Sex & relationship

Kenali Istilah Pocketing dan 5 Cirinya dalam Sebuah Hubungan

By : Her World Indonesia - 2024-04-22 21:00:01 Kenali Istilah Pocketing dan 5 Cirinya dalam Sebuah Hubungan

Ada banyak istilah hubungan romantis saat ini. Mulai dari curving, haunting, sampai ghosting, dan yang terbaru adalah istilah pocketing. Istilah ini hadir karena saat ini media sosial menjadi partner in life bagi banyak orang sehingga hampir semua orang memiliki kebiasaan menggunakan media sosial yang sama dengan trend yang hampir sama. Termasuk tentang percintaan. 


Saat ini banyak orang berbagi hubungan cintanya melalui media sosial seperti Instagram dan TikTok untuk berbagai macam alasan. Mulai dari kehendak pribadi, menjaga privasi, hingga trauma yang belum selesai dari hubungan sebelumnya, atau sebatas hanya malas dan tidak ingin semua orang tahu.


(Baca juga: Ini Dia, 5 Ciri-Ciri Seseorang Simpan Rasa Cinta Dalam Diam)


Hal ini tanpa sadar memicu ekspektasi yang sama untuk setiap orang. Saat melihat pasangan lain saling memposting tentang kehidupan mereka, kamu secara tidak langsung mengharapkan hal yang sama dari hubungan yang kamu miliki. Sehingga ketika seorang pasangan tidak membagikan informasi tentang kamu di media sosialnya itu akan menghadirkan persepsi buruk yang dikenal sebagai pocketing. 


“So, pocketing is the condition when someone doesn’t share their relationship or partner on social media, and refuses to be clear and transparent. The assumption is that they’re pocketing them,” ujar Katherine Glaser, seorang coach relationship yang sudah berlisensi resmi dan berkarya sepanjang 19 tahun terakhir di Thriveworks, Tampa. 


Namun, sebelum lebih jauh kamu juga harus menyadari terlebih dahulu bahwa kamu harus melihat sudut lainnya dengan cara yang netral dan terbuka, jangan membuat asumsi buta terlebih dahulu karena itu akan memicu perdebatan panjang yang melelahkan. 


Her World telah merangkum lima ciri-ciri bahwa pasangan kamu sedang melakukan pocketing terhadap kamu, berikut ini. 


1. Tidak pernah memposting tentang kamu


Salah satu ciri utama dari pocketing adalah ketika pasanganmu tidak mau memposting apapun tentang kamu di media sosial mereka tanpa memberikan penjelasan atau consent. Mereka mungkin aktif di platform-platform tersebut, tetapi kamu tidak pernah muncul di-feed atau story mereka. Ini bisa menjadi pertanda bahwa mereka ingin menyembunyikan hubungan kalian dari publik.


2. Tidak mau membahas keluarga 


(Ciri-ciri pocketing dalam relationship yang perlu kamu perhatikan. Foto: Dok. Freepik)


Pasangan yang melakukan pocketing cenderung enggan membahas keluarga mereka denganmu. Mereka mungkin menghindari topik tentang orang tua, saudara, atau kehidupan pribadi mereka secara detail. Hal ini bisa disebabkan oleh ketidaknyamanan mereka dalam membawa kamu ke dalam bagian pribadi dari kehidupan mereka.


3. Tidak pernah mengenalkan kamu ke lingkungannya


Jika pasanganmu jarang atau bahkan tidak pernah mengenalkan kamu kepada teman-teman atau rekan kerja mereka, ini bisa menjadi tanda bahwa mereka sedang melakukan pocketing. Mereka mungkin ingin menjaga hubungan kalian terpisah dari lingkungan sosial mereka, entah itu karena alasan pribadi atau karena mereka tidak menganggap hubungan kalian serius.


4. Tidak menceritakan masa lalu dan rencananya


(Ciri-ciri pocketing dalam relationship yang perlu kamu perhatikan. Foto: Dok. Freepik)


It's a sign ladies! Pasangan yang melakukan pocketing biasanya sangat enggan membicarakan masa lalu mereka atau rencana masa depan mereka denganmu. Mereka bisa menjadi tertutup ketika ditanya tentang hubungan sebelumnya atau apa yang mereka harapkan dari hubungan ini kedepannya. Ini bisa menjadi pertanda bahwa mereka tidak melihatmu sebagai bagian yang penting dalam hidup mereka.


5. Selalu mencari alasan dan mengalihkan topik


Ketika kamu mencoba membicarakan tentang ketidaknyamananmu terkait kurangnya kehadiranmu dalam kehidupan media sosial atau lingkungan sosial pasanganmu, mereka mungkin selalu mencari alasan atau mengalihkan topik. Mereka bisa menghindari pembicaraan serius tentang hubungan kalian dan mencoba untuk mengalihkan perhatianmu dengan topik lain.


Namun, sebelum panik dan bersedih alangkah baiknya jika kamu berbicara baik-baik terlebih dahulu karena seperti yang sudah dikemukakan sebelumnya bahwa tidak semua orang harus memiliki rutinitas dan ekspektasi yang sama dalam menggunakan media sosial.


(Baca juga: 5 Cara Bisa Menikmati Hidup Tanpa Romantic Relationship)


Pocketing tidak hanya istilah yang digunakan untuk kepentingan media sosial saja, istilah ini juga bisa terjadi di luar kehidupan media sosial. Jika pasangan kamu memiliki ciri-ciri tersebut selama menjalin hubungan dengan kamu, kamu bisa coba untuk bertanya dan memulai komunikasi yang terbuka.  Kamu juga akan melihat responnya, tetapi jika setelah kamu mencoba dan pasangan kamu shut you down, it’s time to pick a side ladies. 


(Penulis: Adila Firani)


Sex & relationship