Inilah Cara Mencintai Diri Sendiri yang Patut Diketahui


  • Inilah Cara Mencintai Diri Sendiri yang Patut Diketahui
    Menerima segala kelebihan dan kekurangan dirimu, inilah cara mencintai diri sendiri versi Her World Indonesia. (Foto:Dok/Pexels)

    Cinta adalah sesuatu yang bisa kita pilih, sama seperti kita memilih kemarahan, kebencian, atau kesedihan. Hal ini juga termasuk dalam mencintai diri sendiri atau self-love. Setuju?

    Saat kamu belajar untuk mencintai diri sendiri, mungkin beberapa orang akan menilaimu sebagai orang yang egois, bahkan tidak peduli pada sekitar. Ini memang jadi tantangannya, namun bagaimanapun kamu harus bisa mulai menerima segala kelebihan tanpa merasa tinggi hati dan berlapang dada untuk merangkul semua kekurangan diri tanpa ditutupi.

    Dengan mencintai diri sendiri juga kamu akan merasakan manfaat yang baik bagi diri sendiri dan juga orang sekitar. Kamu dapat terbebas dari beban sosial, karena tidak akan membandingkan diri dengan kehidupan orang lain, dan kamu akan memiliki banyak waktu untuk mengurus diri sendiri, sehingga bisa menjadi lebih sehat dari segi fisik dan juga mental.

    Jika kamu ingin mencoba mengenali dirimu lebih dalam dan mencintainya, berikut cara mencintai diri sendiri versi Her World Indonesia.


    (Baca Juga: Body Positivity, Aku Mencintai Tubuhku, Apapun Kekurangannya)


    1. Menyediakan waktu untuk diri sendiri

    Walaupun sulit dilakukan, cobalah meluangkan waktu untuk melakukan hal yang kamu sukai meski hanya sebentar. Kamu bisa memilih untuk membaca buku, merawat kulit seperti memakai skincare, mendengarkan musik, atau apapun yang ingin kamu lakukan di sela kesibukan. Cara ini bisa membantumu lebih menghargai dan mencintai diri sendiri, sekaligus untuk meredakan stres akibat kepadatan aktivitas.


    2. Menyingkirkan pikiran negatif

    Tak hanya melepaskan emosi yang terpendam, kamu juga perlu menghilangkan pikiran-pikiran negatif. Terkadang, pikiran-pikiran negatif inilah yang membuatmu tersiksa dan kerap merendahkan dirimu sendiri. Sebaliknya, pikirkan hal-hal yang positif, seperti kekuatan yang kamu miliki, agar kamu menjadi lebih percaya diri dan mencintai dirimu. Kurangi untuk berpikiran negatif secara terus menerus karena itu sangat mengganggu dan tidak baik untuk kesehatan. Salah satu cara untuk mencintai diri sendiri adalah dengan berada di antara orang-orang yang positif dan menyayangimu. Dengan berkumpul dengan orang-orang yang positif, yang bisa membawa kamu kepada suasana dan kebiasaan yang positif. Hal ini bisa membuat dirimu jadi lebih baik. Sebaliknya, akhiri semua hubungan yang toxic yang justru merugikan.


    (Baca Juga: Cara Mengatasi Keinginan Menyakiti Diri Atau Self-Harm)


    3.  Menjaga kesehatan tubuh

    Mulailah mencintai diri sendiri dengan cara menjaga kesehatan fisik. Adapun cara sederhana yang bisa kamu lakukan adalah berolahraga, mengonsumsi makanan yang sehat, dan membiasakan diri tidur secara teratur dan cukup. Pastikan tidur selama 7-8 jam setiap malam, makan tiga kali sehari, dan berolahraga rutin, seperti jalan kaki, senam, yoga, atau bahkan merilekskan diri dengan meditasi.

    Ternyata self-love juga akan memotivasi dirimu untuk melakukan hal yang menyehatkan yang baik bagi tubuh dan mentalmu. (Foto:Dok.Pexels)

    4. Berusahalah untuk memaafkan diri sendiri untuk hal-hal yang lebih besar

    Terkadang kita menyimpan penyesalan atau pelanggaran yang lebih besar. Memaafkan diri sendiri adalah proses sedikit demi sedikit percaya bahwa kamu benar-benar melakukan yang terbaik yang kamu bisa. Lepaskan dirimu sedikit dan rangkul kemanusiaanmu. Kesalahan itu normal. Ketidaksempurnaan adalah bagian dari apa yang membuat kamu menjadi dirimu.


    (Baca Juga: Sariayu Ajak Perempuan Indonesia untuk Mencintai Diri)


    5. Ciptakan perubahan dalam hidupmu

    Sudah berdamai dan ingin memulai perubahan? Siapkan dirimu untuk jalani hari yang bahagia untukmu dan karenamu! (Foto:Dok.Pexels)

    Hanya karena sesuatu tersebut membuatmu bahagia, bukan bearti kamu harus tetap melakukannya selamanya. Kamu harus berani membuat perubahan yang berdampak baik untukmu. Lakukan kegiatan positif yang belum pernah kamu lakukan. Tinggalkan sesuatu yang membuatmu terkekang dan jalani hidup dengan semestinya.


    (Penulis : Kandela Cikal)

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles