Mengulik 7 Manfaat 'Infused Water' Untuk Kesehatan Tubuh


  • Mengulik 7 Manfaat 'Infused Water' Untuk Kesehatan Tubuh
    Infused water atau biasa juga dikenal dengan detox water dibuat dari air mineral yang dipadu dengan potongan buah. Kenali manfaat baiknya. (Foto: Dok/Pexels.com)


    Dalam beberapa waktu terakhir, bisa jadi kamu kerap melihat irisan buah yang direndam dalam air minum, terutama lemon. Infused water, demikian sebutan populernya, naik daun sebagai salah satu minuman pelengkap gaya hidup. Namun, sebenarnya lebih dari sekadar itu, infused water juga mengusung beberapa manfaat buat kesehatan tubuh.

    Di antaranya infused water dapat diandalkan sebagai minuman yang baik buat detoks atau membuang racun dalam tubuh, sebagai salah satu upaya menurunkan berat badan, mencegah penuaan dini, dan juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.



    Dalam keseharian, infused water pun kini beragam. Kamu bisa membuat campuran air dengan lemon dan timun, stroberi, nanas, semangka, atau lemon dan madu. Selain buah-buahan segar, ada juga yang mencampurkannya dengan sayur, herbal atau rempah-rempah. Pilihan tersebut dapat disesuaikan dengan apa yang disukai.

    (Baca juga: Cara Membuat Infused Water Agar Minum Air Lebih Segar) 


    Sebelum membuatnya, kenali lebih jauh beberapa manfaat infused water yang bisa kamu peroleh untuk kesehatan tubuh, berikut ini.

    1. Detoks, membuang racun dalam tubuh

    Potongan buah atau lemon yang dimasukkan dan dikonsumsi bersama air mineral diyakini dapat menjadi sarana detoks yang baik buat tubuh. Ini beranjak dari pemahaman bahwa racun bisa menumpuk dalam tubuh, dan dengan konsumsi makanan atau minuman sehat, racun ini bisa dihilangkan. Meski tak sepenuhnya benar, tapi jika minum infused water dan air yang cukup tubuh akan sehat karena organ tubuh bekerja optimal.


    2. Menurunkan berat badan

    Benarkah demikian? Buat kamu yang sedang program diet, infused water bisa jadi masuk dalam program asupan. Meski belum ada penelitian medis yang membuktikan infused water bisa menurunkan berat badan, tapi dengan banyak konsumsi air putih, kamu akan lebih cepat merasa kenyang. Dengan demikian, porsi makanan kamu pun dapat dikurangi. Di samping itu, air dapat mendorong laju metabolisme sehingga tubuh akan membakar kalori lebih banyak. Oleh karenanya, infused water sebagai alternatif dapat jadi andalan dalam upaya mendapatkan berat badan ideal.

    (Infused water. Foto: Dok/Pexels.com) 


    3. Mencegah penuaan

    AIr mineral yang dicampur buah mengandung antioksidan tinggi yang dianggap berguna menangkal radikal bebas, dan oleh karenanya diyakini mampu melawan efek penuaan dini. Dalam hal ini, mencegah terjadinya penuaan pada kulit, seperti flek hitam pada wajah, garis-garis halus, pori-pori yang membesar, wajah yang terasa kasar, dan kulit mengendur. Konsumsi infused water bisa jadi andalan, tapi tetap dibarengi dengan konsumsi makanan sehat, buah dan sayur-sayuran juga.


    (Baca Juga: Jamu Empon-Empon: Manfaat Dan Cara Membuat)


    4. Cara sehat minum vitamin

    Dengan campuran buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin, infused water kemudian bisa jadi cara sehat dan mudah dalam konsumsi vitamin. Karena setiap buah dan sayur mengandung vitamin yang akan keluar dan larut di dalam air yang diminum. Ini juga diyakini lebih baik dibandingkan mengonsumsi minuman ringan yang diklaim bervitamin tapi mengandung gula tambahan. Benar bukan? Jadi, infused water bisa jadi pilihan sebagai cara sehat dalam mengonsumsi atau minum vitamin.


    5. Membantu melancarkan sistem pencernaan

    Minum infused water dapat membantu metabolisme dan melancarkan organ pencernaan. Karena, lagi-lagi asupan air putih yang cukup dapat membuat kerja organ tubuh dan pencernaan menjadi lebih optimal. Disamping itu, air lemon diyakini bersifat diuretik alami yang membantu menghilangkan racun dan merangsang produksi urin. Dengan demikian, infused water dapat dikatakan membantu melancarkan sistem pencernaan tubuh.


    6. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Di tengah kondisi pandemi virus corona saat ini, minum infused water sangat dianjurkan. Karena mengonsumsi campuran air mineral dan lemon dengan rutin misalnya dapat merangsang kerja organ ginjal dan hati lebih optimal dalam membuang kotoran dalam tubuh. Ini pada akhirnya akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.


    (Baca Juga: Deretan Makanan Dan Minuman Yang Bisa Menyehatkan Paru-Paru)


    7. Menambah energi

    Jika kamu kerap merasa lemas seharian dan mood yang jelek, bisa jadi kamu kurang minum. Infused water sebagai alternatif air putih, bisa jadi pilihan kamu untuk menambah energi dan juga membuat mood kamu kembali baik. Karena, bagaimanapun kurang asupan air dalam tubuh dapat memengaruhi kondisi tubuh dan juga mood. Selain rendah kalori, infused water mengandung banyak vitamin yang membut tubuh jadi lebih berenergi.


    Dengan sejumlah manfaat yang diusungnya, infused water dapat jadi andalan kamu dalam menjaga kesehatan tubuh. Cara buatnya pun gampang, dan bisa dikreasi di rumah sehingga lebih mudah untuk dilakukan. Kenapa tidak memulainya?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below