Maskne: Cara Agar Kulit Terhindar Dari Jerawat Karena Masker


  • Maskne: Cara Agar Kulit Terhindar Dari Jerawat Karena Masker
    Cara Efektif Agar Kulit Terhindar Dari Maskne Atau Jerawat karena penggunaan masker (Foto:Dok.Engin/Unsplash)


    Wabah virus corona telah mengubah sebagian gaya hidup masyarakat saat ini. Salah satu yang paling terasa adalah wajib menggunakan masker saat bepergian. Bukan tanpa alasan, hal ini sebagai langkah untuk meminimalisir penularaan virus COVID-19.

    Namun, walaupun efektif mencegah penularan virus corona, penggunaan masker bisa memicu permasalahan kulit, yakni maskne atau timbulnya jerawat di area wajah karena penggunaan masker seharian. Lalu, bagaimana cara mencegahnya?



    Tak perlu khawatir, maskne atau jerawat ini bisa dihindari dengan menjaga kesehatan kulit secara maksimal. Selain melakukan double cleansing, kamu juga perlu menutrisi kulit agar terhindar dari polusi. Selain kedua langkah itu, berikut cara agar kulit terhindar dari maskne atau jerawat.


    (Baca Juga: Tips Kulit Tetap Glowing di Balik Masker ala Wanita Korea)


    1. Pilih bahan kain yang lembut 

    Memilih masker yang tepat tak hanya dilihat dari seberapa cukup dia untuk menutupi setengah wajah. Tapi penting juga untuk melihat kualitas bahan yang ingin digunakan. Hal ini bukan hanya sekedar memberikan kenyamanan, melainkan juga agar mencegah kulit mengalami iritasi saat menggunakannya.

    Melansir laman Daily Mail, Lucy Xu, spesialis kulit dan pendiri London Premier Laser Skin Clinics menyarankan untuk memilih kain masker yang lembut. Dan sebaiknya sediakan 2-3 buah masker, sebagai pengganti saat masker lainnya sedang dibersihkan.

    "Pilih kain alami seperti kapas atau sutra yang bisa dicuci karena jenis kain ini akan mengurangi gesekan masker di wajahmu yang akan membantu mencegah iritasi dari gesekan," katanya. "Saya juga menyarankan membeli beberapa yang akan memungkinkan kamu untuk memutar masker setiap hari. Sehingga kamu mengenakan masker bersih setiap hari sementara yang lain sedang dicuci."


    2. Perhatikan produk pembersih kulit

    Walaupun menggunakan masker seharian, tak menjamin kulit terhindar dari polusi. Hal ini bisa ditandai oleh timbulnya jerawat dibeberapa area wajah. Apa kamu salah satu yang mengalaminya?

    Spesialis kulit Dr Jaskaren Midha menjelaskan kandungan apa saja yang sebaiknya ada di dalam produk perawatan kulitmu demi mengusir 'maskne'. Salah satunya adalah skincare yang memiliki anti-inflamasi dan juga asam salsilat. Kedua ini bekerja secara maksimal melindungi kulit dari kotoran.


    (Baca Juga: Rekomendasi Skincare Wajib untuk Beraktivitas Selama Pandemi)


    3. Double Cleansing

    Selain memperhatikan kandungan yang baik untuk perawatan kulit selama menggunakan masker, melakukan pembersihan ganda atau double cleansing juga dianjurkan oleh para spesialis kulit. Bukan tanpa alasan, cara ini efektif untuk menghilangkan bakteri yang tidak diinginkan, kotoran dan minyak berlebih.


    4. Pastikan kulit terhidrasi

    Kelembapan kulit juga jadi salah satu yang harus diperhatikan untuk menghindari maskne. Selain menggunakan skincare rutin, ada beberapa cara lain yang wajib dilakukan agar kulit tetap terhidrasi.

    Yang pertama, kamu bisa mengonsumsi berbagai makanan yang bisa meningkatkan kelembapan kulit dari dalam. Jangan pernah melepaskan buah-buahan dan aneka sayuran dalam menu makananmu, ya?

    Kemudian, penuhilah kebutuhan mineral dalam tubuh dengan konsumsi minimal 8 gelas setiap harinya. Dan terakhir, setelah mencuci muka jangan menggosok handuk kepada kulit. Cobalah mengeringkan dengan menepuk-nepuk kulit agar tidak terjadi pergesekan.

    "Setelah membasuh air ke kulit, cobalah untuk tidak menggosok permukaan, menepuk kering dengan handuk daripada menggosok. Pelembab yang baik saat ini juga penting untuk mengembalikan kelembaban yang hilang ke dalam kulit," Jelas Dr Jaskaren Midha.


    (Baca Juga: Hailey Bieber Beri Tips Makeup Dan Skincare Di Masa Pandemi)


    5. Beri waktu maskeran

    Sediakanlah waktu khusus untuk memberikan perawatan lebih untuk kulitmu. Sehingga kulit terhindar stres yang bisa memicu timbulnya berbagai masalah kulit.

    Menurut Lucy Xu, clay mask adalah salah satu yang dibutuhkan untuk kulit saat ini. Kamu bisa menggunakannya 2-3 kali seminggu agar kotoran di dalam kulit terangkat dengan sempurna.

    "Saya juga akan mulai menggunakan masker wajah secara lebih teratur, mungkin beberapa kali seminggu," jelasnya. "Hal ini akan efektif menarik keluar kotoran dan bakteri yang telah muncul ke kulitmu dari mengenakan masker dan akan bekerja jauh ke dalam epidermis. Clay mask adalah yang terbaik untuk kulit yang rentan jerawat."


    6. Minimalisir penggunaan makeup

    Menggunakan makeup jadi salah satu teknik khusus bagi wanita agar semangat menjalani hari. Meskipun memakai masker, riasan mungkin akan tetap on point. Setuju?

    Hal ini memang tidak salah untuk dilakukan, namun pilihlah produk kecantikan dengan bahan yang ringan. Jika kamu menggunakan dengan bahan yang berat, hal ini bisa jadi salah satu penyumpat pori-pori kulit. Sehingga jerawat bisa meradang walaupun menggunakan masker.

    Oleh sebabnya, cobalah kurangi penggunaan makeup saat menggunakan masker. Selain bisa menjaga kesehatan kulit, kamu juga bisa lebih berhemat, kan?


    (Baca Juga: 8 Tips Makeup Tahan Lama Meski Pakai Masker Seharian)


    7. Gunakan produk antioksidan dan lip balm

    Salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar kulit terjaga dari polusi adalah dengan menggunakan rangkaian produk antioksidan. Pilihlah kandungan Vitamin C sebagai antioksidan, karena ia adalah yang terkuat dalam menjaga kulit dan akan menetralisir radikal bebas. 


    8. Pastikan masker bersih

    Langkah terakhir untuk mencegah maskne muncul pada kulit adalah dengan memastikan masker yang digunakan telah bersih dari kuman. Sediakanlah beberapa masker di rumah dan di dalam tasmu sebagai cadangan untuk menggantinya. Dengan pergantian yang rutin, cara ini sangat efektif untuk menghindari munculnya jerawat yang meradang.


    Lakukanlah cara ini agar kulit terhindar dari maskne selama pandemi. Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below