Cara Mengatasi Sembelit


  • Cara Mengatasi Sembelit
    Inilah beberapa cara untuk mengatasi kondisi sembelit yang tidak nyaman (Foto:Dok.polina/pexels)

    Konstipasi atau sembelit adalah gangguan pencernaan yang diakibatkan karena penurunan kerja usus sehingga BAB menjadi tidak teratur, yaitu kurang dari 3 kali dalam seminggu. Tanda dan gejala sembelit cukup beragam. Namun, orang yang mengalami konstipasi umumnya mengalami gejala seperti, susah buang air besar, feses keras atau kering, sakit perut, perut terasa kencang, bahkan berdarah saat BAB, sehingga penting untuk mengetahui cara mengatasi sembelit.


    Sembelit sering kita anggap enteng, padahal jika tidak segera diatasi kondisi ini bisa menyebabkan masalah yang lebih serius. Kondisi ini dapat disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, kurangnya asupan air dan serat, stres juga dapat mempengaruhi cara kerja sistem pencernaan. Konstipasi bisa terjadi kepada siapa pun dan kapan pun. Perut yang kencang dan sakit tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, berikut ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi sembelit. 




    (Baca Juga: Manfaat Pisang Untuk Wanita)


    Minum air putih

    cara mengatasi sembelit(Minumlah air yang banyak setiap hari. Foto:Dok.daria/pexels)


    Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh adalah salah satu penyebab umum sembelit. Tubuh kamu membutuhkan cairan yang banyak. Minum air putih seringkali diremehkan padahal itu merupakan salah satu solusi terbaik dan termudah untuk mengatasi sembelit dengan minum 6-8 gelas air setiap hari.


    Makan makanan tinggi serat

    Selain minum air yang banyak, untuk mengatasi sembelit kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang tinggi serat. Makanan berserat dapat berkontribusi pada sistem pencernaan yang sehat serta penurunan berat badan. Makanan kaya serat seringkali mengandung serat larut dan tidak larut.

    Makanan seperti oatmeal, biji-bijian, buah, kacang-kacangan, dedak, dan sayuran menyediakan sumber serat yang dapat mencegah feses keras dan menjadi obat pencahar alami mengatasi sembelit. Pilihan makanan memiliki dampak yang kuat pada sembelit. Asupan serat dipercaya dapat merangsang pergerakan usus.

    Suplemen serat juga dapat membantu meningkatkan asupan serat tanpa harus makan dalam jumlah berlebihan. Suplemen serat tersedia dalam bentuk kapsul atau bubuk yang dapat ditambahkan ke dalam air dan dikonsumsi sesuai petunjuk.


    Buah-buahan

    cara mengatasi sembelit(Buah kismis dapat menjadi obat alami dalam mengatasi sembelit. Foto:Dok.anthony/pexels)


    Buah-buahan adalah sumber nutrisi yang baik. Ini bisa jadi salah satu cara mengatasi sembelit yang tidak nyaman. Buah kismis diketahui mengandung asam tartarat dan memiliki kandungan serat yang tinggi. Karena efek pencahar yang dimiliki oleh kismis, buah ini dapat bertindak sebagai obat yang cepat mengatasi sembelit.

    Selain kismis, buah pisang yang sudah matang diketahui mampu menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi sembelit dengan segera. Pisang adalah sumber serat yang baik dan meningkatkan pencernaan juga. Kamu bisa memakan buah-buahan ini dengan yogurt, oatmeal, dan lainnya.


    (Baca Juga: Inilah 12 Situs Belanja Sayur & Buah Online Saat #dirumahaja)


    Jangan menunda BAB

    Banyak orang yang sering menunda BAB, mungkin karena malas bergerak ataupun malas ke toilet. Padahal, BAB yang sering ditunda itulah yang menyebabkan perut sembelit. Ketika kamu sudah mulai merasakan panggilan untuk BAB, jangan menundanya. Jangan abaikan ketika tubuh mengirimkan sinyal untuk BAB. Kamu harus langsung ke toilet dan BAB. Dengan cara ini bisa meringankan gejala sembelit yang kamu alami. 


    Banyak bergerak

    cara mengatasi sembelit

    (Foto:Dok.anna/pexels)

    Cara mengatasi sembelit yang selanjutnya adalah dengan banyak bergerak. Jika kamu sedang sibuk di kantor atau banyak tugas disekolah, coba luangkan sedikit waktu untuk bergerak. Segala jenis aktivitas fisik baik itu berlari, berjalan atau berenang dapat merangsang fungsi usus kamu.

    Hal ini mengurangi waktu yang dibutuhkan makanan untuk bergerak melalui usus sehingga memungkinkan tinja tetap lembab. Jika kamu punya waktu lebih, olahraga dengan teratur juga dapat membantu menjaga pergerakan usus yang sehat dan mendorong usus agar tinja bergerak.

    Memang, kondisi perut yang kencang dan sakit terkadang membuat olahraga jadi sulit. Maka dari itu kamu bisa mencoba yoga yang lebih santai. Gerakan tubuh saat yoga dapat menekan usus sehingga feses mengendur di usus besar. 


    Minum kopi 

    Kafein dalam kopi dapat mengatasi sembelit. Kandungan kafein menyebabkan otot-otot di usus berkontraksi. Stimulasi ini dapat menggerakkan feses. Meskipun kopi berkafein dapat membantu buang air besar, kopi juga dapat menyebabkan dehidrasi. Maka dari itu, kamu harus tetap memastikan untuk minum air yang cukup. 


    Itulah beberapa cara mengatasi sembelit yang bisa kamu coba. Semoga berhasil, ya!


    (Penulis: Putri Raiza) 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below