Tips Kulit Tetap Glowing di Balik Masker ala Wanita Korea


  • Tips Kulit Tetap Glowing di Balik Masker ala Wanita Korea
    Saatnya jaga kecantikan kulit di balik balutan masker layaknya wanita Korea. (Foto: Dok. Lifeforstock/Freepik)

    Memasuki era normal baru, rasanya kita tetap akan harus mengenakan masker setiap saat selama beberapa bulan ke depan. Saat ini sudah mulai muncul banyak keluhan kulit yang diistilahkan sebagai “maskne”, yaitu jerawat akibat penggunaan masker kain atau medis. Penggunaan masker dalam waktu yang lama membuat area wajah kita yang tertutup selalu lembap dan pengap. Hal ini dapat memicu timbulnya jerawat. Belum lagi tingkat kelembapan udara di negara kita memang sudah cukup tinggi. 


    (Baca juga: 7 Label Lokal Yang Menghadirkan Masker Kain Menggemaskan)




    Kerap menjadi kiblat perawatan kulit, di tengah pandemi ini, wanita-wanita Korea masih tetap berhasil menjaga glass skin mereka tetap glowing dan bebas jerawat. Kali ini, rutinitas skincare seperti apa sih yang mereka lakukan? Berikut beberapa tips yang kamu bisa ikuti untuk menjaga kulit tetap bersih dan terhindar dari maskne.


    Pakai Sabun Wajah yang Lembut

    (Soap-free dan mampu membersihkan pori-pori secara mendalam tanpa menimbulkan rasa kering atau "ketarik". Foto: Dok. @skindewi/Instagram)

    Setiap kali kamu mengenakan masker bedah dalam waktu yang lama, produksi sebum cenderung bertambah. Jadi, kamu mungkin ingin mencuci wajah lebih sering dari biasanya. Jika kamu mencuci wajah di tengah hari, pastikan sabun yang kamu gunakan berformula lembut dan dapat menjaga pH kulit tetap seimbang. Cari yang tidak terlalu banyak mengandung busa dan bebas dari AHA/BHA. Namun, jika kulit kamu sensitif, tetaplah mencuci muka hanya dua kali sehari.


    Menggunakan Masker Berbahan Kertas


    (Kamu juga bisa rajin mengganti lapisan filter dalam masker agar tetap segar. Foto: Dok. Freepik)

    Penumpukan kotoran adalah penyebab utama kulit breakout saat menggunakan masker. Jadi sebaiknya ganti masker kamu dengan yang baru setiap sudah terasa lembap. Agar lebih higienis lagi, kamu bisa menggunakan masker medis yang berbahan kertas (jika memungkinkan), karena sirkulasi udaranya lebih lancar. Namun jika kamu menggunakan masker kain pakai ulang, sebaiknya selalu membawa cadangan untuk ganti setiap beberapa jam. Pastikan saat mencuci masker kain kamu juga benar-benar menghilangkan penumpukan kotoran dan makeup hingga tuntas.


    Tidak Menggunakan Makeup

    Bahkan riasan nonkomedogenik sekalipun masih berisiko menyumbat pori-pori saat menggunakan masker, karena ia akan bercampur dengan kotoran dan udara yang lembap. Untuk mencegah jerawat, sebaiknya tidak menggunakan makeup di area yang tertutup masker. Tapi, kamu bisa bebas berkreasi pada riasan mata. 


    (Baca juga: 5 Polesan Makeup Pada Mata Yang Harus Ada Saat Pakai Masker)


    Sedia Patch Jerawat 


    (Acne patch ini memiliki bahan yang sangat tipis sehingga nyaman digunakan saat beraktivitas. Foto: Dok. Sociolla)

    Orang Korea sangat menyukai pimple patches. Ketika sudah ada jerawat yang muncul, cegah peradangan lebih lanjut dengan menutupnya menggunakan pimple patch. Saat jerawat aktif bergesekan dengan masker berkeringat, ia akan tambah teriritasi. Nah “tambalan” jerawat dapat mencegah hal itu.


    Mengandalkan Kandungan Anti Inflamasi


    (Lotion ini juga bisa menyamarkan bekas jerawat. Foto: Dok. Tokopedia)

    Jika memiliki kulit rentan jerawat, kunyit, niacinamide, dan azelaic acid menjadi komponen anti-inflamasi yang ampuh. Pastikan ada salah satu dari kandungan ini dalam ritual skincare sehari-hari, bahkan untuk malam hari. Mereka juga akan menenangkan kulit yang terasa panas selama menggunakan masker.


    Menjaga Kesejukan Kulit

    Untuk meminimalisir keringat, serta rasa lembap dan pengap, kamu bisa sedia kipas angin portable yang siap menyejukkan wajah kapan saja. Facial mist dengan efek cooling juga bisa membantu. 


    *sumber: www.herworld.com 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below