Fakta Unik tentang Tidur



    • Pernah membayangkan tidur sambil melayang? Janjaap Ruijsenaars, arsitek berkebangsaan Belanda, menciptakan tempat tidur melayang yang ia sebut "Falling Up" pada tahun 2006. Caranya tak terlampau sulit: ia menggunakan magnet dengan kutub senama sebagai material dari tempat tidur melayang tersebut dan pada lantai di mana tempat tidur itu diletakkan.
    • Bayi yang baru lahir ternyata bisa "menyedot" waktu tidur orangtuanya hingga berkurang sebanyak 400 - 750 jam per tahun!
    • Mimpi tak hanya terjadi pada fase tidur yang disebut dengan Rapid Eye Movement (REM) sleep, tapi juga pada non REM sleep. Bedanya, pada fase REM sleep, mimpi yang terjadi biasanya lebih aneh. Namun di fase non REM sleep, karakteristik mimpi lebih berulang dan terasa lebih nyata.
    • Ada sebagian orang yang sering mengartikan mimpi, tapi bisa dibilang bahwa mimpi tidak mengarah pada sesuatu hal. Pasalnya, mimpi merupakan hasil dari adaptasi antara kesadaran dan tidur.
    • Sejumlah penelitian menyebutkan adanya keterkaitan antara menurunnya libido dengan kurangnya waktu tidur seseorang.
    • Perempuan yang kurang tidur akan lebih rentan untuk mengalami depresi dibandingkan laki-laki.
    • 10% dari orang-orang yang memiliki kebiasaan mendengkur mengalami kelainan yang disebut sleep apnoea  atau kelainan yang menyebabkan pernapasan para penderitanya bisa terhenti sebanyak 300 kali dalam semalam.

     

    (TEKS: THERESIA JUNITA CHRISTY / FOTO: BERBAGAI SUMBER)





 

Related Articles

Fakta Unik tentang Cinta

Fakta Unik tentang Cinta

oleh Kiki Riama Priskila

Fakta Unik tentang Chemistry

Fakta Unik tentang Chemistry

oleh Anggita Dwinda

Fakta Unik Tentang Kuku

Fakta Unik Tentang Kuku

oleh Kiki Riama Priskila

Advertisement - Continue Reading Below