Manfaat Jus Kale Bagi Kesehatan Tubuh


  • Manfaat Jus Kale Bagi Kesehatan Tubuh
    Beberapa manfaat jus kale bagi kesehatan tubuh kamu. (Foto:Dok.nicponwkuchni/Instagram)

    Kale salah satu makanan nabati paling sehat dan paling bergizi. Diperkaya dengan antioksidan, nutrisi anti inflamasi, dan juga nutrisi anti kanker semuanya berfungsi mempertahankan tubuh kita dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas yang tidak stabil.

    Pada umumnya, kale seringkali dijadikan hidangan pendamping di salad. Namun, apabila banyak cara untuk mengonsumsinya. Salah satunya adalah dengan membuat jus kale versi kamu sendiri di rumah. Mengingat bahwa jus hijau cenderung terasa pahit, kamu bisa meraciknya agar lebih lezat dengan menambahkan buah-buahan sehat, seperti, pisang, apel, jeruk, dan kiwi sebagai pemanis alami. Berikut beberapa manfaat jus Kale bagi kesehatan kamu.




    (Baca juga: Cara Membuat Detox Smoothies untuk Clean Eating)


    Dapat memperkuat tulang dan gigi


    (Foto:Dok.pixabay/pexels)

    Salah satu manfaat dari jus kale adalah memperkuat tulang dan gigi kamu. Jus kale kaya akan vitamin C dan kalsium yang merupakan dua nutrisi penting untuk kesehatan tulang. Asupan kalsium yang rendah dapat meningkatkan pengeroposan tulang seiring bertambahnya usia. Dilansir dari Healthline, vitamin C memperkuat tulang kamu dengan mendukung produksi kolagen, yaitu suatu proses yang diperlukan untuk menjaga tulang kamu tahan terhadap kerusakan dan juga membantu menghindari nyeri sendi yang terkait dengan kekurangan vitamin C. Seperempat cangkir jus kale meningkatkan asupan vitamin C kamu sebesar 84,5 miligram, lebih dari 100 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk wanita dan 94 persen untuk pria. Selain itu, terdapat 106 miligram kalsium yang berkontribusi 11 persen terhadap asupan harian yang direkomendasikan.


    Sumber vitamin C

    Kale memiliki sumber vitamin C yang lebih tinggi dari kebanyakan sayuran lainnya yang baik untuk tubuhmu. Vitamin C adalah antioksidan penting yang melayani banyak fungsi vital dalam sel-sel tubuh. Misalnya, diperlukan untuk sintesis kolagen dan protein struktural paling melimpah di tubuh.


    Menurunkan kolesterol


    (Foto:Dok.gustavo/pexels)

    Jus kale dapat menurunkan kolesterol sehingga mengurangi resiko penyakit jantung. Kale mengandung sekuestran asam empedu, yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dapat bermanfaat dalam penurunan risiko penyakit jantung.


    Sel darah sehat

    Vitamin A dan vitamin K yang berlimpah dalam jus kale mampu membantu fungsi sel darah merah kamu. Vitamin A dapat memandu perkembangan sel darah, dari sel induk darah yang belum matang di sumsum tulang menjadi sel darah yang matang dan berfungsi. Hal ini meningkatkan produksi sel darah merah yang mendukung sirkulasi oksigen yang sehat serta mendukung perkembangan sel darah putih yang dibutuhkan untuk sistem kekebalan yang kuat. Vitamin K berfungsi mengontrol trombosit dan membantu memastikan bahwa mereka dapat berkumpul dan membentuk gumpalan darah.


    Kesehatan mata


    (Foto:Dok.skitterphoto/pexels)

    Manfaat lainnya adalah jus kale dapat meningkatkan kesehatan mata kamu. Ini karena kale mengandung banyak karotenoid yang sama seperti wortel. Nutrisi ini dapat digunakan tubuh untuk membuat vitamin A yang merupakan nutrisi terpenting untuk kesehatan mata. Selain itu, karotenoid lutein juga telah terbukti meningkatkan tingkat energi dan berpotensi membantu menghilangkan lemak dan menekan nafsu makan. Studi menunjukkan bahwa satu porsi jus kale memberi kamu setengah dari asupan harian yang dibutuhkan oleh tubuh baik lutein dan zeaksantin.


    Zat penangkal kanker

    Kanker adalah penyakit mengerikan yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Kale mengandung beberapa zat yang memiliki efek perlindungan terhadap kanker. Salah satunya adalah sulforaphane, zat yang telah terbukti membantu melawan pembentukan kanker pada tingkat molekuler dan juga indole-3-carbinol, zat lain yang diyakini membantu mencegah kanker. Antioksidan dalam kale juga bermanfaat dalam membantu penuaan dan kanker.


    Menurunkan berat badan


    (Foto:Dok.ketut/pexels)

    Kale memiliki beberapa khasiat yang dapat menurunkan berat badan. Meski sangat rendah kalori, tetapi kale masih bisa memberikan jumlah yang signifikan yang akan membantu kamu merasa kenyang. Kale juga mengandung protein dan serat. Ini adalah dua nutrisi terpenting untuk menurunkan berat badan. Selain itu, banyak orang juga menambahkan kale ke smoothie mereka untuk meningkatkan nilai gizi.


    Itulah berbagai manfaat jus kale bagi kesehatan tubuh kamu.


    (Penulis: Putri Raiza)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Sabai Dieter Mei 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below