Awas Depresi, Ini Tanda-Tandanya


  • Awas Depresi, Ini Tanda-Tandanya
    Depresi bukan hal remeh yang bisa dihiraukan. Kenali segera tanda-tanda depresi berikut karena kesehatan mentalmu lebih penting. (Foto: Dok. Rafael/Pexels)

    Dalam masa sulit sekarang ini, kita perlu memiliki mental yang kuat agar bisa terus melangkah ke depan dan terhindar dari emosi yang tak stabil. Namun, tak semua orang sanggup melewatinya, apalagi dengan tuntutan hidup yang kian terhimpit dengan situasi pandemi, sehingga wajar sekali kalau kamu atau orang terdekatmu mengalami mental breakdown atau depresi.


    Depresi biasanya terjadi karena adanya stres atau kecemasan yang dirasakan seseorang. Tentunya, perlu ada perhatian khusus kalau hal ini terjadi padamu. Mungkin kamu sedang mengalaminya tapi tak sadar karena belum mengenal gejalanya. Yuk, simak tanda-tanda kamu mengalami depresi agar bisa segera ditangani sedini mungkin.




    1. Hidup terasa tidak seimbang

    Saat mental, fisik, dan emosional diri tidak seimbang, kamu akan merasa goyah. Ketidakseimbangan ini mungkin terjadi karena ada masalah dalam kehidupan seperti hubungan asmara, pekerjaan, kesehatan, dan banyak lagi. Kamu seolah tak bisa menentukan mana yang jadi prioritas atau tanggung jawab dan mana yang bukan.


    Hal ini akhirnya membuatmu merasa malas bangkit. Sebenarnya wajar saja jika dirasakan beberapa kali, namun kalau sudah berlangsung terlalu lama, seperti berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan, ini adalah tanda depresi yang cukup serius. Segera cari bantuan orang lain, ya.


    (Baca Juga: 10 Makanan Yang Efektif Untuk Mengatasi Depresi)


    2. Tak ingin merawat diri

    Senang merawat diri menjadi tanda bahwa kamu antusias akan hidup. Namun, saat seseorang mengalami depresi dan harus berjuang secara emosional, ia akan lupa memerhatikan dirinya. Tak sedikit juga yang akhirnya mengubah perilaku sehari-harinya. Sebut saja seperti tidak cukup makan dan minum atau bahkan tidak tidur sama sekali. Hal ini biasanya terjadi secara tiba-tiba. 


    3. Jarang tersenyum

    Wajar saja kalau kamu tidak merasa bahagia setiap saat, namun saat hal-hal kecil pun tak bisa membuatmu tersenyum, kamu patut mempertanyakan diri. Jika kamu merasa depresi, kamu merasa seolah semua hal yang terjadi tak ada artinya lagi. Rasanya, tak ada seorang pun yang bisa membuatmu bahagia. Bahkan, kamu sudah lupa seperti apa rasanya bahagia.


    4. Kesehatan menurun


    (Depresi sebabkan penyakit fisik. Foto: Dok. Andrea/Pexels)


    Stres bukan hanya penyakit pikiran. Stres juga bisa memicu penyakit pada fisikmu. Gangguan tidur dan kehilangan nafsu makan yang jadi tanda depresi tentu akan memberikan dampak buruk bagi tubuhmu. Mudah panik dan mudah merasa cemas juga menjadi tanda depresi. Perhatikan reaksi tubuhmu saat mengalami stres berat. Jika kamu mulai sering sakit tanpa sebab, sudah pasti kamu sedang mengalami depresi.


    (Baca Juga: Yang Bisa Dilakukan Jika Pasangan Mengalami Depresi)


    5. Berpikir untuk mencelakai diri

    Masalah paling serius dari gejala depresi adalah saat kamu berpikir untuk mencelakai diri sendiri. Meski bukan untuk bunuh diri, tapi pikiran untuk mencelakai diri seperti membenturkan kepala ke tembok atau mencubit anggota tubuh, tandanya kamu benar-benar memerlukan bantuan profesional. Sadari bahwa kamu sedang berada dalam tahap depresi sehingga kamu bisa segera ditolong.


    Jika tanda-tanda depresi ini sudah terasa dalam dirimu, segera cari bantuan dari profesional. Ingat, ini bukan masalah dirimu sendiri. Stres dan depresi bukanlah hal remeh. Cari orang terdekat dan bicarakan semua masalah yang mengganggu pikiran dan hatimu karena kesehatan mentalmu adalah yang terpenting.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below