Rekomendasi Skincare Wajib untuk Beraktivitas Selama Pandemi


  • Rekomendasi Skincare Wajib untuk Beraktivitas Selama Pandemi
    Supaya nggak bingung, simak rekomendasi produk skincare yang bisa menjaga kulitmu selama pandemi. (Foto: Dok. Freepik)

    PSBB kembali diberlakukan, namun banyak juga di antara kita yang masih harus rutin ke kantor karena tuntutan pekerjaan. Selain menjaga kesehatan tubuh, saat menghadapi era normal baru ini kita juga perlu untuk menjaga kesehatan kulit, terutama saat bekerja atau berkegiatan di luar rumah. Mengapa? Penggunaan masker yang intensif dapat berdampak buruk bagi kulit kita, mulai dari iritasi, meningkatnya sensitivitas, sampai jerawat yang kini dikenal dengan “maskne”. Agar kulit tetap sehat dan segar, berikut rekomendasi skincare yang wajib dipakai selama beraktivitas di tengah pandemi.  


    (Baca juga: Tips Kulit Tetap Glowing di Balik Masker ala Wanita Korea)




    1. Pembersih Wajah Lembut

    Salah satu kebiasaan baru yang muncul saat ini adalah sering cuci tangan. Sama halnya dengan tangan, area wajah juga perlu lebih sering dibersihkan. Memang frekuensi mencuci wajah yang disarankan adalah cukup dua kali sehari, namun untuk tindakan pencegahan, saat ini kamu bisa meningkatkan frekuensi mencuci wajah menjadi tiga kali sehari. 


    Tanpa terasa kita bisa menyentuh area wajah dalam jumlah yang banyak setiap jamnya, termasuk saat membernarkan masker atau membenahi rambut. Membersihkan wajah di tengah hari dapat membantu menyingkirkan bakteri dan virus yang menempel. Atau jika kamu menggunakan transportasi umum ke tempat kerja, kamu bisa langsung membersihkan wajah sesampainya di kantor. Agar kelembapan kulit wajah tetap terjaga, kamu bisa menggunakan sabun wajah yang berformula lembut namun tetap efektif dalam menyingkirkan bakter dan kotoran.


    Coba: 

    Lagom Cellup Gel to Water Cleanser (Rp200.000)


    (Kamu bisa mendapatkan produk ini di hey-glow.com. Foto: Dok. Hey Glow)


    Sempurna untuk kamu yang tidak sempat melakukan double cleansing. Pembersih wajah satu ini ampuh untuk mengangkat minyak, kotoran, dan toksin yang menempel pada wajah. Walaupun high-performing, formulanya tetap lembut dan tidak membuat kulit kering atau merasa “ketarik” setelah mencuci wajah. Tekstur gel to water-nya sangat unik, setelah dipijatkan pada wajah yang basah, ia akan berubah menjadi cair sehingga kulit terhidrasi, terasa lebih calm, dan bersih tuntas. Wangi alami lavender dan citrus-nya yang lembut juga sangat merelaksasi. 



    2. Face Mist/Toner Mist

    Saat berada di luar rumah, tentu akan tidak efisien jika kamu memboyong seluruh rangkaian 10-step skincare. Jadi, andalkan produk-produk perawatan kulit yang praktis, simpel, dan tepat sasaran. Untuk mengembalikan kelembapan setelah mencuci wajah, kamu bisa menyemprotkan face mist atau toner yang berbentuk spray. Pilih yang memiliki kandungan untuk menenangkan dan menyeimbangkan kulit wajah.


    COSRX Low pH PHA Barrier Mist (Rp270.000)

    (Kemasannya ramping dan berwarna biru lembut. Foto: Dok. Sociolla)

    Sesuai namanya, produk ini mengandung Polyhydroxy Acids (PHA) sebanyak 0,5% untuk mengangkat sel kulit mati (eksfoliator) yang aman untuk kulit sensitif. Selain itu, ia juga dilengkapi Cocos Nucifera (Xoconut) Fruit Extract yang mampu melembapkan sekaligus memiliki kandungan anti-inflamasi. Gluconolactone di dalamnya dikenal dapat menjaga kelembapan kulit sambil memberi efek anti-oksidan, anti-acne, dan antifungal. Penting!


    3. Pelembap Ringan

    Setelah menyegarkan dan menyeimbangkan kulit wajah, jangan lupa gunakan pelembap yang ringan dan tidak menyumbat pori-pori. Selama menggunakan masker, sebisa mungkin utamakan rangakaian perawatan kulit yang simpel dan tidak terlalu bertumpuk-tumpuk untuk menghindari terjadinya penyumbatan pori-pori dan jerawat. Kamu bisa coba produk ini. 


    Dr. Jart+ Cicapair Calming Gel Cream (Rp425.000)

    (Kamu juga bisa mencoba serumnya yang best-seller. Foto: Dok. Shopee.co.id)


    Teksturnya adalah gel ringan yang mudah meresap ke kulit. Ia bisa membantu mengatasi kulit yang teriritasi dan memerah akibat penggunaan masker berkat kandungan ekstrak centella asiatica-nya. Calming gel ini ramah untuk semua jenis kulit, bahkan ia bisa membantu menenangkan jerawat yang sedang merah meradang. 


    4. Sunscreen

    Jika langkah pembersihan wajah ini kamu lakukan di siang hari, penting untuk mengaplikasikan tabir surya kembali. Walaupun berada di dalam ruangan, kamu tetap memerlukan proteksi dari sinar biru dari gadget, dan sinar UVA dari matahari yang masih bisa menembus kaca. Supaya praktis, kamu bisa membawa sunscreen berbentuk spray atau stik seperti:


    Banila Co. Hello Sunny Essence Sun Stick Fresh SPF 50+ PA++++ (Rp296.000)

    (Kemasannya kecil dan praktis, mudah dibawa bepergian dan tidak akan memberatkan tas kamu. Foto: Dok Banilaco.ph)

    Salah satu sunscreen yang benar-benar terasa invincible saat digunakan. Ia mengandung ekstrak apple mint yang membantu menghaluskan dan membuat kulit matte. Ideal untuk kulit kombinasi dan berminyak. Namun kulit kering dan normal juga akan merasa segar menggunakan sunscreen ini di balik masker karena formulanya sangat ringan. 


    (Baca juga: 3 Tips Mencegah Jerawat Muncul Saat Pakai Masker Seharian)