12 Tips Aman Traveling Saat Pandemi


  • 12 Tips Aman Traveling Saat Pandemi
    Saat kamu diwajibkan untuk traveling di tengah pandemi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tetap aman. (Foto: Dok. Dubai/Pexels)

    Meski saat ini berada di rumah adalah hal yang terbaik, terkadang kita tak bisa menutup rapat kemungkinan untuk bepergian atau traveling kala pandemi. Bisa jadi ada urusan kantor atau justru keluarga yang mewajibkan kamu untuk traveling panjang di tengah pandemi. Saat kamu tak bisa menolak dan terpaksa melakukannya, simak 12 tips aman berikut agar kamu lebih tenang sepanjang perjalanan.


    1. Tidur

    Hal terpenting yang harus dilakukan saat bepergian adalah tidur yang cukup. Tubuh perlu istirahat setelah aktivitas panjang seperti bawa koper, menyeberangi zona waktu, mengunjungi banyak destinasi wisata. Seberapa banyak yang diperlukan untuk tidur? Dengarkan sinyal tubuh kamu.





    2. Sediakan waktu kosong

    Hindari berkunjung ke beberapa destinasi dalam satu hari. Jika kamu ingin melakukan banyak hal, persiapkan waktu yang lebih panjang untuk membagi itinerary. Dengan begitu, kamu juga akan lebih mengenal daerah tersebut. Saat kamu hendak mengeksplor tempat ramai, selipkan waktu istirahat.



    (Baca Juga: Pilihan Masker Kecantikan Untuk Menemani Traveling)



    3. Stretch out


    (Tips aman traveling saat pandemi. Foto: Dok. Jonathan/Pexels)


    Jadwal perjalanan akan padat? Dedikasikan setidaknya 5-10 menit setiap pagi untuk stretching sebelum memulai hari. Stretch area lengan, kaki, leher, bahu, dan punggung untuk menyegarkan tubuh. Kamu juga bisa tetap melakukan ini sesekali saat menunggu pesanan makanan datang atau di toilet.



    4. Bernapas

    Kamu bisa melakukan olahraga napas kapan dan di mana saja. Ambil napas dalam-dalam, tahan beberapa detik, lalu embuskan perlahan. Ulangi sekali lagi. Ini bisa membantumu lebih relaks dan menghindari stres akibat traveling.



    5. Utamakan jalan kaki

    Ini bisa jadi alternatif untuk olahraga harian sekaligus membantu kamu benar-benar mengenali daerah wisata. Usahakan untuk berjalan kaki ke stasiun dan gunakan tangga dibanding eskalator.



    (Baca Juga: Cemilan Sehat Saat Traveling)



    6. Olahraga sebagai rutinitas

    Pilih penginapan yang memiliki fasilitas gym atau kartu masuk sementara ke gym terdekat. Jika dua hal ini tidak tersedia, kamu tetap bisa berolahraga di kamar hotel (push up, sit up, yoga pose, atau jumping jacks). Yang penting, buat jadwal dan patuhi. Tak perlu setiap hari, bisa juga dua hari sekali asal konsisten.



    7. Sarapan


    (Tips aman traveling saat pandemi. Foto: Dok. Flo/Pexels)


    Jangan sampai kamu melupakan sarapan dan langsung makan siang. Jika penginapan tidak menyediakan menu sarapan, kamu bisa membuatnya sendiri dengan oatmeal instan dan air panas atau cereal dan susu. Mudah, bukan? Sempatkan untuk menyantap sarapan, it’s the most important meal of the day.



    8. Hidrasi

    Bawa botol minum setiap saat. Minum air yang cukup, jangan mengkhawatirkan sulitnya mencari toilet umum. Tubuhmu akan berterima kasih. Hindari terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan minuman manis. Ini hanya akan mengganggu kualitas tidur padahal seperti disebut di atas, tidur sangat dibutuhkan saat bepergian.



    9. Konsumsi lebih banyak sayur

    Oke, ini mungkin jadi dilema berat, khususnya bagi kamu yang khusus memburu makanan kala traveling. Tak perlu memaksakan diri, namun sebisa mungkin pilih opsi makanan yang “lebih” sehat. Jika menu makan siang didominasi daging dan minyak, cari menu sayur atau salad untuk makan malam. Balance it out!



    (Baca Juga: 8 Barang Yang Harus Dibawa Saat Solo Traveling)



    10. Gunakan hand sanitizer


    (Tips aman traveling saat pandemi. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)


    Ini akan memudahkan (dan tetap menjaga) kamu saat air dan sabun tidak tersedia. Kamu mungkin sudah jalan seharian dan berinteraksi dengan banyak orang serta memegang benda-benda asing. Hal terakhir yang diinginkan adalah makan atau memegang wajah dengan tangan kotor. Hindari penyebaran bakteri dan kuman dengan membersihkan tangan.



    11. Konsumsi vitamin

    Jika kamu merasa kesulitan untuk mengonsumsi makanan bergizi saat bepergian, kamu bisa mengonsumsi vitamin untuk melengkapi kebutuhan harian. Pastikan untuk rajin mengonsumsinya setiap hari.



    (Baca Juga: Tips Tetap Aman Olahraga Dan Rekreasi Outdoor Saat Pandemi)



    12. Lindungi kulit


    (Tips aman traveling saat pandemi. Foto: Dok. Shiny Diamonds/Pexels)


    Pantai tentunya jadi salah satu tujuan wisata utama bagi kebanyakan orang. Nah, pastikan kamu melindungi area kulit dengan mengoleskan setidaknya SPF 15. Aplikasi ulang setiap dua jam jika memungkinkan. Jika kamu hendak berkunjung ke area dengan populasi nyamuk atau serangga yang cukup tinggi, pastikan juga untuk menggunakan insect repellent demi menghindari gigitan.



    Itulah 12 tips aman traveling saat pandemi yang bisa kamu coba. Pastikan juga kamu tetap tidak lupa membawa disinfectant spray, face shield, dan masker kain selama bepergian.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below