13 Area dan Taman di Jakarta yang Nyaman untuk Olahraga


  • 13 Area dan Taman di Jakarta yang Nyaman untuk Olahraga
    Kini tak ada alasan lagi untuk bingung mencari tempat olahraga yang luas dan nyaman di Jakarta. (Foto: Dok. Pexels.com)


    Meski tinggal di Jakarta, kadang kita suka tak tahu bahwa ada banyak taman indah dan nyaman yang bisa digunakan untuk olahraga selain Taman Menteng, Taman Suropati, dan Taman Monas. Oleh sebab itu, kali ini Her World beritahu taman mana saja yang cocok untuk kamu! Berikut list nya mulai dari yang familiar sampai yang mungkin kamu baru tahu. Here you go!

    (Baca juga: 5 Taman Kota Pilihan untuk Akhir Pekan)



    1. Taman Tabebuya


    (Sumber gambar: Dok. https://limakaki.com)


    Terletak di Jl. Moh. Kahfi I, Jagakarsa, taman ini punya jogging track yang bisa dipakai untuk lari dan jalan santai beberapa putaran. Areanya pun cukup luas sehingga di hari Minggu banyak pula yang suka main badminton atau bahkan yoga di sini. Di tengah taman, ada danau buatan yang dihiasi oleh teratai hijau yang cantik juga, lho. Nah, kenapa namanya Tabebuya? Karena taman ini ditumbuhi oleh sekumpulan pohon Tabebuya asal Brasil yang ketika berbunga, kembangnya sangat mirip dengan bunga Sakura. Ingat ketika beberapa waktu lalu kota Surabaya dihujani oleh kelopak sakura yang berguguran? That's the Tabebuya's leafs. Cantik, kan?


    2. Taman Lapangan Banteng


    (Sumber gambar: Dok. www.jakartatraveller.com)


    Baru saja dibuka kembali pada Juli 2018 silam, direvitalisasi, dan diperindah, kini area Lapangan Banteng berubah jadi tempat bersejarah super luas yang bisa digunakan untuk berolahraga. Bagaimana tidak, tersedia fasilitas olahraga lengkap seperti lapangan bola, lapangan basket, lapangan voli, sampai jalur lari siap pakai yang bisa kamu gunakan kapan pun kamu mau. Tak hanya itu, wilayah yang direnovasi dan diarsiteki oleh Yori Antar setelah keberhasilannya merombak Kalijodo ini nyatanya bisa dipakai untuk piknik dan jajan pagi. Banyak pilihan jajanan di sekitarnya, lho! Dijamin bakal bikin gagal fokus.


    3. Taman Cattleya


    (Sumber gambar: Dok. https://tempatwisataseru.com)

    Berlokasi di wilayah Tomang, siapa sangka kalau taman ini memiliki luas tiga hektar. Ditumbuhi oleh bermacam tumbuhan rindang yang membuat suasananya menjadi asri, taman yang biasa disebut Taman Tomang ini juga memiliki danau buatan, sungai, dan jembatan cantik yang menambah nilai estetikanya. Di sini tentu kamu bisa lari pagi di trek yang telah disediakan, aerobik, yoga, atau bahkan piknik bersama keluarga. Tapi ingat, kebersihan harus tetap dijaga, ya


    4. Area Banjir Kanal Timur (BKT)


    (Sumber gambar: Dok. https://diaryofalfarabi.files.wordpress.com)


    Sejak dirapikan dan dipercantik tampilannya, area sepanjang Banjir Kanal Timur selalu dipakai untuk rekreasi dan olahraga oleh masyarakat setempat. Bentuknya yang memanjang mengikuti garis sungai dan deretan pohon rindang yang menghiasi pinggiran BKT kerap jadi daya tarik bagi penggemar olahraga untuk menggunakannya. So, bukan pemandangan aneh jika di pagi atau sore hari kerap terlihat sekumpulan lansia melakukan gerak jalan, atau anak-anak muda berlari di wilayah beralaskan konblok tersebut. 


    5. Kawasan Mega Kuningan


    (Sumber gambar: Dok. http://src.ipapa.co.id)

    Secara harfiah, bentuknya memang bukan taman. Namun, trotoar yang mengelilingi kawasan bisnis Mega Kuningan ini sering digunakan oleh para karyawan sekitar untuk lari pagi atau sore. Perhatikan, deh kalau sedang lewat di sana antara pukul 08.00 dan 16.00. Pasti kamu akan menemukannya. Lebih menyenangkannya lagi, jika kamu lelah tinggal mampir untuk beli cold pressed juice segar, kopi, atau salad yang ada di Oakwood. Serasa seperti di Singapura, lho (selain asap kendaraan dan polusi suara tentunya).


    6. Taman Langsat


    (Sumber gambar: Dok. www.jejakpiknik.com)


    Well, untuk yang belum tahu, pasti info ini cukup mengejutkan. Kenapa? Pasalnya taman ini berada di tengah kota Jakarta, sering dilewati, namun tak disadari karena letaknya yang tersembunyi. Ya, ia ada di dekat pasar burung Barito. Berawal dari tempat penampungan bibit, tanaman seluas 3,5 hektar ini kemudian beralih fungsi jadi taman kota. Fasilitas olahraganya pun cukup lengkap. Mulai dari jogging track sampai lapangan tenis semua bisa kamu temukan di sini. Tersedia juga outdoor gym yang bisa dipakai sepuasnya oleh siapa saja. Bahkan pada waktu-waktu tertentu, di taman ini sering diadakan acara musik, teater, seminar, sampai kumpul-kumpul komunitas.



    (Sumber Gambar: Dok. www.jejakpiknik.com)

    Tapi usut punya usut, taman ini terkenal angker jika dimasuki pada sore menjelang malam dan juga malam hari. Jadi, saran Her World pagi saja ya ke sini nya. Ajak teman atau keluarga dan jangan jalan atau lari terlalu jauh sampai ke dalam. Kabarnya sih area ini akan segera direvitalisasi karena terlalu sepi pengunjung. Semoga jadi terleksana!


    7. Taman Ayodya


    (Sumber gambar: Dok. www.jejakpiknik.com)


    Terletak dekat dengan Taman Langsat, Taman Ayodya berlokasi di ujung Jl. Barito yang menuju ke arah Blok M. Taman ini masih jadi taman favorit hingga kini untuk sebagian orang karena letaknya yang strategis dan air mancurnya yang cantik. Oleh sebab itu, berolahraga di sini jadi tak terasa terlalu melelahkan karena pemandangannya juga indah. Love!


    8. Taman Jogging Summarecon II


    (Sumber gambar: Dok. www.beritasatu.com)

    Dibuka sejak pukul 5.30 pagi hingga 22.00 malam, taman ini merupakan salah satu taman baru yang didesain kekinian khusus untuk berolahraga. Ada jogging track yang mumpuni, alat-alat fitness, area bermain anak, bangku taman, pijakan berbatu untuk melakukan refleksi kaki, bahkan toilet umum yang terinstalasi dengan baik.



    (Sumber gambar: Dok. https://iamrendy.wordpress.com)

    Walau tak seluas Taman Jogging Summarecon I yang sudah lebih dulu dikenal warga, namun berolahraga di sini jauh lebih nyaman karena pengunjungnya tak terlalu banyak sehingga tak perlu berdesakan satu sama lain. Sangat reccomended!


    9. Taman Hutan Tebet


    (Sumber gambar: Dok. https://4.bp.blogspot.com)

    Sesuai namanya, taman ini berada di kawasan Tebet Jakarta Selatan. Dibangun sejak tahun 1960, taman ini dulu sempat disebut Taman Honda oleh masyarakat setempat. Punya jogging track, pepohonan lebat, fasilitas gym, dan area olahraga yang luas, taman ini juga menyediakan lapangan bulutangkis dan area rekreasi keluarga. Jadi untuk kamu yang tinggal di area ini, tak usah jauh-jauh pergi ke taman yang sulit dijangkau kalau hanya ingin sekedar menggerakkan badan. Di sini saja! Semua fasilitasnya gratis, kok. Tinggal pakai dan siap-siaplah berkeringat.


    10. Tribeca Park


    (Sumber gambar: Dok. www.easybook.com)


    Untuk yang ada di Jakarta Barat, tentu tak asing dengan taman super indah yang ada di Central Park ini. Bisa dipakai untuk olahraga seperti jalan cepat, lari, senam, atau yoga, suasana dan desain taman yang memeseona akan membuatmu tenggelam dalam serenity yang menyenangkan. Jika sudah selesai, mau langsung belanja atau pulang ke rumah pun bisa. Pilih mana kira-kira?


    11. Taman Spathodea


    (Sumber gambar: Dok. https://backpackerjakarta.com)


    Berlokasi di Jagakarsa, Jakarta Selatan, taman ini amat asri, bersih, dan terhitung luas. Ada danau kecil yang indah lengkap dengan jembatannya, fasilitas bermain anak mulai dari ayunan hingga perosotan, outdoor gym, toilet, bahkan tempat parkir yang tentunya akan memudahkan kamu yang datang dengan kendaraan.


    (Sumber gambar: Dok. https://backpackerjakarta.com)


    Bagi warga setempat, taman ini leih dikenal dengan sebutan Taman Miring karena kontur tanahnya memang miring-miring. Berundak-undak, tidak rata, ada yang rendah dan ada yang tinggi. Seru, kan? Bagus untuk kamu yang suka lari. Membakar kalori lebih banyak dan bagus untuk otot betis, lho.


    12. Taman Ragunan


    (Sumber gambar: Dok. http://bugaraga.com)


    Meski tak terlalu asing, tapi taman di dalam Kebun Binatang Ragunan ini sering terlupakan padahal ia sangat menyenangkan untuk dipakai olahraga. Luas sudah pasti, sejuk apalagi, lalu bisa sambil melihat-lihat binatang, mendengar suara burung, bahkan main wahana anak yang ada di sana. Kalau ke sini bersama keluarga atau teman, pasti mengasyikkan dan membuatmu betah berlama-lama. Urusan fasilitas, sih tak perlu di[ertanyakan. Komplit! Bisa membawa sepeda atau pun roller blade. Sehat bisa jadi menyenangkan juga, kan.


    13. Taman Waduk Pluit


    (Sumber gambar: Dok. www.jejakpiknik.com)


    Untuk yang berdomisili di Jakarta Utara, bisa dibilang Taman Waduk Pluit adalah yang terbaik saat ini. Setelah direnovasi, tampilannya berubah total jadi luar biasa bagus seperti di luar negeri. Dulunya, kawasan ini terkenal kumuh dan tak terawat. Terletak persisi di pinggir waduk, bantarannya tak jarang dipenuhi sampah sehingga aroma tak sedap menyeruak ke segala arah. Tak menyenangkan sama sekali.



    (Sumber gambar: Dok. www.jejakpiknik.com)


    Tapi kini, ia menjelma sebagai sebuah taman kota yang tertata apik dan manis bahkan memiliki lapangan basket yang juga bisa difungsikan sebagai lapangan bola oleh anak-anak setempat. Kalau sudah begini, kita sebagai warga harus peduli dengan kebersihannya. Jangan sampai kotor apalagi rusak. Fasilitas ini dibuat untuk kita semua, lho. Jadi hargai dan jaga baik-baik, ok. Selamat berolahraga!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below