Cara Membuat 'Infused Water' Agar Minum Air Lebih Segar


  • Cara Membuat 'Infused Water' Agar Minum Air Lebih Segar
    Ingin minum air putih segar ala infused water? Simak beberapa cara membuat infused water dan ide kombinasinya. (Foto: Dok/Pixabay/Pexels.com)


    Minum air putih lebih banyak dan lebih teratur barangkali menjadi salah satu resolusi kamu tahun ini. Namun tak sedikit orang yang masih malas minum air putih karena rasanya yang tawar dan membosankan. Padahal dengan sedikit usaha, kamu bisa kok membuat kebiasaan minum air putih menjadi lebih menyenangkan. Caranya dengan membuat infused water, atau air putih yang dicampur potongan buah atau sayuran. 

    Tidak seperti yang kamu yakini selama ini, infused water memang tidak hanya bisa dibuat dengan mengandalkan air putih dan irisan lemon. Kamu bisa membuat infused water dengan mencampur berbagai buah, sayuran, daun aromatik, rempah, bahkan bunga yang bisa dimakan.



    Namun jika bunga dianggap terlalu ekstrim, coba saja dulu dengan buah dan sayuran. Nah, berikut cara membuat infused water agar air putih jadi lebih enak diminum.

    (Baca juga: After Party Seru tanpa Minuman Beralkohol)


    Bahan-bahan untuk membuat infused water:

    • Buah: berries (yang segar ataupun beku), melon, buah-buahan tropis (mangga, nanas, rambutan, belimbing, salak, lengkeng, jambu air, jeruk, dan lain-lain), apel, atau pir.

    • Sayuran: mentimun, tomat, seledri, wortel, adas.

    • Daun aromatik: rosemary, timi, mint, basil, ketumbar, peterseli.

    • Rempah: kayu manis, jahe segar, cengkeh, biji vanila, atau kapulaga.


    (Cara membuat infused water ini sangat mudah, resolusi tahun baru kamu pasti tercapai! Foto: Dok/myweightlossfun)


    Cara membuat infused water:

    1. Gunakan botol kaca atau toples yang besar. Cuci buah atau sayuran yang akan dipakai. Kamu bisa mengupas kulitnya atau tidak.

    2. Kalau ada, pilih buah atau sayur organik. Namun cara membuat infused water yang terutama perlu diketahui, hindari buah yang sudah memar atau terlalu matanh, atau daun aromatik yang sudah tidak segar.

    3. Tambahkan buah, daun aromatik, rempah, atau apa saja yang kamu suka ke dalam botol berisi air dingin. Atau, masukkan buahnya lebih dulu lalu isi dengan air. Iris buah tipis-tipis atau berbentuk kubus karena citarasanya akan tercampur lebih cepat.

    4. Diamkan air selama beberapa jam di suhu ruangan untuk memberi waktu citarasanya tercampur dengan air. Semakin lama didiamkan, semakin baik citarasanya. Ada buah dan daun aromatik tertentu yang akan ter-infuse lebih cepat daripada yang lain. Misalnya, jeruk. Daun aromatik butuh waktu lebih lama. Buah-buahan berries butuh waktu beberapa jam dan akan melepaskan warnanya ke air. Oya, kalau kamu tidak langsung meminumnya, ada baiknya didiamkan di lemari es saja.

    5. Refill bila perlu. Sekarang kamu bisa menikmati beraroma buah dan sayur yang segar. Kamu bisa mengisi airnya beberapa kali lagi kalau kamu mau, tetapi tentunya citarasa buah atau sayurnya tidak akan sekuat sebelumnya.


    Ide kombinasi infused water:

    1. Beberapa buah blueberry, irisan lemon, dan segenggam daun mint.

    2. Irisan nanas, mentimun, dan segenggam daun mint.

    3. Irisan buah kiwi dan beberapa buah blackberry.

    4. Irisan jeruk dan daun ketumbar. Kalau tidak ada daun ketumbar, gunakan daun mint atau daun basil.Jadi, cara membuat infused water ini tergantung kreativitas kamu juga.

    5. Potongan dadu apel hijau, raspberry, dan daun rosemary.

    6. Potongan dadu melon dan segenggam daun basil.

    7. Irisan beberapa buah limau dan irisan tipis jahe segar.

    8. Segenggam blueberry segar, irisan mentimun, dan segenggam daun basil.

    9. Potongan dadu mangga mengkal, irisan nanas, dan segenggam daun mint.

    10. Apel hijau atau apel merah dan beberapa batang kayu manis.

    11. Irisan jeruk, kapulaga, kayu manis, dan cengkeh.

    12. Secangkir potongan strawberry, segenggam daun basil, dan vanila batang (buang bijinya).


    (Botol bisa di-refill jika airnya habis. Foto: DokGreenblender)

    Mengingat cara membuat infused water yang begitu mudah, resolusi tahun 2019 kamu pasti akan tercapai!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below