Macam-Macam Mimpi Dan Artinya Yang Patut Diketahui


  • Macam-Macam Mimpi Dan Artinya Yang Patut Diketahui
    Ketahui macam-macam mimpi dan makna di baliknya (Foto:Dok/Pexels/Andrea)


    Apakah kamu pernah mimpi pasanganmu selingkuh? Atau bahkan mimpi orang yang kamu cintai meninggal dunia? macam-macam mimpi ini ternyata tak hanya sekedar bunga tidur, tapi juga memiliki makna di dalamnya.

    Saat tidur, di bawah kesadaran kita mengalami berbagai kejadian yang tak bisa diduga. Bahkan setelah bangun, diri cenderung bertanya-tanya apa yang telah terjadi, hingga sulit membedakannya dengan kejadian nyata karena terasa sangat real dan tak terlupakan. 



    Berbagai jenis mimpi ini juga memiliki arti di baliknya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut macam-macam mimpi dan artinya yang patut diketahui.


    (Baca Juga: Mimpi Buruk Tentang Pasangan? Ini Pengaruhnya bagi Anda)


    1. Mimpi tentang kematian

    Dr. Meir Kryger seorang spesialis tidur di Yale Medicine menjelaskan bahwa memimpikan kematian kerap dialami oleh sebagian orang. Terutama memimpikan orang yang dekat dengan diri kita secara emosional. 

    Menurut Loewenberg, bermimpi tentang kematian bisa menandakan bahwa akhir dari sesuatu yang ada di dalam kehidupan, tapi bukan berarti akhir dari segalanya.

    "Memimpikan kematianmu sendiri bukanlah firasat melainkan refleksi bagaimana kamu akan menyadari bahwa kehidupan seperti yang kamu tahu sekarang akan segera berakhir," 


    2. Mimpi suasana siang dan malam hari

    Secara ilmiah tidak ada bukti aktual bahwa kegelapan dan cahaya memiliki makna. Namun banyak pemimpi yang mengaitkannya dengan perasaan tertentu. 

    Kata Lauri Quinn Loewenberg, seorang analis mimpi profesional, saat mimpi terjadi dalam keadaan gelap, bisa mewakili ketidakpastian dalam kehidupan nyata. Hal ini bisa bertanda bahwa kamu memerlukan lebih banyak informasi untuk membuat keputusan. Kegelapan juga dikaitkan dengan kesedihan atau kesepian.

    Sementara, mimpi yang terjadi di siang hari, di sisi lain, mungkin tidak berarti apa-apa bagi kebanyakan orang. Tetapi jika kamu biasanya bermimpi dalam suasana gelap dan tiba-tiba mimpi ditetapkan di siang hari, itu bisa menandakan bahwa masalah telah diselesaikan atau kamu telah keluar dari masa kesedihan.


    (Baca Juga: 5 Penyebab Anda Bermimpi Buruk Saat Tidur)


    3. Mimpi jatuh

    Mimpi tentang jatuh dari ketinggian juga jadi salah satu yang umum terjadi. Bahkan mitosnya jika kamu menyentuh tanah dalam mimpi, kamu akan mati dalam kehidupan nyata, itu tidak benar. Jadi apa sebenarnya arti mimpi tentang jatuh?

    Menurut banyak interpretasi mimpi yang populer dan setidaknya satu penelitian, mimpi jatuh bisa jadi tanda bahwa sesuatu dalam hidupmu tidak berjalan dengan baik. Ini mungkin menunjukkan bahwa kamu perlu memikirkan kembali pilihan atau mempertimbangkan arah baru di beberapa area kehidupan.

    "Bermimpi jatuh sangatlah umum. Itu adalah simbol ketakutan dalam kehidupan nyata - mungkin gagal di tempat kerja atau dalam kehidupan cinta," klaim Russell Grant, seorang penulis The Illustrated Dream Dictionary. "Jatuh sering mengungkapkan kebutuhan untuk membiarkan dirimu lebih dan lebih menikmati hidup."


    4. Mimpi tak berbusana di muka umum

    Pernahkah kamu bermimpi tidak mengenakan busana saat di tempat umum, seperti kantor, sekolah dan lainnya? meski tak asing mendengar jenis mimpi yang satu ini, tapi memimpikannya adalah hal yang tak umum terjadi.

    Penny Peirce, penulis Dream Dictionary for Dummies, menyatakan bahwa saat seseorang memimpikan telanjang di publik, hal ini bisa mengindikasikan bahwa si pemimpi takut untuk mengungkapkan ketidaksempuraan dan kekurangan dirinya.


    (Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Kamu Bermimpi Pasangan Selingkuh!)


    5. Mimpi dikejar atau diserang

    Tony Crisp, penulis Dream Dictionary, menjelaskan bahwa dikejar dalam mimpi mungkin mengindikasikan keinginan untuk melarikan diri dari ketakutan atau keinginan si pemimpi.

    Kunci untuk memahami apa arti mimpi seperti itu sebagian tergantung pada identitas si pengejar dalam mimpi. Apa saja?

    Dikejar binatang bisa mengartikan bahwa si pemimpi bersembunyi dari kemarahan, hasrat, dan perasaannya. Sementara, jika pengejar adalah sosok misterius dan tidak dikenal, itu mungkin mewakili pengalaman masa kecil atau trauma masa lalu. 

    Selain itu, apabila dikejar oleh lawan jenis, hal bisa jadi tanda bahwa si pemimpi takut pada cinta atau masih dihantui oleh hubungan masa lalu.


    6. Mimpi kehilangan gigi

    Penny Peirce, penulis Dream Dictionary for Dummies, mengemukakan bahwa bermimpi tentang kehilangan gigi memiliki banyak makna. Salah satunya mungkin ada rasa khawatir tentang daya tarik atau penampilan. Mungkin juga menunjukkan bahwa si pemimpi khawatir tentang kemampuan untuk berkomunikasi atau mau untuk mengatakan sesuatu.

    "Esensi sebenarnya dari gigi adalah kemampuan mereka untuk menggigit, memotong, merobek, dan menggiling," jelasnya. "Jika gigimu rontok, kamu kehilangan kekuatan pribadi dan kemampuanmu untuk bersikap tegas dan melindungi diri."


    (Baca Juga: 5 Cara Mudah Untuk Melupakan Trauma Dari Masa Lalu)


    7. Mimpi mengikuti ujian

    Menurut Craig Hamilton-Parker, penulis The Hidden Meaning of Dreams, mengikuti ujian bisa menandakan bahwa adanya ketakutan yang mendasari kegagalan. Penelitian juga menemukan bahwa mimpi seperti ini adalah hal biasa.

    "Pemeriksaan adalah pengalaman yang menegangkan di mana kamu dibuat untuk menghadapi kekuranganmu," tulisnya. "Mimpi gagal ujian, terlambat ujian, atau tidak siap menunjukkan bahwa kamu merasa tidak siap menghadapi tantangan dalam membangunkan hidup."


    8. Mimpi pasangan selingkuh

    Bermimpi pasangan atau gebetan selingkuh tak hanya buat rasa deg-degan tapi juga masuk kategori buruk. Bahkan setelah bangun, si pemimpi mungkin akan bertanya-tanya, apakah itu benar? apakah itu akan terjadi atau bahkan sedang berlangsung?

    Mengutip laman Verry Well Mind, Trish dan Rob MacGregor, penulis Complete Dream Dictionary: A Bedside Guide to Knowing What Your Dreams Mean, untuk Mengetahui Apa Maksud Mimpi Anda, percaya bahwa mimpi seperti itu tidak bisa menjadi bukti bahwa pasangan si pemimpi telah selingkuh atau bahkan berniat untuk itu.

    Sementara, Eve Adamson dan Gayle Williamson, penulis The Complete Idiot's Guide Dream Dictionary, berpendapat bahwa mimpi tentang perselingkuhan menunjukkan masalah dengan kepercayaan, kesetiaan, dan komunikasi dalam suatu hubungan.

    "Jika kamu atau pasanganmu selingkuh dalam mimpimu, salah satu dari kamu tidak mendapatkan apa yang dibutuhkan dari hubungan itu saat ini," tulis mereka.


    (Baca Juga: Fakta Unik tentang Tidur)


    9. Mimpi bisa terbang

    Salah satu mimpi yang kerap terjadi adalah mimpi memiliki kemampuan untuk terbang. Bahkan mimpi ini jadi salah satu yang menarik bagi si pemimpi.

    Menurut Tony Crisp, penulis Dream Dictionary, mimpi tentang terbang sering mewakili dua sisi yang sangat berbeda. Di satu sisi, mimpi semacam itu bisa mewakili perasaan kebebasan dan kemandirian. Di sisi lain, mereka juga dapat menunjukkan keinginan untuk melarikan diri dari kehidupan nyata.


    10. Mimpi hamil

    Penafsir mimpi sering menyarankan bahwa mimpi tentang kehamilan mewakili segala sesuatu mulai dari kreativitas hingga rasa takut. David C. Lohff, penulis Dream Dictionary, percaya bahwa mimpi kehamilan terkadang bisa mewakili ketakutan seorang wanita menjadi ibu yang tidak baik.

    Penulis Tony Crisp, di sisi lain, menyarankan bahwa mimpi tersebut menunjukkan bahwa pemimpi sedang mengembangkan beberapa area potensial atau memperdalam hubungan. Penerjemah mimpi, Russell Grant, menulis bahwa mimpi-mimpi ini menunjukkan adanya masa sulit yang perlu dihadapi.


    Itulah macam-macam mimpi dan maknanya. Sekali lagi, interpretasi mimpi hampir seluruhnya spekulasi, dan yang penting adalah bagaimana kamu menghubungkan impian dengan kehidupan saat ini.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below