8 Gejala Depresi Yang Sulit Dipahami Oleh Diri Sendiri


  • 8 Gejala Depresi Yang Sulit Dipahami Oleh Diri Sendiri
    Kenali berbagai tanda dan gejala depresi yang tak banyak orang tau (Foto:Dok/Unsplash)


    Sampai saat ini, depresi masih jadi gangguan kesehatan mental yang bisa dialami oleh siapapun. Tua, muda, pria atau pun wanita bisa mengalaminya tanpa tau waktu dan mengganggu berbagai kegiatan sehari-hari karena dampaknya yang mengubah suasana hati.

    Bahayanya, gejala depresi masih sulit dikenali oleh beberapa orang, bahkan oleh diri sendiri. Padahal ia butuh ditangani segera mungkin agar terhindar dari hal yang bisa membahayakan si penderita sekaligus orang disekelilingnya.



    Untuk itu, penting untuk mengetahui gejala depresi pada diri sendiri atau pun orang terdekat. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tanda-tanda orang mengalami depresi yang patut diketahui.


    (Baca Juga: Selain Atasi Depresi, Ini 5 Manfaat Kesehatan dari Yoga)


    1. Tak ada minat berpenampilan

    Saat seseorang mengalami depresi, mood-nya sangat mempengaruhi perasaannya selama menjalani kehidupan. Salah satunya yang bisa terlihat adalah penampilannya sehari-hari.


    2. Kehilangan ketertarikan

    Depresi juga bisa menghilangkan perasaan senang dan ketertarikan pada sesuatu yang biasanya disukai. Seperti hilangnya semangat untuk olahraga, melakukan hobi dan bertemu dengan teman.

    Beberapa pasangan yang mengalami depresi juga bisa kehilangan minat seks dan gairah bercinta bersama kekasihnya. Yang berbahaya bagi pria, ia bisa mengalami impotensi.


    (Baca Juga: 10 Makanan Yang Efektif Untuk Mengatasi Depresi)


    3. Gangguan tidur

    Gejala lain dari depresi adalah di mana seseorang merasa sangat kelelahan hingga menghambat berbagai aktivitasnya. Hal ini membuatnya kehilangan energi untuk mengerjakan berbagai kegiatan.

    Namun bagi beberapa orang, depresi juga erat kaitannya dengan insomnia atau sulit tidur. Kurangnya tidur ini bisa memicu rasa cemas dan memperburuk keadaan.


    4. Cemas

    Melansir Healthline, depresi memang tidak terbukti bisa menyebabkan kecemasan. namun keduanya bisa terjadi secara bersamaan. Gejalanya bisa meliputi rasa gelisah, gugup, panik hingga jantung berasa cepat.


    (Baca Juga: Mengenal 8 Tanda dan Gejala Depresi)


    5. Mudah tersinggung

    Pria dan wanita bisa mengalami gejala yang berbeda ketika mengalami depresi. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa pria akan lebih mudah tersinggung atau mudah marah saat mengalami depresi.


    6. Perubahan berat badan

    Berat badan dan nafsu makan dapat berfluktuasi pada penderita depresi. Pengalaman ini mungkin berbeda untuk setiap orang. Beberapa orang akan mengalami peningkatan nafsu makan dan berat badan, sementara yang lain tidak ada nafsu makan dan berat badan turun secara drastis.


    (Baca Juga: Awas Depresi, Ini Tanda-Tandanya)


    7. Emosi tak terkendali

    Saat depresi, diri akan sulit mengendalikan emosi seperti marah, sedih yang memicu terjadinya perilaku yang tak biasa. Bahkan hal ini bisa terjadi tanpa adanya dorongan dari luar.

    Tak terkendalinya emosi ini disebabkan depresi yang kerap mengubah suasana hati secara cepat dan tiba-tiba. Sehingga perasaan cenderung tak menentu hingga sulit dipahami, bahkan oleh si penderita itu sendiri.


    8. Ingin bunuh diri

    Mereka yang mengalami depresi terkadang sering mencari jalan untuk mengakhiri hidupnya atau bunuh diri. Masih melansir laman yang sama, pada tahun 2013, lebih dari 42 ribu orang meninggal di Amerika Serikat tercatat sebagai kasus bunuh diri. 


    Oleh sebabnya, penting untuk mengetahui gejala depresi untuk menjaga orang disekliling kita dari keinginan bunuh diri. Bahkan, cara ini juga bisa membantu kita untuk mencari bantuan jika memang diri merasa mengalami depresi.

     



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below