Cara Mencegah Diabetes Di Usia Muda


  • Cara Mencegah Diabetes Di Usia Muda
    Berikut berbagai cara agar kamu terhindar dari penyakit diabetes. (Foto: Dok. /freepik)

    Dilansir dari Healthline, diabetes merupakan penyakit kronis yang dapat menyerang jutaan orang yang bisa menyebabkan kebutaan, gagal ginjal hingga penyakit jantung. Kamu akan merasakan di mana kadar gula darah pada tubuhnya mengalami kenaikan.


    Diabetes muncul dari berbagai faktor yang tentunya tidak dapat dihindarkan seperti gen hingga usia. Tak hanya dari keturunan dan usia, diabetes bisa timbul jika kamu terus memiliki pola hidup yang kurang sehat. Lalu, bagaimana cara mencegah diabetes di usia muda?




    Tentunya kamu harus mulai meninggalkan kebiasaan yang memicu timbulnya diabetes. Dengan itu, kamu akan bebas dari serangan penyakit diabetes. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara agar terhindar dari diabetes dengan mencegahnya mulai hari ini. 


    Hindari Makanan Manis

    (Kadar gula darah kamu akan naik jika kamu terus mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Foto: Dok. freepik)

    Kadar gula darah kamu akan naik jika kamu terus mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Tubuh kamu akan cepat memecah makanan manis menjadi molekul gula kecil yang dapat diserap ke dalam aliran darah kamu. Maka dari itu, cobalah untuk mengurangi makanan yang manis dan mulai membuat daftar untuk menu makanan yang mendorong kamu untuk memiliki pola makan yang sehat.


    Berolahraga

    Sering melakukan olahraga fisik tentunya bisa jadi salah satu cara mencegah diabetes di usia muda karena olahraga dapat meningkatkan sensitivitas insulin sel kamu. Sehingga saat kamu berolahraga, lebih sedikit insulin yang dibutuhkan untuk menjaga kadar gula darah kamu dapat terkendali. Untuk hasil yang lebih baik kamu bisa memilih jenis olahraga yang kamu sukai sehingga kamu bisa melakukannya dengan teratur dan bertahan dalam jangka panjang.


    (Baca Juga: Inilah Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi)


    Minum Air

    (Air merupakan minuman yang paling alami untuk membantu kamu menghindari minuman dengan kandungan gula yang tinggi. Foto: Dok. freepik)

    Sejauh ini, air merupakan minuman yang paling alami untuk membantu kamu menghindari minuman dengan kandungan gula yang tinggi hingga pengawet. Perlu kamu ketahui bahwa minuman seperti soda dan minuman beralkohol bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan Latent Autoimmune Diabetes of Adults (LADA). Maka dari itu, kamu harus membawa air putih kemanapun agar kamu bisa mengurangi risiko terkena diabetes.


    (Baca Juga: Tips Tidur Nyenyak Berkualitas Di Malam Hari)


    Kurangi Berat Badan

    Penderita diabetes cenderung memiliki berat badan yang berlebih pada area bagian tengah dan di sekitar organ perut yaitu seperti hati. Kelebihan berat badan seperti ini dikenal sebagai lemak visceral. Lemak tersebut bisa meningkatkan perdagangan dan resistensi insulin yang dapat memicu resiko diabetes. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan program diet yang rendah karbohidrat, mediterania, paleo dan vegetarian.


    Berhenti Merokok

    Merokok telah membuktikan bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai penyakit yang mematikan seperti penyakit jantung, emfisema dan kanker paru-paru, kanker payudara, prostat hingga saluran pencernaan. Dalam analisis beberapa penelitian yang melibatkan lebih dari satu juta orang bahwa merokok juga dapat meningkatkan risiko diabetes sebesar 44 persen untuk rata-rata orang perokok dan 61 persen pada orang yang merokok lebih dari 20 batang setiap hari. Maka dari itu, kamu harus menghindari rokok untuk pola hidup yang lebih baik.


    Minum Kopi dan Teh

    Penelitian menunjukkan bahwa kopi dan teh menjadi salah satu cara untuk menghindari diabetes karena setiap minum kopi setiap hari bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 8 hingga 54 persen. Maka dari itu, kamu bisa mengonsumsi kopi atau teh di pagi hari atau di siang hari. Namun, kamu juga perlu menghindar dalam mengonsumsi kopi di malam hari agar tidurmu tidak terganggu oleh salah satu kandungan pada kopi yaitu kafein.


    Maka dari itu, kamu perlu mengetahui berbagai macam cara di atas agar kamu mencegah diabetes di usia muda. Selamat mencoba!


    (Penulis: Sania Zelikha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

8 Cara Mencegah Penyakit Diabetes

8 Cara Mencegah Penyakit Diabetes

oleh Hafizah Rana Dalilah

10 Cara Mencegah Diabetes

10 Cara Mencegah Diabetes

oleh Yolanda Deayu

Cara Mencegah Diabetes

Cara Mencegah Diabetes

oleh Kiki Riama Priskila

Advertisement - Continue Reading Below