7 Penyebab Kulit Kusam Ini Perlu Dihindari Agar Kulit Cerah


  • 7 Penyebab Kulit Kusam Ini Perlu Dihindari Agar Kulit Cerah
    7 Penyebab Kulit Kusam Ini Perlu Dihindari Agar Kulit Cerah. (Image: Doc. Pavel Danilyuk on Pexels)

    Apakah kulit kamu tampak tidak bercahaya dan kusam? Faktanya, mempertahankan kulit bercahaya dan tidak kusam itu tidak selalu mudah. Ada beberapa penyebab yang bisa membuat kulit kamu tampak lebih kusam.


    Kulit kusam terjadi ketika kulit secara terus-menerus melepaskan sel-sel mati, tetapi prosesnya tidak bekerja secara efisien, sehingga kulit kamu menjadi kurang cerah, tampak lelah, dan tidak sehat yang memungkinkan munculnya kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya. 




    Lalu apa sih sebenarnya penyebab kulit kusam? Simak selengkapnya di bawah ini!


    (Baca Juga: 5 Manfaat Buah Naga Bagi Kecantikan, Bikin Kulit Awet Muda!)

    1. Dehidrasi

    penyebab kulit kusam

    (Penting untuk minum air yang cukup dan rutin. Foto: Dok. Andrea Piacquadio / Pexels)


    Dehidrasi terjadi ketika kamu tidak minum cukup air, menyebabkan penurunan volume aliran darah ke kulit, membuat kulit tampak lebih kusam dan tidak sehat. Dalam satu studi tahun 2015 yang dipublikasikan di Dovepress, menemukan hubungan kuat antara minum cukup air dengan kesehatan kulit. 


    Menurut Janet Prystowsky, M.D., Ph.D., seorang dokter kulit bersertifikat di New York, tidak minum cukup air putih yang sekaligus gagal dalam memberi hidrasi kulit secara terus-menerus dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda kerusakan kulit, seperti garis-garis halus, kulit kendur, kerutan dan sisik. 


    Minum cukup air putih (sesuai yang dianjurkan) ditambah dengan penggunaan produk perawatan kulit yang menghidrasi dapat membantu mengikat kelembapan di lapisan atas kulit, sehingga mencegah dari kulit kusam. 


    2. Tidak melakukan eksfoliasi kulit

    penyebab kulit kusam

    (Eksfoliasi kulit wajah. Foto: Dok. Wayhomestudio / Freepik)


    Kamu mungkin pernah (atau bahkan sering) melewatkan salah satu langkah perawatan kulit yang penting, yaitu eksfoliasi kulit. Kulit secara alami melepaskan sel-sel mati secara teratur untuk memberi jalan bagi sel-sel baru. Tetapi terkadang sel-sel mati tidak terlepas sebagaimana mestinya, yang justru dapat menumpuk di permukaan kulit. Inilah yang kemudian dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, dan bersisik. Dengan kata lain, melakukan pengelupasan kulit secara teratur merupakan salah satu langkah penting untuk membantu kamu mendapatkan kulit yang lebih halus, tampak lebih bercahaya, sehat, dan tidak kusam. 


    Kamu bisa menggunakan physical exfoliator, seperti face scrub, atau chemical exfoliator, seperti AHA/BHA, untuk mengeksfoliasi kulit. 


    Tips: Gunakan satu jenis eksfoliator pada satu waktu -- menggunakan lebih dari satu jenis eksfoliator dapat meningkatkan risiko iritasi kulit. 


    3. Kurangnya kelembapan

    penyebab kulit kusam

    (Rutin memakai pelembap dua kali sehari. Foto: Dok. Jcomp / Freepik)


    Kulit kering adalah penyebab paling umum dari kulit wajah kusam. Hal ini karena, menurut seorang dokter kulit di New York City, Kenneth Howe, M.D., kulit yang kurang kelembapan dapat menciptakan retakan di permukaan kulit, membuat sel-sel kulit mati menumpuk, membuat kulit kusam dan tidak bercahaya. 


    Oleh karena itu, gunakan pelembap pada pagi dan malam hari untuk menjaga kelembapan kulit. Carilah pelembab dengan bahan-bahan yang mampu melembapkan kulit dengan baik, seperti ceramides dan hyaluronic acid. 


    Tips: Gunakan pelembap dengan gerakan ke atas untuk meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang sel, serta memperlancar aliran oksigen ke permukaan kulit, sehingga membuat kulit tampak bercahaya dan sehat. 


    4. Stres berlebihan

    penyebab kulit kusam

    (Kondisi pikiran juga bisa memengaruhi kondisi kulit. Foto: Dok. Kat Smith / Pexels)


    Ada banyak alasan yang bisa menyebabkan kamu merasa stres, bisa masalah pekerjaan, percintaan, atau hal yang lainnya. Stres dan perasaan cemas berlebihan dapat memengaruhi tampilan kulit dan menghilangkan healthy glow dari kulit kamu. Hal ini karena, stres bisa meningkatkan produksi hormon kortisol, yang secara negatif dapat mempengaruhi aliran darah ke kulit dan menghambat proses perbaikan kulit. Alasan inilah yang membuat kulit kamu tampak lebih kusam dan kurang bercahaya. 


    (Baca Juga: Masalah Kulit Kering? Inilah 5 Essence Terbaik Untuk Kamu!)


    5. Kurang tidur

    penyebab kulit kusam

    (Tidur yang cukup akan berdampak pada kondisi tubuh dan kulit yang prima. Foto: Dok. Ivan Oboleninov / Pexels)


    Kurang tidur juga bisa menjadi penyebab lainnya kulit kamu tampak lebih kusam dan tidak bercahaya. Hal ini karena, tidur adalah waktu terbaik bagi sel-sel kulit untuk beregenerasi dan perbaikan. Nah, saat kamu kurang tidur, sel-sel kulit tidak dapat beregenerasi dan melakukan proses perbaikan secara optimal, sehingga membuat kulit kamu tidak sehat, tidak bercahaya, dan kusam. 


    6. Faktor lingkungan

    penyebab kulit kusam

    (Faktor eksternal juga bisa bikin kulitmu kusam. Foto: Dok. Maggie Zhan / Pexels)


    Sudah menjadi rahasia umum jika faktor lingkungan seperti polusi udara, tingkat kelembapan yang rendah, dan paparan sinar UV dari matahari dapat membuat kulit kusam dan mempercepat proses penuaan kulit. 


    Dalam sebuah penelitian tahun 2010 yang dipublikasikan di Journal of Investigative Dermatology, meneliti wanita yang tinggal di daerah rendah polusi udara dengan wanita yang tinggal di daerah tinggi polusi udara selama lebih dari 20 tahun dan menemukan bahwa, wanita yang tinggal di daerah tinggi polusi udara memiliki lebih banyak dark spots, kurang bercahaya, dan memiliki garis-garis halus dibandingkan dengan wanita yang tinggal di daerah rendah polusi udara. 


    Meskipun begitu, kamu tidak perlu pindah rumah untuk menjaga kulit tetap sehat. Yang penting untuk kamu lakukan adalah dengan rajin membersihkan wajah setiap malamnya, melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan menggunakan sunscreen minimal SPF 30 PA +++ sebelum beraktivitas di luar ruangan, berkeringat atau basah, olahraga dan menjalani gaya hidup sehat, serta menggunakan serum tinggi antioksidan untuk melawan efek buruk lingkungan pada kulit. 


    7. Merokok

    penyebab kulit kusam

    (Kebiasaan merokok juga memengaruhi kondisi wajah. Foto: Dok. Lilartsy / Pexels)


    Tidak hanya dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan, merokok juga dapat memengaruhi tampilan kulit. Bukan tanpa alasan, zat karsinogenik dalam rokok bisa merusak struktur kulit, menyebabkan kerusakan kolagen yang membuat kulit tampak lebih kusam, tidak sehat, kurang bercahaya, dan muncul kerutan.  


    Dalam sebuah ulasan tahun 2010 di Journal of Dermatological Science, merokok dapat merusak produksi kolagen dan menurunkan serat elastis dan jaringan ikat di kulit, serta dapat meningkatkan stres oksidatif pada sel-sel kulit, yang semuanya dapat mempercepat proses penuaan dan menyebabkan kulit kusam.


    (Baca Juga: 6 Manfaat Kopi Untuk Menjaga Kecantikan Kulit Wajah)


    Inilah beberapa penyebab kulit kusam yang harus kamu hindari agar penampilan wajah menjadi lebih cerah. 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below