5 Tips Mudah Buat yang Ingin Dekorasi Rumah Minimalis


  • 5 Tips Mudah Buat yang Ingin Dekorasi Rumah Minimalis
    Dekorasi rumah minimalis dan nyaman jadi tren masa kini. Ilustrasi rumah. (Foto:Dok/Pexels)


    Memiliki rumah atau hunian kecil dengan dekorasi yang minimalis tapi nyaman kini menjadi tren gaya hidup dari berbagai kalangan. Tak pelak berbagai furniture yang pas dan tepat pun jadi andalan untuk mewujudkannya.

    Beragam warna dan bentuk dari perlengkapan rumah bisa dipadupadankan demi mewujudkan kesan rumah yang luas dan juga rapi.



    Ditemui di sela-sela talkshow di Jakarta beberapa waktu lalu, Dimas Harry Priawan, selaku CEO Dekoruma memberikan tips dan trik bagaimana mendekorasi rumah biar kecil tapi nyaman. Berikut lima di antaranya: 

    (Baca Juga: 7 Teknik Merapikan Rumah ala Marie Kondo)

    1. Pilihan Warna


    (Pilihan warna dalam rumah.Foto:Dok/Pexels)

    Kolaborasi antar warna bisa membuat suasana rumah yang nyaman dan terlihat luas. Padu padan warna pastel, merah, tosca, kuning dan pink bisa jadi pilihanmu untuk mewarnai ruang dalam rumah agar selain minimalis, tapi juga nyaman dan enak dilihat. 


    2. Cahaya


    (Pemilihan cahaya lampu dalam ruangan.Foto:Dok/Pexels)

    Selain warna, penggunaan lampu di dalam ruangan juga bisa membangun kesan rumah yang elegan. Cahaya kuning keemasan dan cahaya putih bisa kamu atur dalam satu ruang, agar momen bersama teman, keluarga di dalam rumah tidak membosankan.


    3. Mix and Match Furniture 

    Pemilihan furniture yang pas dari beragam jenis material seperti kayu dan besi, bisa dicocokkan dengan komposisi ruangan. "Bedanya sekarang dengan 20 tahun lalu, sekarang material untuk furniture juga semakin murah, contoh, HPL bisa buat warna seperti kayu dan jauh lebih awet, serta mudah untuk di maintance. Jadi, nggak masalah, tergantung style. dan yang paling apakah perpaduannya sesuai aja," jelasnya.

    (Baca Juga: 8 Dekorasi Rumah untuk Memeriahkan Perayaan Imlek)


    4. Ukuran


    (Ukuran furniture harus diperhatikan.Foto:Dok/Pexels)


    Berbagai model dari furniture yang ditawarkan bisa menggiurkan saat kamu melihatnya. Namun, ada baiknya kamu mengingat kapasitas ruang yang ada. Furniture yang terlalu besar, bisa membuat ruang menjadi sempit dan susah untuk dibersihkan. 

    "kebanyakan orang memilih furniture 'asal ada', seperti sofa atau meja makan besar, lebih suka model, tapi ukurannya tidak pas. Terus memaksakan beli, jadinya tidak pas," ujar Dimas. 

    Ia juga menambahkan, memperhatikan ukuran furniture lebih penting dibandingkan model, untuk menciptakan rumah yang minimalis. "Ukuran rather than model, ukurannya misalnya 140cm, banyak kok yang bisa dipilih."


    5. Open Space 

     
    (Desain rumah open space.Foto:Dok/Pexels)

    Kebiasaan keluarga masa kini yang membangun ruang serba guna di dalam rumah, kian membangun ide untuk konsep rumah yang minimalis. Dengan menyatukan ruangan, seperti dapur dengan ruang keluarga, bisa diterapkan bagi kamu yang ingin mendekorasi rumah agar terlihat luas meskipun kecil.

    "Sebenarnya tergantung karakter orangnya masing-masing, saya tipe orang yang suka open space, tapi ada orang yang mungkin karakternya lebih suka privacy," terangnya.

    Dimas juga menyarankan jika memiliki ruangan yang kecil, namun membutuhkan privacy, penggunaan furniture seperti rak, bisa dijadikan pembatas antara ruangan satu dengan yang lainnya.

    "Kenyataannya ruangannya tidak besar. Jadi triknya kalau memang mau nyekat, nyekatnya itu yang seperti apa, jadi sekarang tidak usah di tembok full, kasih aja opsi rak, ini bisa jadi pembeda dari ruang satu dengan ruang yang lainnya, dan rak lebih fungsional," ujarnya. 

    Jadi, kamu masih bingung untuk mendekorasi rumah yang minimalis?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below