5 Manfaat Buah Naga Bagi Kecantikan, Bikin Kulit Awet Muda!


  • 5 Manfaat Buah Naga Bagi Kecantikan, Bikin Kulit Awet Muda!
    Buah naga mempunyai manfaat baik untuk melawan radikal bebas penyebab penuaan dini dan kulit kusam. (Foto: Dok. Md. Momtaz Ali/Unsplash)

    Buah naga adalah salah satu buah yang berkembang di daerah tropis di seluruh dunia. Berasal dari Meksiko bagian selatan, buah naga sempat populer karena bentuknya yang unik bak sisik naga. Terkenal dengan nama lain pitahaya, buah naga merupakan buah tropis paling hits karena kulitnya yang berwarna merah cerah dan memiliki daging dengan rasa manis berbintik-bintik perpaduan pir dan kiwi. Tampilan fisiknya yang unik dan menarik atensi, buah naga memiliki kandungan nutrisi tinggi sehingga kerap jadi salah satu buah yang dikonsumsi saat proses menurunkan berat badan.

    Buah yang tumbuh ditanaman kaktus ini juga baik untuk menjaga kadar gula dalam tubuh penderita diabetes. Dalam pengobatan tradisional, buah naga berperan penting untuk mengobati hipertensi. Bagian biji dari buah naga telah terbukti mampu mengatur kadar glukosa darah. Hal baik ini membuat buah naga berpotensi jadi makanan sehat yang berguna untuk pencegahan penyakit diabetes tipe 2.




    (Baca Juga : Mengulik 7 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan)


    Dalam bidang kecantikan, buah naga sering dimanfaatkan sebagai masker wajah atau bahan dasar produk skincare. Cegah penuaan dini hingga menenangkan wajah yang terkena sunburn, simak deretan manfaat buah naga bagi kulit wajah.


    1. Merawat kulit berjerawat


    Manfaat buat naga untuk wajah

    (Memanfaatkan buah naga sebagi masker, dapat mengurangi peradangan pada jerawat di wajah. Foto: Dok. Anna Nekrashevich/Pexels)


    Buah naga kaya akan vitamin C. Dengan memanfaatkan kandungan vitamin C pada buah naga untuk menghilangkan jerawat, maka wajahmu akan terbebas dari jerawat meradang. Untuk melakukan perawatan ini, cukup potong beberapa buah naga menjadi potongan kecil-kecil dan tumbuk menjadi pasta. Setelah itu, campurkan dengan satu sendok air mawar lalu aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air keran biasa, lakukan perawatan menggunakan masker buah naga ini satu kali dalam seminggu.


    2. Anti penuaan dini


    Kerutan halus diwajah mengganggu penampilan, apalagi jika terjadi pada wanita usia pertengahan 20-an. Mengandung antioksidan yang tinggi, buah naga tidak hanya menghidrasi, tetapi juga membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Perawatan kecantikan jaman nenek moyang dahulu, khususnya di Asia bahkan percaya, jika membuat pasta dari daging buah naga dan mengoleskannya secara rutin pada wajah setiap malam hari, dapat membantu memperlambat proses penuaan dan membuat seorang wanita terlihat 10 tahun lebih muda. Mengandung kolagen alami yang berguna untuk meningkatkan elastisitas kulit agar tampak lebih kencang, sehingga menjadikan masker buah naga sebagai anti penuaan terbaik.


    3. Membantu kulit tenang akibat sunburn


    Manfaat buat naga untuk wajah

    (Buah naga dapat memberikan efek penenang pada kulit yang mengalami sunburn. Foto: Dok. Amina/Pexels)


    Sunburn atau terbakar matahari dapat mengakibat kulit jadi merah dan gosong, sampai dampak terburuknya adalah memicu kanker kulit. Jika kamu menghabiskan waktu liburan dari pantai atau camping dan aktif bergerak di alam bebas, alangkah baiknya untuk segera mengobati wajahmu yang terkena sunburn dengan masker buah naga. Kandungan baik dalam buah naga seperti vitamin E, membantu melindungi kulitmu dari sinar UV matahari yang berbahaya dan juga merawat kulit yang merah melepuh akibat terbakar sinar matahari.


    (Baca Juga : 5 Manfaat Makan Buah Naga Setiap Hari)


    4. Melembabkan kulit


    Manfaat buah naga selanjutnya adalah membuat kulit terhidrasi dengan baik. Pasalnya, buah naga memiliki kandungan air yang tinggi dan membantu mencegah kulitmu dehidrasi. Penting untuk diingat, masker buah naga direkomendasikan bagi mereka si pemiliki kulit kering. Untuk mengubahnya jadi masker wajah, kamu haluskan buah naga yang sudah dipotong kecil dan hancurkan sampai bentuk pasta, lalu campurkan dengan susu sapi segar dan satu sendok air mawar. Pastikan juga kamu mengolah buah naga ke dalam bentuk hidangan apapun, seperti jus, salad, atau smoothie. Rutin mengonsumsi buah naga terutama selama musim dingin, akan membantu menyelamatkan kulitmu dari efek berbahaya cuaca dingin yang ekstrim.


    5. Membuat wajah semakin bercahaya


    Kulit kusam akibat paparan sinar matahari bisa kamu atasi dengan rutin mengonsumsi buah yang tinggi kandungan vitamin C, maupun lewat perawatan wajah. Buah naga beku yang diolah menjadi smoothie dengan campuran bayam dan susu rendah lemak, dapat membantu merawat kulit dari dalam sehingga perlahan-lahan kulit kusammu hilang dan tampak lebih cerah alami. Jangan lupa, iringi dengan olahraga teratur supaya tidak hanya kulitmu yang terawat, program dietmu pun jadi maksimal.


    (Baca Juga : Ini 6 Manfaat Baik Masker Lemon Untuk Wajah, Bikin Glowing!)


    Mudah ditemukan di toko-toko buah dan swalayan, buah naga jadi makanan sehat yang disukai banyak orang. Mulai stok buah naga di rumah, kulit cerah dan awet muda akan kamu dapatkan jika rutin mengonsumsi buah unik satu ini.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below