Sex & relationship

5 Alasan Mantan Muncul Kembali Saat Sudah Move On

By : Her World Indonesia - 2024-04-23 21:00:01 5 Alasan Mantan Muncul Kembali Saat Sudah Move On

Dalam kehidupan, akan ada hubungan cinta yang bertahan lama, menghiasi hidupmu dengan kenangan dan kasih sayang. Di sisi lain, akan ada pula hubungan cinta yang ditakdirkan untuk berakhir dan hanya menjadi bagian cerita dari hidupmu. Namun, menghadapi akhir dari hubungan yang sudah lama dijalani dengan pasanganmu tentunya akan terasa berat. Sentuhan, momen saat kencan, dan kata-kata manisnya akan terngiang-ngiang sehingga perlu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun untuk bisa membuatmu move on.


Ketika berhasil menyembuhkan luka dari putus cinta itu, seringkali kamu justru dihadapi masalah baru: pesan teks dari mantan yang muncul di layar handphone! Kamu tentunya akan dihadapi dilema antara ingin membalas atau mengabaikan pesannya. Sebelum membalasnya dan memberikan mantan kesempatan kembali ke kehidupanmu, kamu perlu mengetahui alasan di balik kembalinya mereka. Lima alasan mantan kembali saat kamu sudah move on di bawah ini bisa jadi pertimbanganmu ingin memberikan respons yang seperti apa ke dia. 


1. Kesepian

(Mantan merasa kesepian bisa menjadi alasannya untuk mendekatimu kembali. Foto: Dok. Mart Production/Pexels)


Rasa kesepian bikin mantan ingin kembali denganmu? Yes, it’s possible! Setelah usainya sebuah hubungan, mantanmu mungkin merasa hidupnya lebih hampa dan ingin mengisi kembali kekosongan itu. Ini bisa menjadi pertanda yang baik dan buruk secara bersamaan. Ada kemungkinan ‘love spark’ yang dirasakan dulu akan muncul kembali. Namun, hal itu tidak menjamin kalau dia akan benar-benar menyayangimu sama seperti sebelumnya. Bisa saja dia hanya menjadikanmu sebagai sweet escape rasa kesepiannya dan ingin ada yang memperhatikan.


2. Menyesali Tindakannya Saat Putus

(Mantan yang menyesal biasanya akan berusaha untuk menghubungimu lagi. Foto: Dok. Alex Green/Pexels)


Putus cinta itu memang rumit. Tidak semua hubungan berakhir secara baik-baik dan atas keinginan kedua belah pihak. Mantanmu mungkin menyadari sikapnya yang sudah menyakitimu saat putus dan ingin menjelaskannya. Seringkali setelah putus cinta, orang-orang memilih mengubur perasaannya daripada menghadapinya. Memang rentang waktu seseorang untuk sadar akan sikapnya membutuhkan waktu yang berbeda-beda. Tentunya, tindakan ini bisa membuka luka lamamu, jadi perlu pertimbangan yang baik-baik agar upaya move on-mu kemarin tidak sia-sia.


(Baca juga: 5 Tanda Kamu Feeling Lonely Dalam Suatu Hubungan


3. Mantan Tertarik Padamu Lagi


(Mantan kembali tertarik karena melihatmu lebih berenergi positif. Foto: Dok. Mattyc/Pexels)


Setelah berdamai dengan masa lalu dan move on sepenuhnya, kamu akan memilih untuk lebih enjoy, merawat diri lebih baik, dan mencoba hal-hal baru. Energi positif secara otomatis akan terpancar dari dalam dirimu. Ketika kamu merasa nyaman dan bahagia akan diri sendiri, biasanya kamu akan lebih percaya diri dan ini menjadi magnet, bikin orang-orang sekitar tertarik termasuk mantanmu. Tapi, kamu perlu tetap waspada, bisa jadi si mantan hanya merasa FOMO untuk menjadi bagian hidupmu lagi.


4. Memuaskan Ego

(Hati-hati dengan mantan yang hanya ingin memenuhi egonya untuk bisa mendapatkanmu kembali. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


Kamu semakin tampak memukau dan percaya diri pasca putus. Now, everybody wants you. Melihat hal itu, mantanmu langsung mendekatimu kembali untuk memvalidasi harga dirinya kalau kamu masih menginginkannya. Ada kemungkinan memperbaiki hubungan sebelumnya bukanlah menjadi tujuan utama mantanmu.


(Baca juga: Ini Dia, 5 Ciri-ciri Seseorang Simpan Rasa Cinta Dalam Diam)  


5. Belum Sepenuhnya Melupakanmu


(Bisa jadi mantanmu juga masih belum move on dari hubungan kalian. Foto: Dok. Vjapratama/Pexels)


Tidak hanya kamu yang sulit move on, bisa jadi mantanmu juga merasakan hal yang sama. Meski berpisah, mantanmu mungkin masih menyimpan foto-foto saat kencan dan sering mengenangnya kembali. Rindu dan rasa cintanya mungkin menjadi dorongan mantan untuk menghubungimu lagi, entah hanya sebagai basa-basi atau serius ingin menjalin kembali hubungan yang baru.


Kamu punya kebebasan untuk merespons atau tidak mantan yang tiba-tiba saja menghubungimu kembali. Meski kamu sudah mengetahui alasannya, pastikan kamu tetap mengutamakan perasaanmu. Jangan sampai luka lama kembali terjadi dan membuatmu terpuruk.


(Penulis: Zahrah Pricila)

Sex & relationship