Sering Main Gadget, Coba Gerakan Yoga Mata Ini


  • Sering Main Gadget, Coba Gerakan Yoga Mata Ini
    Dapatkan mata sehat dengan langkah-langkah yoga mata berikut. (Foto: Dok. Camille Richert/pexels)

    Masa pandemi membuat tingkat intensitas penggunaan gadget semakin tinggi. Hal ini tentunya berpengaruh besar pada kesehatan mata. Mata bekerja semakin ekstra saat kamu menghabiskan waktumu menatap layer ponsel, laptop, komputer maupun televisi. Padahal, mata juga sama seperti organ tubuh lainnya yang membutuhkan istirahat yang cukup agar tetap bisa bekerja dengan maksimal.


    Mata yang lelah dapat kamu rasakan ketika kamu sering mengantuk, matamu kering dan merasa perih, munculnya gangguan penglihatan seperti minus pada mata dan juga munculnya iritasi ataupun sakit pada bola mata. Di sinilah perlunya olahraga mata seperti yoga mata untuk menjaga kesehatan indera penglihatanmu.




    (Baca Juga: Cara Meningkatkan Kolagen Alami, Bisa Bikin Awet Muda!)


    langkah-langkah yoga mata

    (Mata sehat yang indah.Foto: Dok. Gabb Tapique/pexels)

    Yoga mata sangat mudah dan simpel untuk dilakukan karena tidak membutuhkan alat dan juga bisa kamu lakukan di manapun dan kapanpun, namun harus memiliki pemandangan terbuka.


    (Baca Juga: 12 Cara Menggunakan Hair Mask Yang Benar Agar Rambut Sehat!)


    Berikut ini adalah gerakan yoga mata yang bisa kamu coba.


    1. Fokus Pada Objek Yang Jauh

    Carilah tempat di mana kamu bisa menemukan objek di tempat yang jauh. Tataplah objek yang paling jauh tersebut selama 20 detik lamanya tanpa berkedip sama sekali. Untuk memudahkanmu menambahkan fokus mata pada objek, posisikan ibu jarimu di bawah objek jauh yang kamu tatap itu dan geser fokus matamu pada titik tengah antara objek dengan ibu jarimu. Lakukan hal ini pada 3 objek jauh yang berbeda-beda.


    2. Gerakkan Bola Mata Secara Zig-zag

    Untuk mengurangi risiko terjadinya mata kering dan menjaga kelembaban pada mata, bayangkanlah pola zig-zag di depan matamu, dan kemudian gerakkan matamu menyesuaikan pola zig-zag yang sudah kamu bayangkan ini. Lakukan gerakkan ini secara terus-menerus selama 10 detik lamanya.


    3. Kedipkan Mata Dengan Cepat

    Seperti yang kamu ketahui, ketika terdapat sesuatu di matamu pastinya akan terasa tidak nyaman bukan? Yoga mata dengan gerakkan mengedipkan mata ini juga mampu membersihkan mata dari kotoran yang menyebabkan iritasi dan juga bisa melembabkan mata.

    Kedipkan matamu dengan cepat berkali-kali, lalu istirahatkan mata dengan menutup mata selama 20 detik sembari mengatur pernafasanmu menjadi lebih teratur. Lakukan gerakkan ini sebanyak 3 kali. Mungkin saat berkedip dengan cepat akan membuatmu merasa sedikit pusing, namun bertahanlah untuk mendapatkan mata yang lebih sehat nantinya.


    (Baca Juga: Cara Tepat Double Cleansing Untuk Kulit Wajah Berminyak)


    4. Gerakkan Bola Mata Ke Kanan, Kiri, Atas, Bawah

    Setelah melakukan gerakkan berkedip cepat tadi, tutuplah kembali matamu untuk melakukan gerakkan yoga mata yang satu ini. Di saat matamu terpejam, lakukan gerakkan mengarahkan bola mata ke atas dan tahan di posisi tersebut selama 5 detik, dan kemudian lakukan hal yang sama saat mengarahkan bola mata ke kanan, ke kiri dan juga ke bawah.

    Gerakkan ini akan meregangkan otot-otot pada mata, sehingga mata akan terasa lebih relaks dan tentunya otot-otot pada mata akan terasa lebih fleksibel.


    5. Gerakkan Bola Mata Secara Melingkar

    Kemudian untuk teknik yoga mata ini, lakukan gerakkan melihat ataupun melirik ke segala arah ataupun yang bisa kamu sebut sebagai eye roll. Baik dari kanan atas, kemudian bergerak ke kiri atas dan kemudian ke kanan bawah sampai kembali ke posisi lirikan mata ke kanan atas lagi.

    Lakukan eye roll ini sebanyak 5 kali, dan setelah 5 kali eye roll dilakukan, pejamkan mata dan relakskan dirimu. Tentunya gerakkan melingkar ini harus dilakukan dengan benar dan rutin agar dapat membantu penglihatan kamu menjadi lebih fokus dan jernih nantinya.


    6. Kompres Mata

    Setelah melakukan semua Langkah-langkah gerakkan yoga mata di atas, kompres matamu dengan kedua tangan yang sudah digesekkan hingga terasa hangat, lalu tempelkan pada mata dan serapi kehangatannya.


    (Baca Juga: Ini Manfaat Meditasi, Bisa Mengurangi Stres & Kecemasan!)


    langkah-langkah yoga mata

    (Yoga mata.Foto: Dok. Marcus Aurelius/pexels)

    Itulah langkah-langkah yoga mata yang bagus untuk meningkatkan fleksibilitas otot matamu dan juga fokus pada mata. Lakukan Langkah-langkah yoga mata di atas dengan rutin, untuk dapatkan mata yang sehat dan rasakan momen meditasi singkat yang menenangkan dan juga mengurangi stres dalam pikiranmu.


    (Penulis: Ellys Natalia)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below