Manfaat Jalan Kaki Untuk Diet


  • Manfaat Jalan Kaki Untuk Diet
    Jalan kaki memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuhmu secara menyeluruh. (Foto:Dok.ketut/pexels)

    Tubuh yang sehat dan bugar adalah idaman semua orang. Pola diet yang sehat dan rutin berolahraga adalah kunci untuk mencapai berat badan yang ideal. Kamu tidak perlu melakukan cardio atau olahraga yang berat-berat, cukup dengan berjalan kaki yang mudah dan juga praktis. Jalan kaki memiliki segudang manfaat untuk kamu yang sedang diet dan juga untuk kesehatan tubuhmu secara menyeluruh. Mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk simak ulasan berikut.


    Menjaga kesehatan sendi

    Jalan kaki adalah salah satu bentuk olahraga yang mudah dan praktis. Salah satu manfaat dari jalan kaki ketika kamu sedang diet selain meningkatkan kesehatan, jalan kaki juga dapat menguatkan dan mengencangkan otot-otot paha dan betis. Berjalan kaki bisa membantu meningkatkan gerak dan mobilitas sehingga melancarkan aliran darah ke area yang tegang dan menmperkuat otot-otot disekitar persendian. Penelitian juga menunjukkan bahwa berjalan kaki setidaknya 10 menit sehari bisa mencegah terjadinya radang sendi.

    Menurunkan berat badan

    Tubuh kamu membutuhkan energi kalori untuk bergerak, bernafas, berpikir, dan berfungsi secara normal. Kebutuhan kalori harian setiap orang itu berbeda tergantung dengan berat badan, jenis kelamin, dan tingkat aktivitasnya. Jalan kaki bisa membantu kamu menurunkan berat badan karena ketika kita berjalan kaki, seluruh tubuh kita ikut bergerak. Berjalan kaki selama 30 menit bisa membakar sekitar 90-200 kalori. Jalan kaki merupakan pilihan yang tepat untuk mengendalikan berat badan kamu saat diet.


    Membakar lemak perut

    Lemak di bagian tengah tubuh bisa meningkatkan resiko penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Salah satu cara paling efektif untuk mengurangi lemak perut adalah dengan rutin berolahraga. Salah satunya bisa dengan berjalan kaki yang mudah dan praktis. Jalan kaki juga baik untuk menjaga kesehatan otak, memperkuat tulang, dan meningkatkan kesehatan jantung.

    Menjaga berat badan

    Olahraga yang teratur memainkan peran penting dalam membantu kamu mempertahankan penurunan berat badan. Jalan kaki tidak hanya membantu meningkatkan jumlah energi yang kamu bakar dari hari ke hari, tetapi juga membantu kamu membangun lebih banyak otot tanpa lemak sehingga kamu membakar lebih banyak kalori, bahkan saat istirahat. Memasukkan lebih banyak olahraga jalan kaki ke dalam keseharian kamu dapat membantu dan berkontribusi terhadap berat badan yang ideal.

    Menenangkan diri
    Berjalan kaki bisa menjadi momen relaksasi, walaupun kamu berjalan di jalanan yang ramai. Kamu bisa berjalan sambil mendengarkan musik favorit kamu. Jalan kaki melepaskan endorfin penghilang rasa sakit alami ke tubuh - salah satu manfaat emosional dari olahraga. Berdasarkan sebuah penelitian di California State University, Long Beach, menunjukkan bahwa semakin banyak langkah yang diambil orang sepanjang hari, maka akan semakin baik pula suasana hati mereka. Selain itu, jalan kaki dapat memperbaiki mood dan membuat kita lebih berenergi.

    Membantu mempertahankan otot ramping

    Ketika orang mengurangi kalori dan menurunkan berat badan, mereka sering kehilangan sebagian otot selain lemak tubuh. Ini bisa menjadi kontraproduktif, karena otot lebih aktif secara metabolik daripada lemak. Olahraga, termasuk berjalan, dapat membantu melawan efek ini dengan mempertahankan otot tanpa lemak saat kamu menurunkan berat badan. Jalan kaki membuat hasil produktivitas kamu dari berolahraga lebih mudah dipertahankan.

    (Penulis: Putri Raiza)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Sabai Dieter Mei 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below