12 Cara Menggunakan Hair Mask Yang Benar Agar Rambut Sehat!


  • 12 Cara Menggunakan Hair Mask Yang Benar Agar Rambut Sehat!
    Produk ini adalah sumber nutrisi dan vitamin untuk rambut. Yuk, intip cara menggunakan hair mask yang benar agar hasilnya optimal! (Foto: Dok. Master1305/Freepik.com)

    Merawat rambut adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan setiap orang. Tak hanya kulit, rambut juga membutuhkan nutrisi dan vitamin ekstra agar selalu sehat, tampak indah dan berkilau. Menggunakan hair mask adalah salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan kilau rambut idaman.


    Hair mask kaya akan nutrisi yang baik bagi rambut kamu, dan menawarkan perawatan intensif layaknya masker bagi kulitmu. Meskipun begitu, kamu harus tetap memerhatikan cara menggunakan hair mask yang benar agar nutrisinya terserap dengan baik oleh rambut dan hasilnya akan terlihat optimal. Berikut 12 cara menggunakan hair mask yang benar agar rambut kamu terlihat semakin sehat dan indah!




    (Baca Juga: Coba Perawatan Rambut Ini Agar Tidak Rontok Dan Kusam)


    1. Lindungi Baju Kamu!

    Jika kamu menggunakan hair mask sebelum atau sesudah mandi, kamu harus melindungi pakaian kamu supaya tidak terkena produk tersebut atau bahkan basah. Sampirkan handuk tebal di bagian atas bahu agar baju kamu terlindungi dari produk hair mask.


    2. Pisahkan Bagian Rambut

    Untuk kamu yang memiliki rambut panjang atau tebal, pisahkan rambut kamu menjadi beberapa bagian. Tips ini akan mempermudah kamu untuk mengaplikasikan hair mask secara efektif dan merata ke seluruh area rambut.


    3. Gunakan Alat Bantu

    Kamu bisa mengaplikasikan hair mask dengan jarimu atau menggunakan alat bantu seperti sisir yang dilengkapi dengan kuas. Aplikator yang tepat bisa semakim mempermudah proses menggunakan hair mask dan menjadikannya tersebar secara merata ke seluruh permukaan rambut.


    4. Mulai dari Bagian Ujung Bawah Rambut untuk si Rambut Kering

    Bagian ujung bawah rambut biasanya lebih kering dibanding bagian yang dekat akar dan kulit kepala. Karena itu, kamu sebaiknya memulai aplikasi hair mask dari bagian ujung bawah rambut hingga atasnya. Hal ini akan mencegah penumpukan produk hair mask terlalu lama di bagian kulit kepala. 


    5. Perhatian Khusus Bagi Masalah Ketombe

    Namun jika kamu menggunakan hair mask yang diformulasi khusus untuk mengatasi masalah ketombe, sebaiknya awali aplikasi hair mask di bagian atas rambut untuk memastikan nutrisinya terserap dengan baik oleh kulit kepala.


    6. Jika Rambut Kamu Berminyak...

    Apabila kamu merasa rambutmu berminyak, mulai aplikasi dari bagian tengah rambut ke arah ujung bawah. Hindari menggunakan hair mask di bagian atas rambut, karena bisa membuatnya terasa semakin berminyak.


    (Baca Juga: Rekomendasi Sleeping Mask yang Bagus, Bikin Kulit Glowing!)


    7. Sisir Rambut Kamu

    Ketika sudah selesai mengaplikasikan hair mask, jangan lupa untuk mengambil sisir dengan gigi yang jarang dan menyisir rambut kamu. Trik ini bisa membantu penyebaran hair mask menjadi semakin merata sehingga setiap helai rambut kamu akan merasakan manfaatnya.


    8. Bungkus Rambut dengan Baik

    Tutupi seluruh bagian rambut dengan shower cap atau plastic wrap. Setelahnya, bungkus lagi dengan handuk. Langkah ini bisa membantu agar hair mask tidak menetes, juga menambahkan sedikit hawa panas yang membuat penyerapan produk menjadi semakin optimal.


    9. Diamkan Selama 20 Hingga 30 Menit

    Bungkus rambut kamu selama 20 hingga 30 menit untuk penyerapan nutrisi yang optimal. Namun jangan lupa untuk membaca instruksi yang ada di kemasan produk hair mask kamu, ya! Beberapa jenis hair mask bahkan bisa didiamkan hingga semalaman, tergantung kandungan di dalamnya.


    10. Bilas dengan Air Dingin!

    Hindari penggunaan air panas ketika membilas rambut. Air dingin menjadi pilihan terbaik karena bisa membantu menyegel kutikula helai rambut sehingga ia mampu mengunci kelembapan di dalamnya. Sebaliknya, air panas bisa menyebabkan kutikula rambut terbuka dan kelembapan menghilang. Jika tidak kuat bilas dengan air dingin, cukup dengan air hangat saja.


    11. Tata Rambut Seperti Biasa

    Setelah rambut bersih dari sisa produk hair mask, kamu bisa mengeringkan rambutmu dengan alat pengering atau membiarkannya kering secara alami. Kamu juga bisa langsung menata rambutmu sesuai dengan preferensi dan keinginanmu.


    12. Cari Waktu yang Tepat

    Untuk jenis rambut kering, kusut, atau terasa rusak, kamu bisa menggunakan hair mask sebanyak satu kali dalam satu minggu. Namun jika rambut terasa berminyak, sebaiknya gunakan hair mask sekali setiap dua minggu agar tidak terasa lepek.


    (Baca juga: Tips Memilih Gaya Rambut Wanita Sesuai Bentuk Wajah)


    Begitulah cara menggunakan hair mask yang benar. Tidak sulit, bukan? Saatnya memberi nutrisi optimal kepada rambut kamu melalui penggunaan hair mask yang tepat!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below