10 Makanan Yang Efektif Untuk Mengatasi Depresi


  • 10 Makanan Yang Efektif Untuk Mengatasi Depresi
    Penuhi asupan gizi dengan makanan berikut agar depresi dapat teratasi. (Foto: Dok. Wendy/Pexels)


    Banyak yang tidak menyadari bahwa depresi erat kaitannya dengan kesehatan di dalam tubuh. Sehingga selain mengikuti konseling, pola hidup sehat bisa jadi salah satu cara yang kerap dilakukan untuk meminimalisir gejalanya timbul dan menyerang tubuh. 

    Dengan memperkaya asupan gizi melalui kandungan vitamin seperti buah, sayur dan kacang-kacangan bisa meningkatkan fungsi otak dan bekerja menstabilkan suasana hati yang kerap kali berubah karena depresi. Bahkan beberapa penelitian pun telah menyarankan untuk mengonsumsinya untuk mencegah perubahan mood menjadi tidak bahagia. Lalu apa saja makanan yang bisa mengatasi depresi?



    (Baca Juga: Mengenal 8 Tanda dan Gejala Depresi)


    1. Sayuran Hijau



    (Sayuran hijau. Foto: Dok.Icon0/Pexels)


    Sayuran hijau memiliki segudang manfaat salah satunya untuk melawan kecemasan dan juga depresi. Melansir laman Medical News Today, aneka sayuran hijau seperti bayam, swiss chard, kale dan lainnya mempunyai kandungan antioksidan yang bisa menghilangkan radikal bebas penyebab timbulnya kecemasan dan juga depresi. Sebuah penelitian dari Indian Journal of Psychiatry pada 2012 menyarankan untuk meningkatkan konsumsi sayuran hijau untuk mengatasi depresi.


    2. Kacang Kenari



    (Kacang kenari. Foto: Dok. Immortal shot/Pexels)


    Kandungan asam lemak omega 3 di dalam kacang kenari bisa meminimalisir gejala depresi dengan meningkatkan fungsi otak. Salah satu penelitian yang diterbitkan oleh Integrative Medicine Research pada 2015 membuktikan bahwa kandungan omega 3 bisa mengurangi risiko gangguan mood dan menguatkan sel otak. Selain kacang kenari, makanan lain yang tinggi akan omega 3 adalah ikan salmon dan tuna.

    (Baca Juga: 12 Selebriti yang Beri Perhatian Pada Kesehatan Mental)


    3. Alpukat



    (Alpukat mengandung omega dan oleic acid yang bisa membantu mengatasi depresi. Foto: Dok.mali/Pexels)

    Lemak baik yang berada di dalam buah alpukat tak hanya menyehatkan, tapi juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan mental. Omega 9 dan oleic acid yang dikandungnya berfungsi untuk menjaga homocysteine berlebih yang bisa menghambat penerimaan nutrisi ke otak sekaligus mempengaruhi suasana hati. Manfaat lain dari buah ini adalah jumlah protein yang lebih tinggi dari buah lainnya.


    4. Ragam Buah



    (Ragam buah yang bisa mengatasi depresi. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


    Penelitian dari Indian Psychiatric Society menyarankan untuk mengonsumsi asupan yang tinggi akan antioksidan. Masih melansir laman Medical News Today, antioksidan merupakan suatu zat yang kerap ditemui dalam vitamin A, C dan E dan terdapat di dalam buah-buahan, seperti apel, strawberry, blueberry, dan lainnya. Dengan mengonsumsinya setiap hari, dapat membantu mengurangi stres yang berhubungan juga dengan gejala depresi.


    5. Daging



    (Mengandung mineral, daging baik untuk menjauhkan dari depresi. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)

    Daging sapi dan ayam mengandung mineral yang mampu mengoptimalkan kebutuhan di dalam tubuh dan juga menjauhkan diri dari depresi. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kadar mineral pada seseorang yang mengalami depresi lebih rendah dari orang yang tidak. Oleh karenanya, dengan mengonsumsi sesuai kadarnya bisa menstabilkan dan menjaga tubuh bahkan kesehatan mental.

    (Baca Juga: 9 Tanda Fisik dari Gangguan Kesehatan Mental)


    6. Jamur



    (Jamur kaya akan insulin. Foto: Dok. Irina/Pexels)

    Melansir laman Everyday Health, jamur bisa jadi pilihan makanan untuk mengatasi depresi menyerang. Jamur memiliki kapasitas insulin yang cukup baik dalam menurunkan gula darah yang bisa mengubah mood


    7. Cokelat Hitam 



    (Cokelat hitam bisa membantu perbaikan mood. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


    Perubahan suasana hati yang diakibatkan oleh depresi bisa diminimalisir dengan cokelat hitam yang digemari oleh sebagian orang. Dark chocolate salah satu makanan yang mengandung flavonol dan polifenol yang bisa menurunkan tekanan darah sehingga diri jauh lebih tenang.


    8. Tomat



    (Tomat membantu atasi depresi. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)

    Tomat mengandung banyak asam folat dan alpha lipoic acid, keduanya baik untuk memerangi depresi. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychiatry and Neuroscience, menemukan sekitar sepertiga pasien depresi kekurangan asam folat. Selain itu, kandungan ini pula bisa membantu menstabilkan suasana hati dengan cara menjaga gizi di otak.

    (Baca Juga: Makanan Ini Bisa Bangkitkan Rasa Bahagia)


    9. Kacang-kacangan



    (Kacang-kacangan mengandung vitamin yang bisa menjaga kesehatan mental. Foto: Dok. Mike/Pexels)

    Mengonsumsi kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan jantung. Bahkan, kacang-kacangan seperti kedelai, almond, dan lainnya memiliki vitamin B12 dan B9 yang bisa membantu menstabilkan kadar gula darah dan menghindari perubahan suasana hati.  


    10. Chia Seeds



    (Chia seeds mengatasi depresi. Foto: Dok. Bruno/Pexels)

    Chia seeds dipercaya jadi salah satu asupan yang bisa mengatasi dari depresi. Kandungan omega 3 yang dimilikinya bisa membantu menjaga suasana hati dan meningkatkan fungsi otak serta menjaga selnya dari gejala penyakit lainnya.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below