Cara Dapatkan Tidur Yang Berkualitas


  • Cara Dapatkan Tidur Yang Berkualitas
    Begini cara dapatkan kualitas tidur yang baik. (Foto: Dok. Daria/Pexels)

    Kamu mungkin sudah mendengar bahwa jam tidur yang disarankan adalah tujuh jam sehari. Namun, kualitas tidur yang baik nyatanya bukan hanya didasari pada kuantitas. Dilansir dari situs Sleep.org, kualitas tidur justru mengacu pada seberapa baik kamu tidur.


    Bagi orang dewasa, kualitas tidur yang baik berarti kamu terbiasa tertidur dalam 30 menit atau kurang, tidur nyenyak sepanjang malam dengan tidak bangun lebih dari satu kali, dan tertidur kembali dalam waktu 20 menit.




    Di sisi lain, kualitas tidur yang buruk ditandakan saat kamu menatap langit-langit saat hendak tidur. Nah, daripada bingung, beginilah cara mendapatkan tidur yang berkualitas menurut dr. Leonardi A. Goenawan, Sp.KJ di RSPI – Puri Indah dan RSPI – Bintaro Jaya.


    Jadwal tidur teratur

    Menurut dr. Leonardi, jadwal tidur yang teratur bisa membantu regulasi jam tubuh. Namun, kamu perlu menghindari tidur siang, khususnya bagi yang memiliki kesulitan tidur malam.


    Punya ritual jelang tidur

    Aktivitas yang santai dan rutin menjelang tidur dilakukan dalam pencahayaan yang redup bisa membantu tidurmu lebih baik. Pastikan untuk tidak melakukan kegiatan yang berat.


    (Baca Juga: 5 Penyebab Kamu Mimpi Buruk Saat Tidur)


    Olahraga

    Memiliki jadwal olahraga yang teratur jelas bisa memperbaiki pola tidurmu. Namun, sebaiknya tidak berolahraga berdekatan dengan waktu tidur.


    Buat suasana nyaman

    Atur suhu kamar senyaman mungkin. Bebas dari kebisingan dan idealnya harus gelap. Siapkan juga alas tidur yang nyaman, khususnya menggunakan bahan yang tidak memicu alergi. Corak sprei yang nyaman dipandang juga akan bantu kamu lebih rileks.


    Perhatikan cahaya

    Kamu menghabiskan banyak waktu di tempat terang, maka sebaiknya hindari tempat terang mulai senja hingga sore. Ini akan membantu keteraturan irama sirkadian tubuh. Hindari juga untuk bekerja dengan monitor menjelang tidur karena cahaya yang terpancar dari layar monitor, seperti smartphone dan laptop, bisa mengaktivasi kerja otak.


    (Baca Juga: Lakukan 10 Rutinitas Sehat Ini Sebelum Tidur)


    Gunakan kasur hanya untuk tidur

    Hal ini akan menguatkan asosiasi dalam pikiran kamu antara tempat tidur dan kualitas tidur yang baik.


    Konsultasi ke ahli

    Jika kamu telah melakukan semua tips di atas namun masih mengalami kesulitan tidur (insomnia), bahkan mulai mengganggu kesehatan dan aktivitas harian, segera berkonsultasi pada ahli.


    Itulah cara dapatkan tidur berkualitas menurut ahli yang bisa kamu coba. Semoga malam ini tidurmu lebih nyenyak, ya!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below