Sambut Natal, Ini 6 Menu Yang Wajib Ada di Meja Makanmu


  • Sambut Natal, Ini 6 Menu Yang Wajib Ada di Meja Makanmu
    Santap bersama rayakan Natal. (Foto: Dok. Tim Douglas/Pexels)

    Hari Natal semakin dekat dan mungkin tahun ini, kamu kembali bertemu sanak saudara secara langsung, tak lagi mengandalkan ruang Zoom untuk merayakan Natal bersama. Nah, jika kamu sedikit lupa, sebelum pandemi, perayaan Natal tak hanya rumah yang dipenuhi banyak kepala, tetapi juga meja makan utamamu sudah pasti terisi dengan berbagai makanan.


    Buat kamu yang masih bingung ini menyajikan apa di meja makanmu pada Hari Natal, Her World ada beberapa rekomendasi menu Natal yang wajib memenuhi meja makanmu. Kira-kira apa saja? Simak daftarnya di bawah ini ya!




    (Baca Juga: 6 Lagu Natal Terbaik Dekade Ini Wajib Masuk Playlist)


    1. Nastar


    makanan wajib natal

    (Nastar. Foto: Dok. Ika Rahma/iStock)


    Kukis bulat-bulat ikonis berisikan selai nanas ini, tak hanya wajib menjadi bagian dari hantaran Hari Raya Idul Fitri, tetapi juga berbagai hari istimewa lainnya, termasuk Natal. Campuran tepung dan mentega yang diisi selai nanas ini menjadi kukis ikonis dalam berbagai kesempatan.


    Tahukah kamu? Kalau nastar sendiri adalah hasil inspirasi dari olahan pai asal Belanda yang biasa diisi dengan selai bluberi, apel, dan juga stroberi. Namun, ketika Belanda datang ke Nusantara, mereka kesulitan menemukan ketiga buah dengan tingkat kematangan yang sama dengan buah dari tanah Belanda.


    Akhirnya, buah nanas yang banyak tumbuh di Indonesia pun menggantikan ketiga buah tersebut sebagai isian pai dan kemudian, diadaptasi dalam bentuk yang lebih kecil menjadi nastar yang dikenal saat ini.


    2. Poffertjes


    makanan wajib natal

    (Poffertjes. Foto: Dok. Sara Winter/iStock)


    Pancake bola asal Belanda yang diadaptasi oleh masyarakat Ambon ini menjadi salah satu kue khas masyarakat setempat dan dibuat untuk merayakan Natal. Nah, yang membedakan dengan poffertjes khas Belanda adalah penambahan labu kuning dalam adonan tepung tersebut. Biasanya, poffertjes disajikan tepat pada Hari Natal sebagai sarapan. Jika dilihat, bentuknya menyerupai pancake mini dan kamu bisa menyempurnakan cita rasanya dengan menaburkan gula halus.


    3. Sup Brenebon


    Jika kamu ingin menyajikan sesuatu yang gurih dan hangat untuk disantap pada saat Natal, sup brenebon bisa jadi pilihan. Sajian Natal khas masyarakat Manado ini terbuatdari kacang merah, sayuran, dan daging sapi yang disajikan dalam kuah kaldu dan berbagai rempah lainnya seperti bawang putih dan merica.


    Sup ini merupakan masakan yang juga diadopsi dari masakan Belanda oleh masyarakat Indonesia bagian Timur, tetapi populer disajikan oleh masyarakat Manado. Nama brenebon sendiri adalah pengucapan lokal Manado yang berasal dari Bahasa Belanda yaitu bruine bonen. Kata bruine yang berarti warna cokelat, serta bonen berarti kacang.


    (Baca Juga: 6 Kue Kering Yang Harus Ada Saat Natal)


    4. Galantin


    Sajian Natal yang wajib ada di meja makanmu lainnya adalah galantin. Variasi dari steak daging khas Jawa yang diadopsi dari Prancis. Galantin hadir di Prancis sekitar tahun 1942, tepatnya dalam peristiwa Pengepungan Leningrad. Pihak berwenang setempat mengolah 2000 ton daging kambing yang ditemukan di pelabuhan untuk memberi makan pada penduduk Leningrad yang kelaparan.


    Makanan yang memiliki arti nama kegagahan ini kemudian diadopsi oleh masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Jawa. Ketika biasanya galantin disajikan dengan ikan, belut, angsa atau rusa, masyarakat Jawa menyajikan menu tersebut dengan daging ayam atau sapi sebagai bahan utama. Kamu bisa temukan galantin menjadi hidangan utama dalam upacara besar dan hari istimewa, termasuk Natal.


    5. Klappertaart


    makanan wajib natal

    (Klappertaart. Foto: Dok. Tyas Indayanti/iStock)


    Jika kamu penggemar kelapa, maka dessert satu ini wajib ada di meja makanmu saat Natal nanti. Klappertaart, ketika kamu membaca namanya sudah tahu apa yang menjadi bahan utamanya, sebuah kue manis yang terbuat dari daging buah kelapa dicampur dengan susu, telur, tepung, dan mentega, lalu dipanggang.


    Kembali terinspirasi dari Belanda, kue manis satu ini menjadi salah satu makanan khas masyarakat Manado yang kini sudah banyak dan lebih mudah kamu temukan. Rasanya yang manis dipadukan dengan kelapa yang gurih memberikan perpaduan kenikmatan rasa untuk kamu nikmati bersama keluarga tersayang.


    6. Beef Wellington


    makanan wajib natal

    (Beef Wellington. Foto: Dok. Bhofack2/iStock)


    Menu ini menjadi salah satu staple menu menyambut Natal di berbagai belahan dunia, khususnya negara-negara Barat. Daging sapi dan berbagai campuran sayur, seperti bayam dan jamur, yang dibalut dengan puff pastry gurih ini bisa jadi pilihan santapan Natal bersama orang-orang tersayang.


    Membuatnya pun cukup mudah, kamu membuat campuran sayuran dengan berbagai bumbu dan krim, lalu bersama dengan dagingnya dibungkus dalam puff pastry, yang bisa kamu buat sendiri atau membeli yang siap pakai, lalu dipanggang. Lalu, jika kamu tidak terlalu suka daging, kamu bisa menggantikan isiannya dengan ikan salmon.


    (Baca Juga: Inspirasi Gaya Semi Formal Untuk Natal)


    Inilah beberapa menu makanan Natal yang wajib tersaji di meja makanmu. Semoga ini bisa jadi referensi untuk kamu yang tengah mempersiapkan acara Natal bersama orang terkasih.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below