Isolasi Diri, 6 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Di Rumah


  • Isolasi Diri, 6 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Di Rumah
    Pemerintah mengimbau warga untuk mengisolasi diri di rumah. Agar tetap produktif, kamu bisa melakukan hal-hal ini. (Foto: Dok. Theformfitness/Pexels)

    Sebagian besar dari kita pasti sudah paham tentang virus Covid-19. Mulai dari penyebarannya, gejala, hingga jumlah kenaikan pasien yang terjangkit. Pertambahan signifikan setiap harinya ini membuat Pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan aktivitasnya dari rumah. Kegiatan mengisolasi diri ini diharapkan bisa menekan penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. Nah, kalau kamu sudah mendapat kebijakan ini dari kampus atau tempat kerja, enggak perlu khawatir akan merasa bosan. Kamu bisa coba melakukan 6 hal ini untuk tetap produktif meski dari rumah.






    (6 Hal yang bisa dilakukan di rumah. Foto: Dok. Giphy)

    1. Baca buku

    Kesibukan sehari-hari kadang membuat kita tak sempat membaca buku. Padahal dengan buku, kita bisa mendapatkan banyak informasi dan hiburan yang berkualitas lho. Gunakan momen ini untuk membaca buku-buku ada di daftar bacaan. Tapi, tetap pastikan kebersihan buku yang kamu baca.




    (6 Hal yang bisa dilakukan di rumah. Foto: Dok. Giphy)

    2. Binge-watch serial tv kesayangan

    Akhirnya kamu punya waktu luang untuk menyelesaikan serial tv yang sudah lama kamu tonton. Biasanya karena keterbatasan waktu, menyelesaikan satu episode saja memerlukan hingga 2-3 hari. Kebetulan, ada beberapa serial yang baru rilis minggu ini. Pas banget untuk kamu tambahkan ke daftar.




    (6 Hal yang bisa dilakukan di rumah. Foto: Dok. Giphy)

    3. Menulis jurnal

    Kamu bisa menuangkan ide-ide atau isi hati dalam jurnal. Kegiatan ini bukan hanya bisa menghabiskan waktu luangmu tapi juga akan membuat hatimu lebih lega. Sekarang ini banyak sekali pemberitaan negatif tentang Covid-19 yang pastinya menambah kekhawatiranmu. Nah, dengan menulis di jurnal, hatimu akan terasa lebih tenang sehingga akan memberikan ruang bagi pikiran-pikiran positif agar tubuhmu tidak stres. Salah satu ciri tubuh yang sehat adalah lewat pikiran yang sehat pula.




    (6 Hal yang bisa dilakukan di rumah. Foto: Dok. Giphy)

    4. Masak

    Bagi kamu yang selalu ingin berkreasi dengan beragam resep baru, maksimalkan waktu isolasi diri selama 14 hari ini untuk menghasilkan menu-menu unik buat dirimu dan penghuni rumah lainnya. Tak usah khawatir akan gagal, kamu punya banyak waktu untuk melakukan trial and error.





    (6 Hal yang bisa dilakukan di rumah. Foto: Dok. Giphy)

    5. Meditasi

    Cara efektif lainnya untuk melepaskan semua energi negatif dalam tubuh. Tingkat stres yang berlebih hanya akan menurunkan daya tahan tubuh sehingga virus dan bakteri bisa dengan mudah masuk. Kamu bisa melakukan ini di mana saja, di kamar atau di ruang tamu. Jangan lupa untuk ajak kakak, ibu, atau nenekmu juga ya.




    (6 Hal yang bisa dilakukan di rumah. Foto: Dok. Giphy)

    6. Membersihkan rumah

    Mungkin biasanya kamu hanya menyapu dan mengepel area-area tertentu. Saat punya waktu luang yang cukup panjang, kamu bisa mencoba deep-cleansing alias benar-benar membersihkan semua kamar dan sekat-sekat jendela atau pintu. Gunakan cairan desinfektan untuk benda-benda yang sering dipegang oleh banyak orang seperti gagang pintu, telepon, bel rumah, hingga keran.


    Itulah 6 hal yang bisa kamu lakukan di rumah selama masa isolasi. Ingat, tetap semangat dan jangan panik karena kita pasti bisa melewatinya bersama-sama.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below