kamu bisa secara kompak menjawab "semua ada waktunya."


    7. Jalani pola hidup sehat

    Walaupun dilarang untuk stres dan lelah fisik, bukan berarti kamu melewatkan waktu olahragamu untuk bersantai. santai. Olahraga justru membantu meningkatkan peluang kehamilan.

    Namun ada baiknya untuk memperhatikan jenis olahraga apa yang akan kamu lakukan. Hal ini karena akan mempengaruhi masa menstruasimu yang juga akan berujung pada masa subur. Oleh sebabnya piihlah olahraga ringan seperti berlari 30 menit dalam sehari. Kemudian ubahlah pola makanmu dengan makanan serba sehat seperti sayur dan buah-buahan.


    Itulah sejumlah cara mudah agar cepat hamil setelah menikah. Selamat mencoba dan semoga berhasil.