Cara Mudah Memulai Gaya Hidup Minimalis Dari Sekarang


  • Cara Mudah Memulai Gaya Hidup Minimalis Dari Sekarang
    Sejumlah cara mudah memulai gaya hidup minimalis dari sekarang (Foto:Dok.Ketut Subiyanto/Pexels)


    Tahun baru kerap jadi momen yang tepat untuk memulai gaya hidup yang lebih baik. Berbagai daftar to-do-list pun mulai dirancang agar resolusi tercapai di akhir tahun nanti. Apakah kamu juga?

    Dan dari banyaknya daftar target tahunan yang dipilih, salah satu yang jadi favorit adalah memulai gaya hidup minimalis. Bukan tanpa alasan, cara ini memiliki tujuan yang beragam, mulai dari memperluas ruang, menghemat uang, hingga bijak dalam berkonsumen. 



    Meski terlihat mudah, memulai gaya hidup minimalis sebetulnya butuh perjuangan dan konsistensi yang panjang. Jika tidak memiliki tujuan kuat, lifestyle ini akan terasa sulit untuk dilakukan. Dan agar kamu mudah menjalaninya, berikut Herworld rangkum cara mudah memulai gaya hidup minimalis dari sekarang.


    (Baca Juga: Mengulik Gaya Hidup dan Tren Hunian Minimalis)


    1. Buat aturan

    Sebagian orang memiliki keinginan yang tinggi untuk memiliki gaya hidup minimalis. Namun, beberapanya justru tidak mengetahui tujuan dan alasan dari pilihan itu.

    Oleh sebabnya, sebelum memulai gaya hidup minimalis, kamu perlu membuat aturan yang wajib dipatuhi oleh diri sendiri. Langkah awal ini akan memudahkanmu untuk konsisten dan memandumu sampai tujuan. 

    Tuliskanlah alasanmu ingin memulai gaya hidup minimalis. Lanjutkan dengan to-do and don't list yang menjadi targetmu ke depannya.


    2. Bersihkan 

    Jika kamu telah sempurna membuat guide lines, mulailah mencari ruang terkecil yang ada di rumahmu. Lihatlah tempat yang mungkin sering kamu jelajahi seperti, lemari pakaian atau meja rias.

    Cobalah membersihkannya secara perlahan. Jangan dulu memulai untuk memilah barang mana yang kamu butuhkan atau tidak. Cara ini membantumu untuk berpikir secara jernih untuk memilah barang mana yang benar-benar kamu butuhkan dan tidak.


    (Baca Juga: 5 Tips Mudah Buat yang Ingin Dekorasi Rumah Minimalis)


     

    3. Pakai atau donasikan

    Setelahnya, kamu bisa mencoba untuk menyisihkan barang apa saja yang memang kamu butuhkan dan tidak. Cobalah dengan teknik Six Month Use It or Lose It Rule, cara ini memudahkanmu untuk memisahkan barang mana yang berfungsi jangka panjang dan pendek.

    Tak hanya itu, langkah ini pula meminimalisir pengeluaran uang untuk membeli barang baru. Beberapa barang mungkin terlihat tidak bisa digunakan sehari-hari karena secara fungsional hanya bisa dimanfaatkan di waktu tertentu. Namun bukan berarti kamu bisa mendonasikannya dan membeli yang baru saat dibutuhkan. Hal ini juga termasuk pemborosan gaya hidup.

    Bantu menerapkannya dengan mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri, seperti "apakah aku benar-benar membutuhkannya?. Jika sudah terpisahkan, kamu bisa mendonasikannya kepada penggerak ramah lingkungan atau mereka yang membutuhkan.


    4. Letakan barang sesuai kategorinya

    Memulai gaya hidup minimalis bukanlah hal yang bisa dilakukan secara spontanitas, Perlu melewati beberapa tahapan sehingga kamu bisa menjalaninya secara konsisten.

    Oleh karenanya, langkah selanjutnya setelah memisahkan kebutuhanmu dan yang bukan, cobalah mengkategorikan sesuai tipe barang di dalam rumah. Gabungkan selimut dengan selimut, sepatu bersama sepatu lainnya. Cara ini juga disebut sebagai metode KonMari, yang bisa memudahkanmu melihat jumlah barang yang kamu miliki di rumah.


    5. Multifungsi

    Ingin memulai gaya hidup minimalis, bukan berarti kamu akan berhenti berbelanja selamanya. Hanya saja, kamu harus mencoba lebih bijak memilih barang yang akan kamu gunakan.

    Pilihlah peralatan yang memiliki nilai guna yang banyak atau multifungsi. Seperti pembuka botol yang bisa berguna sebagai gunting, dan lain-lainnya. Beberapa furnitur kini juga mengusung konsep less is more di rumah. Dengan begitu, kamu bisa memiliki sejumlah barang yang dibutuhkan tanpa memakan ruang dan merogoh kantong yang banyak.


    Itulah cara mudah memulai gaya hidup minimalis dari sekarang ini. Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below