Manfaat Pisang Untuk Wanita


  • Manfaat Pisang Untuk Wanita
    Inilah beberapa manfaat buah pisang bagi wanita (Foto:Dok.vanessa/pexels)

    Pisang adalah salah satu buah paling terkenal di seluruh dunia. Mereka mengandung nutrisi penting yang dapat memiliki dampak perlindungan pada kesehatan. Kandungan zat besi dan potasium dapat membantu dalam mengobati kekurangan zat besi.


    Buah pisang seringkali menjadi buah pendamping dalam menu sarapan yang mampu memberi energi instan. Kandungan nutrisi yang berlimpah dalam pisang membuatnya memiliki berbagai manfaat. Apa saja manfaat pisang untuk wanita?




    (Baca Juga: Ragam Buah yang Cocok Dibuat Smoothie)


    Mencegah Anemia

    Di kalangan wanita, anemia bukanlah hal yang langka. Menurut studi penelitian, anemia pada wanita secara signifikan lebih besar karena kehamilan dan menstruasi. Anemia biasanya terjadi karena kekurangan zat besi dalam tubuh. Pisang kaya akan zat besi yang dapat merangsang produksi sel darah merah baru. Selain itu, kandungan vitamin B6 dalam pisang dapat membantu mengontrol kadar gula darah.


    Kesehatan Jantung

    Pisang adalah buah yang terkenal yang memberikan banyak manfaat kesehatan bagi wanita. Di antara beberapa hal lainnya, buah-buahan dapat meningkatkan kesehatan jantung karena kandungan antioksidan dan seratnya. Penyakit jantung seringkali menjadi penyebab utama kematian bagi semua wanita di seluruh dunia.

    Buah pisang kaya akan serat yang baik untuk jantung kamu. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung 3,1 g serat serta 1,3 g protein dan 422 mg potasium. Pisang kaya akan mineral potasium atau kalium yang bermanfaat menjaga kadar cairan dalam tubuh dan mengatur pergerakan nutrisi dan produk limbah masuk dan keluar sel.

    Kalium juga membantu otot berkontraksi dan sel saraf merespon sehingga membuat jantung berdetak secara teratur dan dapat mengurangi efek natrium pada tekanan darah. 


    (Baca Juga: Makanan Yang Cocok Untuk Penderita Asam Lambung)


    Memperbaiki mood 

    Salah satu manfaat pisang untuk wanita adalah kemampuannya dalam memperbaiki mood saat pms. Pisang mengandung vitamin B6 yang menjaga kadar glukosa darah dan mencegah perubahan suasana hati. Selain mengatur suasana hati, pisang mengandung tryptophan, asam amino yang dapat membantu menjaga daya ingat, meningkatkan kemampuan seseorang untuk belajar dan mengingat sesuatu.


    Menurunkan berat badan

    Wanita adalah makhluk yang lebih perhatian dengan penampilan mereka. Penting bagi wanita untuk memiliki berat badan yang ideal. Tentu semua orang sadar akan fakta bahwa pisang mampu membantu menurunkan berat badan kita.

    Pisang adalah buah pengganti yang baik untuk camilan berkalori tinggi dan akan memuaskan keinginan gula kamu. Satu pisang berukuran sedang memiliki sekitar 105 kalori. Mereka juga memiliki kromium yang merupakan mineral penting yang membantu tubuh membakar kalori ekstra, sehingga mereka juga dapat meningkatkan tingkat metabolisme.

    Karena pisang mengandung magnesium dalam jumlah tinggi, pisang dapat membantu kontraksi dan relaksasi otot. Hal ini membantu kamu membangun otot tanpa lemak yang sangat kuat dan sehat. Jadi, tambahkan pisang ke dalam diet olahraga kamu dan lihat hasilnya dalam waktu singkat. 


    (Baca Juga: Inilah 5 Menu Sarapan untuk Diet)


    Meredakan stres dan kecemasan

    Selain kandungan B9 yang meningkatkan suasana hati, pisang juga memiliki triptofan yang mampu meningkatkan serotonin. Serotonin mungkin merupakan bahan kimia otak yang paling penting karena merupakan anti-depresan alami dan dapat mengobati, kecemasan dan insomnia, serta masalah suasana hati lainnya seperti kelelahan, agitasi, kemarahan, dan agresi.

    Pisang juga memiliki norepinefrin, yang mengatur 'respons melawan atau lari' kita, yang membantu mengatur stres. Mereka adalah cara yang optimal, alami, makanan untuk mempromosikan suasana hati yang positif dan membantu mencegah depresi.


    Untuk wanita hamil

    Pisang baik untuk dikonsumsi bagi wanita hamil. Sumber vitamin yang penting, terutama antioksidan dan B6 yang sangat penting untuk kerja dalam sistem kekebalan tubuh bersama dengan proses metabolisme lainnya dalam tubuh kamu. B6 baik untuk pertumbuhan otak dan sangat disarankan agar wanita meningkatkan konsumsinya selama kehamilan.

    Mikronutrien dan vitamin pada buah pisang dapat membantu mengatasi morning sickness. B6 efektif dalam perkembangan otak bayi dan sistem saraf lengkap pada wanita.


    Kanker

    Investigasi laboratorium menyatakan bahwa protein yang ada pada pisang dapat membantu mencegah sel leukemia tumbuh. Lektin bertindak sebagai antioksidan yang mampu membantu tubuh menghilangkan molekul yang dikenal sebagai radikal bebas. Jika terlalu banyak radikal bebas menumpuk, kerusakan sel dapat terjadi sehingga berpotensi menyebabkan kanker.


    Ternyata cukup banyak manfaat pisang untuk wanita. Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsi satu pisang setiap hari, ya. 


    (Penulis: Putri Raiza)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below