4 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Mudah Batal Puasa


  • 4 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Mudah Batal Puasa
    Inilah cara menjaga diri agar tidak mudah batal puasa (Foto:Dok.Rodnae/Pexels)


    Bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling dinanti oleh seluruh umat Islam dari berbagai negara. Di waktu ini juga mereka menjalani puasa yang mengharuskan diri menahan hawa nafsu, terutama makan dan minum selama satu bulan lamanya.

    Menjadi salah satu ibadah yang harus dijalani, puasa juga memiliki tata cara agar mendapatkan pahala dan jadi ibadah yang diridhoi-Nya. Bahkan, puasa juga memiliki deretan aturan yang patut dipatuhi agar tidak membatalkannya.



    Diantaranya adalah menahan diri untuk tidak makan dan minum di waktu berbuka, berhubungan seksual di waktu puasa, muntah, dan lainnya. Oleh sebabnya, penting untuk menjaga diri agar tidak mudah batal puasa. Bagaimana caranya? berikut deretannya.


    (Baca Juga: 10 Perawatan Kulit Kering Saat Puasa Agar Tetap Glowing!)


    1. Sahur dengan cukup


    (Makan sahur yang cukup bisa membantu menjaga diri dari batalnya puasa.Foto:Dok/Pexels)


    Sahur menjadi waktu yang dianjurkan untuk makan dan minum sebelum berpuasa kurang lebih 14 jam lamanya. Hal ini tentu beralasan agar kamu tidak mudah batal puasa karena lapar dan haus.

    Sehingga konsumsilah makanan dan minuman yang sehat dan bernutrisi seperti sayur, buah, karbohidrat dan protein saat sahur. Terutama bagi kamu yang akan menjalani banyak aktivitas dari pagi hingga malam.


    2. Olahraga yang cukup


    (Saat berpuasa, olahraga tidak boleh ditinggalkan.Foto:Dok/Pexels)


    Puasa bukanlah alasan untuk diri bermalas-malasan seharian di kasur. Bahkan sampai melupakan aktivitas olahraga rutin setiap hari.

    Padahal, berolahraga jadi salah satu cara agar tubuh terhindar dari penyakit yang bisa buat stamina turun dan sulit berpuasa. Oleh sebabnya, maksimalkan waktu untuk berolahraga, sebelum berbuka dan saat sahur.


    (Baca Juga: Aneka Olahan Kurma Untuk Menu Berbuka Puasa yang Menyehatkan)


    3. Menahan diri atau sabar


    (Bersabar manahan diri dari godaan saat berpuasa.Foto:Dok/Pexels)


    Sebagai salah satu ibadah umat muslim yang harus dijalani, namun bukan berarti umat beragama lain dilarang untuk mengikutinya. Sehingga, mungkin saat beraktivitas, berbagai godaan kerap datang menghampiri.

    Oleh sebabnya, cobalah untuk menahan diri dan bersabar. Dengan mengingat bahwa puasa adalah bagian dari ibadah, cara ini bisa membantumu untuk bertahan hingga waktu berbuka.


    4. Perbanyak aktivitas kebaikan


    (Lakukan kegiatan yang baik di bulan Ramadhan saat berpuasa.Foto:Dok/Pexels)


    Di bulan ramadan, segala aktivitas kebaikan yang dilakukan bisa jadi ladang pahala bagi umat muslim. Sehingga bulan itu, menjadi waktu yang tepat untuk berlomba-lomba melakukan hal-hal baik.

    Alasan ini cukup kuat untuk kamu menghindari kegiatan-kegiatan yang tidak penting. Dengan begitu, diri akan jadi lebih fokus mengerjakan aktivitas yang bermanfaat. 


    Itulah sejumlah cara yang bisa dilakukan agar tidak mudah batal puasa. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below