Waspada! Ini Makanan yang Harus Dihindari Saat Perut Kosong


  • Waspada! Ini Makanan yang Harus Dihindari Saat Perut Kosong
    Hindari makanan ini saat perut masih kosong (Foto:Dok.Alexy/Pexels)

    Setelah bangun tidur di pagi hari, perut akan terasa lapar yang memancingmu untuk segera sarapan. Namun perlu diketahui bahwa perut yang kosong akan sangat sensitif jika mendapatkan makanan yang kurang tepat. Bahkan bahayanya bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti sakit perut hingga kram lambung. Lalu, makanan apa saja yang harus dihindari saat perutmu kosong? Yuk, simak ulasannya agar kamu terhindar dari penyakit yang berbahaya.




    Pisang
    Buah pisang dapat menyebabkan gangguan pada hati jika kamu mengonsumsinya dalam keadaan perut yag kosong (Foto: Dok. /unsplash)


    Buah pisang memang bisa kamu jadikan sebagai pengganjal perut di sela-sela lapar melanda. Namun, di sisi lain buah ini bisa mengakibatkan gangguan pada hati atau leaver. Hal ini karena pisang mengandung magnesium yang bisa menaikkan tensi darah sehingga pisang tidak bisa kamu konsumsi dalam keadaan perut kosong.

    Pir

    Saat perut kamu kosong, mengonsumsi buah pir juga berbahaya untuk tubuh. (Foto: Dok. /unsplash)

    Saat perut kamu kosong, mengonsumsi buah pir juga berbahaya bagi tubuh. Pir memiliki serat yang kasar, sehingga apabila kamu mengonsumsinya saat itu, serat tersebut dapat melukai selaput lendir pada perutmu. Oleh karenanya, kamu harus menghindari buah pir untuk mengganjal perut.

    Tomat

    Tomat mengandung asam tanat yang tinggi sehingga kadar asam pada lambungmu akan meningkat. (Foto: Dok. /unsplash)

    Tomat mengandung asam tanat yang tinggi sehingga kadar asam pada lambungmu akan meningkat, memperburuk refluks yang ada pada lambungmu Oleh karena itu, kamu perlu menghindari tomat untuk menunda rasa lapar karena tubuhmu akan merasa tidak enak.

    Timun

    Timun juga dapat membuat kamu akan merasakan sakit perut, mulas, perut kembung hingga tidak enak badan jika kamu mengonsumsinya saat perutmu kosong (Foto: Dok. /unsplash)

    Timun kerap ditawarkan dalam menu makanan sehat seperti salad yang dipercaya bisa menyehatkan tubuh dengan sempurna. Namun, jika dikonsumsi saat perut yang masih kosong, kamu akan merasakan sakit perut, mulas, perut kembung hingga tidak enak badan.

    Jeruk

     Jeruk dapat membuat masalah ditubuhmu jika kamu mengonsumsinya dalam keadaan perut yang masih kosong (Foto: Dok. /unsplash)

    Setiap pagi biasanya buah jeruk dapat dikonsumsi untuk menemani sarapan pagi. Namun, siapa sangka bahwa buah ini dapat membuat masalah ditubuhmu jika kamu mengonsumsinya dalam keadaan perut yang masih kosong. Jeruk dapat mengiritasi kerongkongan bagian bawah yang tersambung dengan lambung, terutama bagi penderita maag. 

    Makanan Pedas

    Kamu akan mengalami kram perut hingga permasalahan pada pencernaan setelah mengonsumsi makanan pedas saat perutmu kosong. (Foto: Dok. /unsplash)

    Tak heran jika kamu mengalami kram perut hingga permasalahan pada pencernaan setelah mengonsumsi makanan pedas saat perutmu kosong. Hal tersebut dikarenakan pedas pada makanan dapat mengiritasi pada lapisan perut. Oleh sebabnya, hindarilah makanan pedas saat perutmu masih kosong, dan cobalah mencari makanan yang ringan namun aman bagi lambung. 

    Inilah berbagai macam makanan yang perlu kamu hindari saat perutmu kosong. Jika kamu mengalami penyakit seperti sakit perut, asam lambung dan lain sebagainya akibat mengonsumsi makanan di atas, kamu bisa merawatnya di rumah atau menghubungi dokter untuk perawatan yang lebih baik.


    (Penulis: Sania Zelikha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below