8 Tips Makeup Tahan Lama Meski Pakai Masker Seharian


  • 8 Tips Makeup Tahan Lama Meski Pakai Masker Seharian
    Meski menggunakan masker saat mewabahnya virus corona, kamu bisa menjaga riasan wajahmu agar bertahan lama dengan berbagai cara berikut. (Foto: Dok. Freepik)


    Wabah virus corona atau Covid-19 buat masyarakat mulai bersiaga dan melakukan pencegahan penularannya. Selain membeli hand sanitizer, salah satu langkah lain yang dilakukan adalah dengan menggunakan masker saat berada di keramaian, terutama saat kondisi badan tidak sehat.

    Namun saat menggunakan masker, riasan wajah menjadi tidak bertahan lama dan mudah luntur. Bahkan, tak jarang warnanya menempel ke bagian dalam masker, sehingga membuat makeup-mu tak lagi sempurna saat dibuka. Lalu bagaimana cara menyiasatinya?



    Menggunakan makeup bertekstur matte dan ragam skincare sebelum memoleskan ragam kosmetik ke wajahmu, bisa membantunya agar bertahan lama. Selain itu, dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara lainnya yang bisa dilakukan agar riasanmu tetap on meski menggunakan masker seharian:

    (Baca Juga: 9 Alat Makeup yang Wajib Punya untuk Pemula)


    1. Pakai skincare anti-lengket


    (Menggunakan skincare anti lengket. Foto: Dok. Valeriia/Pexels)


    Menggunakan skincare yang tidak lengket jadi hal utama yang harus dilakukan sebelum menggunakan makeup. Tujuannya selain melembapkan, hal ini juga bisa membuat riasan wajah yang tahan lama!


    2. Primer, primer, primer!


    (Menggunakan primer sebelum memoleskan makeup. Foto: Dok. Shiny Diamond/Pexels)

    Agar makeup tetap on sepanjang hari, menggunakan primer bisa jadi cara mudah untuk dilakukan. Pilihlah jenisnya sesuai dengan tipe kulitmu. Sehingga saat diaplikasikan ke wajah, riasan tak akan mudah luntur.

    (Baca Juga: 7 Produk dan Alat Makeup yang Tak Boleh Dipakai Bersama)


    3. Gunakan foundation secukupnya


    (Gunakan foundation dengan tipis. Foto: Dok. Freepik)

    Menggunakan foundation berlebih bisa membuat polesan menjadi rusak, terutama saat menggunakan masker dengan waktu yang lama. Hawa panas di dalamnya bisa menimbulkan crack di wajahmu. Sehingga, jika memang harus menggunakannya, pilihlah jenis yang full coverage atau matte sehingga lebih meresap ke kulit.


    4. Blush on cream


    (Blush on cream. Foto: Dok. Retha/Pexels)

    Jika kamu ingin tampil memesona dengan pipi yang merah, pilihlah produk dengan bentuk cream. Jenis blush on yang satu ini akan mudah menyatu dengan kulit. Sehingga pipimu akan berwarna lebih lama.

    (Baca Juga: 5 Tips Mudah Merawat Makeup Agar Awet dan Tahan Lama)


    5. Pakai bedak


    (Pakai bedak sesuai dengan tipe kulit. Foto: Dok. Pexels)


    Sebagai polesan yang berfungsi untuk membuatnya menyatu, gunakan bedak sesuai dengan jenis kulitmu. Pemilik kulit kering lebih dianjurkan menggunakan bedak compact atau padat, sementara yang memiliki kulit berminyak bisa memakai bedak powder.


    6. Utamakan bagian mata


    (Buat warna lebih mencolok di bagian mata. Foto: Dok. Pexels)

    Saat menggunakan masker, bagian wajah yang paling terlihat adalah bagian mata. Ini saat yang tepat untuk berkreasi dan buatnya lebih mencuri perhatian. Bermainlah dengan warna mencolok seperti biru, pink, merah, kuning dan lainnya. Atau kamu juga bisa mewarna bagian kelopak mata warna bold.

    (Baca Juga: 4 Cara Membersihkan Peralatan Makeup Dengan Mudah)


    7. Gunakan lip matte


    (Pilih lipstik yang matte. Foto: Dok. Pexels)

    Untuk warna bibirmu tak mudah hilang meski menggunakan masker, pilihlah lipstik berahan matte. Hindari menggunakan produk bibir yang mudah hilang seperti lip gloss. Warnanya bisa menempel ke bagian dalam masker dan membuatmu kehilangan warna pada bibir.

     

    8. Setting spray 


    (Gunakan setting spray untuk mengunci makeup. Foto: Dok. Shiny Diamond/Pexels)

    Sebagai tahap akhir agar makeup-mu tahan lama, semprotkan setting spray jadi salah satu cara agar polesanmu melekat dan tidak mudah menempel ke maskermu. Sehingga saat masker dibuka, makeup-mu tetap on dan tahan lama!

    Itu dia delapan cara agar riasan tidak luntur walaupun menggunakan masker seharian. Jangan lupa untuk selalu membersihkan tangan sebelum dan sesudah menggunakan makeup.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below