Tips Agar Produktif dan Sehat Secara Mental Selama PSBB


  • Tips Agar Produktif dan Sehat Secara Mental Selama PSBB
    Tips agar tetap produktif dan sehat secara mental selama PSBB (Foto: Dok. Pexels)

    Pemprov DKI Jakarta mengumumkan bahwa masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diperpanjang hingga 11 Oktober 2020. Artinya, kamu harus berjuang lebih panjang lagi untuk bisa membagi waktu antara pekerjaan, mengurus keluarga, dan diri sendiri dengan ruang terbatas yang dimiliki. Berikut ini, herworld telah merangkum beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk tetap produktif sekaligus sehat secara mental.


    (Baca Juga: 7 Hal Produktif yang Bisa Dilakukan dalam 15 Menit)




    Tentukan tempat yang nyaman


    Cobalah cari sudut ruangan yang nyaman untuk kamu bekerja agar seluruh pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Matt Haughey, seorang kreator untuk weblog MetaFilter sekaligus penulis untuk Slack, menceritakan pengalamannya bekerja dari rumah kepada Time. Ia memulai pekerjaannya dengan duduk di sebuah meja kecil di ruang tamu apartemennya. Namun, posisi tersebut membuatnya tak nyaman sehingga ia menciptakan sebuah ruangan di apartemennya sebagai ruangan kerja dan menutup pintu selama bekerja untuk mengurangi gangguan.


    Kamu dapat menyesuaikan ruangan kerja dengan suasana yang ingin dibangun dan berdasarkan kebutuhan yang dapat mendukungmu dalam bekerja.


    Cari seorang teman


    Biasanya, kamu akan lebih mudah beraktivitas dengan produktif tanpa coworker yang gemar berbicara. Namun, sebenarnya interaksi sosial, bahkan dengan rekan kerja, dapat meredakan perasaan terisolasi dan kesepian.


    Dr. Thuy-vy Nguyen dari Durham University, berpendapat bahwa efek psikologis dari bekerja jarak jauh untuk waktu yang lama sering kali diabaikan. Padahal, ini merupakan hal penting dalam kesehatan mental dan team bonding.


    Agar dapat tetap bersosialisasi selama work from home, Nguyen merekomendasikan untuk mencari teman kerja yang dapat dihubungi ketika kamu membutuhkan teman ngobrol atau sekadar bertukar pesan.


    Menyusun jadwal


    Selain mencari seorang teman, Nguyen juga menyarankan agar kamu tetap menyusun jadwal setiap harinya agar kegiatanmu tetap terstruktur. Ia mengatakan bahwa biasanya waktu dan jadwal yang kita lakukan setiap hari dipengaruhi oleh orang lain sehingga saat tidak memiliki rutinitas seperti biasanya, kamu akan kesulitan untuk menyesuaikan.


    Jadwal yang disusun ini juga termasuk waktu kamu makan, menonton serial televisi, atau jalan kaki di sore hari. Keuntungan lainnya dari menyusun jadwal adalah kamu dapat menetapkan boundaries antara pekerjaan dan kehidupan pribadi sehingga pekerjaanmu akan selesai tepat waktu dan bisa segera melepas penat.


    Tentukan caramu dalam berkomunikasi


    Untuk menjalin komunikasi yang baik selama tidak bertatap muka, kamu perlu menentukan cara yang efektif agar dapat memperlancar komunikasi dan mempertahankan ikatan yang dimiliki dengan seluruh tim. Jika melakukan video conference dinilai memudahkan, gunakan aplikasi seperti Zoom yang memiliki fitur share screen agar seluruh anggota tim dapat mengerti topik pembahasan yang dimaksud.


    Tak hanya urusan pekerjaan, kamu juga bisa mengajak rekan kerjamu untuk makan siang bersama melalui video conference supaya nuansa yang tercipta terasa seperti bekerja di kantor. 


    (Baca Juga: Isolasi Diri, 6 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Di Rumah)


    Itulah beberapa tips yang dapat kamu terapkan agar tetap produktif dan kesehatan mentalmu tetap terjaga selama masa PSBB. Remember that we're all in this together!


    (Penulis: Aurelia Gracia)







 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below