Inilah Buah yang Bisa Atasi Dehidrasi Selama Puasa


  • Inilah Buah yang Bisa Atasi Dehidrasi Selama Puasa
    Deretan buah ini dipercaya bisa atasi dehidrasi selama puasa (Foto:Dok. (Dok. Karthika Ambattu/Unsplash)

    Selama puasa pastinya rasa dehidrasi akan terus muncul dan membuatmu haus hingga lemas. Perlu kamu ketahui, bahwa dehidrasi merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan cairan yang tidak dapat berfungsi secara normal. Dampaknya bisa membuat kesehatanmu menurun, seperti denyut jantung tidak normal dan demam.

    Salah satu pencegahan untuk mengatasi dehidrasi adalah banyak mengonsumsi air putih dan makanan dengan kadar air yang tinggi seperti buah-buahan. Beberapa buah memiliki kandungan serat yang tinggi, karbohidrat kompleks, asam amino hingga vitamin dan mineral.

    Oleh karena itu, ada beberapa pilihan buah yang bisa mengatasi dehidrasi selama puasa agar kamu bisa menjalankan aktivitas dengan maksimal. Berikut buah yang bisa atasi dehidrasi selama puasa, yuk, simak ulasannya.




    (Baca Juga: Penyebab Karang Gigi Paling Umum Terjadi)


    Semangka

    Buah semangka memiliki kadar air yang tinggi sehingga dapat mencegah dehidrasimiu selama bulan puasa (Dok. Unsplash)

    Tak heran jika buah semangka dapat menyegarkan hingga memanjakan lidah. Buah ini memiliki kandungan kalori sekitar 92 persen air dan juga memiliki beragam nutrisi lainnya seperti vitamin A dan C, mangan hingga antioksidan yang baik bagi tubuh. Selain menghilangkan dehidrasi, semangka juga bermanfaat untuk mencegah efek radikal bebas, meningkatkan kesehatan jantung hingga kanker.


    (Baca Juga: Hal-hal yang Membatalkan Puasa Selama Bulan Suci Ramadan)


    Belimbing

    Mirip seperti semangka, buah belimbing memiliki kandungan dengan kadar air sekitar 91 persen, vitamin C hingga berbagai antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, perlu kamu ketahui bahwa buah ini disarankan untuk tidak dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit ginjal karena belimbing memiliki kandungan asam oksalat yang cukup tinggi.


    Stroberi

    Buah stroberi dapat membuat dehidrasimu hilang dari hasil kadar air yang dikandung pada buah ini (Dok. Unsplash)

    Siapa yang menyangka bahwa strawberry jadi salah satu buah yang bisa mengatasi dehidrasi? yap, buah stroberi dapat membuat dehidrasimu semakin berkurang. Hal ini dikarenakan bahwa stroberi memiliki kandungan air yang tinggi. Tak hanya stroberi, buah beri lainnya seperti bluberi juga memiliki kadar air yang cukup tinggi. Maka dari itu, kamu bisa mengonsumsinya secara rutin untuk meningkatkan kadar cairan di dalam tubuhmu.


    Melon

    Melon dikenal dengan buah yang memiliki kadar air yang tinggi, serat hingga beragam nutrisi lainnya seperti vitamin A, folat, vitamin C, kalium, protein hingga antioksidan sehingga buah ini sangat bermanfaat dalam mencukupi kebutuhan cairan tubuh, hingga meningkatkan penglihatan.


    Jeruk Bali Merah

    Jeruk bali merah merupakan salah satu jenis buah sitrus yang memiliki kandungan air, serat hingga antioksidan sehingga dehidrasi kamu akan berkurang dengan mengonsumsinya. Selain menghilangkan dehidrasi, buah ini juga dapat mengurangi risiko terjadinya diabetes tipe 2, jantung dan juga kanker.


    Nah, maka dari itu kamu dapat mengonsumsi berbagai jenis buah di atas untuk mengatasi dehidrasi selama puasa. Selamat mencoba!


    (Penulis: Sania Zelikha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Marsha Timothy April 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below