Cara Meningkatkan Kolagen Alami, Bisa Bikin Awet Muda!


  • Cara Meningkatkan Kolagen Alami, Bisa Bikin Awet Muda!
    Cara Meningkatkan Produksi Kolagen, Awet Muda Secara Alami! (Foto:Dok.Shiny Diamond/pexels))

    Siapa yang tidak ingin memiliki kulit sehat kencang dan awet muda? Tentunya kulit kencang seperti itu tak hanya menjadi impian para wanita, bahkan para pria juga menginginkannya bukan? Untuk memiliki kuit yang kencang ini, bisa kamu penuhi dengan meningkatkan kolagen alami dalam tubuh.


    Kolagen adalah protein yang banyak terdapat pada bagian tubuh, seperti pada tulang, otot, tendon, system pencernaan dan juga pada kulit dan berfungsi untuk merekatkan jaringan-jaringan tubuh, kolagen juga berfungsi untuk memulihkan luka, memperkuat tulang, dan menambah elastisitas pada kulit dan juga tendon.




    (Baca Juga: Ini Manfaat Meditasi, Bisa Mengurangi Stres & Kecemasan!)


    Seiring bertambahnya usia, setiap orang akan mengalami penurunan kadar kolagen pada tubuh karena produksi kolagen bergantung pada kinerja dalam tubuh. Namun, bukannya tidak ada solusi, kamu juga bisa tetap menjaga ataupun meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, sehingga kadar kolagen tetap terjaga dan bahkan meningkat.


    Untuk mendapatkan kulit kencang, awet muda, sehat dan berkilau ini, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kolagen secara alami:


    1. Minum Air Putih

    kolagen alami

    (Minum air putih rutin. Foto:Dok.Daria Shevtsova/pexels)

    Air merupakan salah satu komponen penting yang harus dikonsumsi oleh tubuh agar tidak terjadi yang Namanya dehidrasi. Namun, selain air putih mencegah dehidrasi, air putih juga kaya akan manfaat lain yang berguna untuk tubuhmu, seperti contohnya menetralisir tubuh dari racun yang membuat kolagen kembali pada kulit.

    Kandungan dalam air putih pun bisa bermanfaat untuk meningkatkan pembentukkan serat dan juga meremajakan sel kulit karena banyaknya produksi kolagen dalam tubuh. Tentunyua hal ini dapat terwujud dengan kamu yang mengonsumsi air putih di mana normalnya 8 hingga 10 gelas air putih per harinya.


    2. Vitamin C

    kolagen alami

    (Jeruk dan lemon. Foto:Dok.PhotoMIX Company/pexels)

    Vitamin C adalah salah satu zat antioksidan yang diperlukan untuk membantu melindungi kulit dan membantu produksi kolagen alami dalam tubuh semakin banyak. Kamu bisa mendapatkan vitamin c ini dengan mengonsumsi buah-buahan seperti lemon ataupun jeruk, vitamin C ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C dan juga kamu bisa menggunakan produk kecantikan yang mengandung vitamin C.


    (Baca Juga: Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh!)


    3. Sayuran

    kolagen alami

    (Tomat. Foto:Dok.Arina Krasnikova/pexels)

    Sayur-sayuran khususnya yang berwarna merah, memiliki zat antioksidan yang mampu mencegah penuaan dini pada kulit. Sayur-sayuran merah seperti tomat, paprika, kol merah, bit merah dan lain sebagainya sayur yang berwarna merah ini memiliki kemampuan untuk mengembalikan kolagen alami pada kulit. Kandungan lycopene pada sayuran merah ini juga bertindak sebagai tabir surya alami sehingga mampu melindungi kulit dari sinar matahari UV yang berbahaya.


    4. Produk Kedelai

    kolagen alami

    (Keju. Foto:Dok.NastyaSensei/pexels)

    Kedelai memiliki kandungan yang kaya akan zat antioksidan yang sangat kuat sehingga mampu membantu mencegah penuaan dan mengangkat kolagen pada kulit secara instan. Contoh produk kedelai yang kaya akan zat antioksidan ini adalah seperti keju dan juga susu kedelai.


    5. Lidah Buaya (Aloe Vera)

    kolagen alami

    (Lidah buaya atau aloe vera. Foto:Dok.Jessica Lewis/pexels)

    Lidah buaya atau aloe vera sering menjadi solusi dari jenis-jenis masalah kulit, seperti kulit kepala yang tidak sehat, begitu pula dengan kulit yang terbakar karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Lidah buaya atau aloe vera ini memiliki kandungan aloe sterol yang diketahui dapat meningkatkan produksi kolagen dan asam hialuronat sampai dengan 2 kali lipat.

    Saat peneliti melakukan percobaan dengan mengoleskan ekstrak lidah buaya atau aloe vera ini pada kulit, terjadi penurunan jumlah kerutan pada kulit wajah. Dari sini dapat diketahui bahwa lidah buaya atau aloe vera memang efektif untuk meningkatkan produksi kolagen alami.


    (Baca Juga: Rekomendasi Sleeping Mask yang Bagus, Bikin Kulit Glowing!)


    Itulah beberapa cara meningkatkan produksi kolagen alami dan memiliki kulit sehat, kencang dan pastinya awet muda. Meskipun sudah mengonsumsi ataupun mengikuti instruksi di atas, jangan lupa untuk kamu yang ingin memiliki kulit yang sehat ini, kamu harus menjaga produktivitas kolagen tak hanya dari dalam saja, tetapi juga dari luar. 


    (Penulis: Ellys Natalia)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below