Hair & beauty

10 Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dan Kusut

By : Putri Arifa Malik - 2021-03-14 21:00:00 10 Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dan Kusut

Memiliki rambut tebal menjadi kebanggaan tersendiri, berarti kulit kepala dan rambut kamu sehat! Namun di hari-hari tertentu, rambut bisa terlihat terlalu mengembang hingga mengganggu penampilan kamu. Apalagi ketika rambut tebalmu mulai sulit diatur, tentunya sangat tidak menyenangkan.

Cara agar rambut tidak mengembang sebenarnya sangat banyak. Namun kali ini, kami akan membagikan beberapa tips yang harus kamu perhatikan jika memiliki rambut tebal yang sering tampak terlalu mengembang. Cara mudah ini bisa kamu aplikasikan agar rambut tidak mengembang dan kamu bisa lebih percaya diri dengan gaya rambutmu!


(Baca Juga: Waspada, Ini Penyebab Ketombe Paling Umum)


1. Mulai dengan Rutinitas Potong Rambut yang Baik!

Kamu harus rajin memangkas ujung rambut untuk menghilangkan rambut bercabang dan helaian yang sudah rusak pada ujungnya. Rambut bercabang bisa menyebar dari bagian ujung hingga akar dan menciptakan tampilan rambut rusak dan kusut. Jadi, pastikan kamu selalu memangkas bagian ujung bawah rambutmu selama 6-8 minggu sekali, ya!


2. Jangan Gunakan Air Terlalu Panas

Mandi air panas memang memberi banyak manfaat untuk otot kamu, tapi tidak untuk rambut. Temperatur air yang terlalu panas bisa menyebabkan kutikula helaian rambut terangkat, sehingga rambut membutuhkan kelembapan ekstra. Bukan berarti kamu harus mandi air dingin, tapi pastikan temperaturnya tidak terlalu panas.


3. Pilih Produk Rambut Bebas Alkohol

Produk perawatan rambut dengan kandungan alkohol tinggi bisa menyebabkan rambut kamu dehidrasi, dan rambut akan terus-menerus mencari kelembapan. Untuk mengurangi rambut mengembang berlebihan, pilih sampo dengan kandungan yang melembapkan seperti gliserin. Kandungan tersebut adalah humektan yang baik, ia bisa menyerap kelembapan di udara untuk menciptakan lapisan perlindungan di helaian rambut kamu.

(Rangkaian produk Rejoice untuk atasi rambutmu yang mengembang dan kusut. Foto: Dok. Rejoice)

Untuk ini, kamu bisa mencoba sampo REJOICE Rich Soft Smooth Baru, lho. Sampo dan kondisioner dari rangkaian ini diperkaya dengan Argan Essence dan formula anti kusut, serta memiliki kandungan parfum mewah. Dengan penggunaan teratur, rambut jadi wangi sampai lusa serta kelembutannya terjaga hingga 48 jam.

4. Gunakan Kondisioner

Kamu mungkin berpikir bahwa kamu harus selalu menggunakan sampo saat keramas, tapi itu tidak sepenuhnya benar. Bahkan sampo yang tidak membuat rambut kamu kusut dan mengembang sekalipun masih bisa mengangkat kelembapan sekaligus minyak alami rambutmu. Coba alternatif ini: gunakan sampo dan kondisioner di hari ini, kemudian hanya kondisioner di hari berikutnya untuk mengunci kelembapan alami rambutmu. Lakukan hal ini secara terus-menerus. Supaya kulit kepala tidak terasa lengket dan berminyak, pastikan kamu menggunakan kondisioner dari bagian tengah rambut hingga ujung bagian bawah, hindari bagian akar.


5. Aplikasikan Masker Rambut

Jika rambut kamu sangat mengembang dan kusut, maka ia membutuhkan perawatan ekstra. Gunakan masker rambut yang melembapkan sebanyak satu kali dalam satu minggu. Kandungan seperti minyak kelapa, minyak argan, dan minyak alami lainnya bisa membantu mengurangi rambut mengembang dan kusut.


(Baca Juga: 5 Rekomendasi Hair Oil untuk Rambut Kering dan Mengembang)


6. Kurangi Gesekan di Rambut

Menggosok rambut dengan handuk bisa mengganggu kutikulanya. Coba keringkan rambut kamu menggunakan handuk khusus atau turban rambut untuk mencegah hal tersebut. Kamu juga bisa mengurangi gesekan dengan mengganti sarung bantal menjadi bahan sutra. Material tersebut cukup licin sehingga rambut tidak tersangkut di sela seratnya.

Jika kamu biasa keramas di malam hari atau ingin mendapatkan gaya rambut yang indah keesokan harinya, coba tidur dengan tatanan loose buns. Trik ini membantu rambut agar tidak kusut karena pergerakan kamu saat tidur. Saat sedang bersiap-siap di pagi hari, sisir rambut menggunakan sisir bergigi jarang untuk menghindari gesekan.


7. Tata Rambut Kamu dengan Strategi

Cara paling ampuh untuk membuat rambut tidak mengembang dan kusut adalah dengan mengunci kelembapan segera setelah mandi. Kamu bisa melakukan hal ini dengan menyisirkan produk leave in treatment di rambutmu setelah keramas. Cari produk dengan kandungan minyak dan silikon, yang bisa mencegah kelembapan menguap dari helai rambutmu. 


8. Lindungi Rambut dari Hawa Panas

Sebaiknya kamu meminimalisasi penggunaan alat penata rambut dengan hawa panas, namun hal itu tidak bisa dilakukan setiap hari. Ketika kamu butuh menata rambut dengan alat panas, pastikan kamu sudah melindungi helaiannya dengan produk heat protectant untuk mengurangi risiko kerusakan. 


9. Kelola Rambut Keriting Kamu

Bagi kamu yang memiliki rambut keriting atau bergelombang, blow dryer mungkin adalah musuh terbesar kamu. Namun dengan cara yang tepat, benda tersebut malah bisa menjadi sahabat terbaik rambutmu. Pastikan kamu memasang diffuser di alat tersebut dan keringkan rambut dengan meremas-remas bagian bawah hingga akarnya. Jangan biarkan rambutmu terbang saat dikeringkan.


10. Sisir Bagian yang Kusut

Saat rambut kamu sudah kering dan ditata dengan benar, kamu mungkin masih memiliki beberapa helai yang tidak mau diatur. Untuk mengatasi hal ini, semprotkan hairspray bebas alkohol ke apliator maskara yang sudah dibersihkan, lalu sisir bagian membandel tersebut. Selamat mencoba!



(Baca Juga: Waspada! Inilah Penyebab Rambut Rontok Parah)

Hair & beauty