5 Cara Mudah Untuk Melupakan Trauma Dari Masa Lalu


  • 5 Cara Mudah Untuk Melupakan Trauma Dari Masa Lalu
    Melupakan masa lalu bisa dilakukan dengan berbagai cara(Foto:Dok.Pixabay/Pexels)


    Trauma di masa lalu kerap menghantui dan bisa muncul terus menerus. Perasaan was-was pun kian muncul karena takut masa kelam itu muncul kembali. Hal ini tentu saja bisa mengganggu pikiran serta aktivitas yang sedang kamu jalani. Lalu bagamana cara menyiasatinya?

    Selain belajar menerima, banyak cara yang bisa dilakukan agar diri mudah untuk melupakan segala trauma di masa lalu, seperti menyibukkan diri dengan ragam aktivitas, dan berpikir positif. 

    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tujuh cara mudah untuk melupakan masa lalu yang kelam:

    (Baca Juga: Trauma Masa Lalu Jadi Pemicu Dan Tanda Gangguan Mental)


    1. Penuhi Dengan Aktivitas Positif


    (Berkumpul bersama teman dan mengikuti acara yang positif.Foto:Dok.Helena Lopez/Pexels)

    Melansir laman Physchology Today menyibukkan diri dengan mengikuti ragam kegiatan yang positif bisa jadi salah satu cara untuk melupakan masa lalu. Bertemu dengan orang baru dan kesibukan itu pula bisa membuatmu lebih bahagia dan tak memikirkan hal yang tak harus dipikirkan kembali.


    2. Buatlah Target Kehidupan


    (Membuat target kehidupan untuk mengejar mimpi.Foto:Dok.Breakingpic/Pexels)

    Melansir laman Lifehack, kamu bisa membangun mimpi-mimpi besarmu yang bisa jadi target pencapaian di masa depan. Dengan begitu dirimu akan mudah untuk menerima masa lalumu yang sudah terlewatkan.


    3. Ganti Cara Berpikirmu!


    (Ubah cara berpikirmu.Pixabay/Pexels)

    Jika kamu selalu berpikir negatif pada suatu yang sudah terjadi, hal itu tentu bisa mempengaruhi pikiranmu dalam memandang arti masa lalu. Fokuskan pikiranmu kepada masa-masa indah dan positif, cara ini bisa membuatmu lebih optimis untuk menjalani masa depan.

    (Baca Juga: Trauma Yang Bisa Mempengaruhi Hubungan Anda Sekarang)


    4. Belajar untuk Memaafkan


    (Memaafkan siapapun yang ada di masa lalumu.Foto:Dok.Luis Quintero/Pexels)

    Memafkaan masa lalu baik diri sendiri maupun orang lain bisa jadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk melupakan masa lalu. Jika kamu berhasil melakukannya, kamu tak lagi sulit untuk menjalani hidupmu di masa depan.


    5. Kurangi Penyalahan Diri


    (Menerima Keadaan diri sendiri.Foto:Dok.Renato Abati/Pexels)

    Menyalahkan diri sendiri hanya membuat perasaanmu bertambah sedih, marah dan emosi yang berlebihan. Kurangilah penyalahan diri secara terus menerus. Hal ini bisa membuatmu jauh lebih bahagia dan memiliki self acceptance yang lebih kuat.